Sukses

6 Fakta Menarik Zimbabwe, Punya Salah Satu Air Terjun Terbesar di Dunia

Zimbabwe adalah rumah bagi salah satu air terjun terbesar di dunia yang diakui Situs Warisan Dunia UNESCO yaitu Air Terjun Mosi-oa-Tunya atau disebut Victoria.

Liputan6.com, Jakarta - Zimbabwe, sebelumnya dikenal sebagai Rhodesia Selatan pada 1911--1964 dan sempat menjadi Zimbabwe Rhodesia. Negara ini terkurung daratan di Afrika selatan, berbagi perbatasan sepanjang 125 mil (200 kilometer) di selatan dengan Republik Afrika Selatan dan di barat daya dan barat dibatasi oleh Botswana. Di sebelah utara Zimbabwe berbatasan dengan Zambia dan di timur laut dan timur dengan Mozambik.

Mengutip dari Britannica, Rabu (7/12/2022), ibu kota Zimbabwe adalah Harare yang sebelumnya bernama Salisbury. Zimbabwe mencapai kekuasaan mayoritas dan kemerdekaan yang diakui secara internasional pada April 1980.

Zimbabwe adalah rumah bagi beberapa keajaiban alam dan satwa liar paling menakjubkan di dunia. Terletak di Afrika bagian selatan, negara ini terkenal dengan bentang alamnya yang beragam dan menjadi tujuan safari yang epik.

Dengan sejarah yang panjang dan kaya dan pemukiman manusia di Zimbabwe saat ini bertanggal setidaknya 100.000 tahun yang lalu, negara ini juga memiliki beberapa situs arkeologi luar biasa yang melestarikan budaya dan warisan lokal.

Masih banyak hal tentang Zimbabwe. Berikut enam fakta menarik Zimbabwe yang dirangkum Liputan6.com pada Rabu (7/12/2022).

1. Sistem Pemerintahan

Republik Zimbabwe di Afrika Selatan ini adalah negara yang terkurung daratan. Zimbabwe kini merupakan negara republik dengan sistem pemerintahan presidensial. Sistem semi-presidensial kemudian dihapuskan dengan adopsi konstitusi baru setelah referendum pada 2013.

Di bawah perubahan konstitusi pada 2005, majelis tinggi, Senat, dipulihkan, sebelumnya Zimbabwe melalui berbagai periode panjang. Salah satunya pemerintahan kolonial dan periode 15 tahun pemerintahan minoritas yang didominasi kulit putih, saat itu deklarasi Kemerdekaan Unilateral (UDI) terjadi pada 1965. Kemudian Zimbabwe mencapai kekuasaan mayoritas dan kemerdekaan yang diakui secara internasional pada April 1980. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bahasa Resmi dan Mata Uang

Zimbabwe memiliki bahasa resmi terbanyak di dunia Zimbabwe yakni mencapai 16 bahasa resmi. Faktanya, negara ini memegang Rekor Dunia Guinness untuk negara dengan bahasa paling resmi.

Bahasa resmi Zimbabwe adalah Chewa, Chibarwe, Inggris, Kalanga, Khoisan, Nambya, Ndau, Ndebele, Shangani, Shona, bahasa isyarat, Sotho, Tonga, Tswana, Venda dan Xhosa. Zimbabwe juga merupakan negara dengan banyak mata uang. Sejak 2008, ketika inflasi besar-besaran melanda negara itu, Zimbabwe telah menjadi negara dengan banyak mata uang.

Untuk memerangi inflasi, Zimbabwe meninggalkan mata uangnya sendiri, dolar Zimbabwe, dan mulai menggunakan mata uang lain seperti Dolar AS, Rand Afrika Selatan, Euro, dan Botswana. Secara teoritis, Anda dapat membeli barang dengan harga dolar AS, bayar dalam rand Afrika Selatan, dan mendapatkan kembalian dalam euro.

Kemudian, pada tahun 2015, Yen Jepang, Dolar Australia, Rupee India, dan Renminbi Tiongkok juga menjadi alat pembayaran yang sah. Namun, pada tahun 2018, pemerintah Zimbabwe mengembalikan dolar Zimbabwe sebagai mata uang lokal.

3. Sejarah dan Etnis

Dimulai pada abad ke-9, selama akhir Zaman Besi, orang Bantu yang kemudian akan menjadi etnis Shona membangun negara-kota Zimbabwe Raya. Negara-kota ini menjadi salah satu pusat perdagangan utama Afrika pada abad ke-11, mengendalikan emas, gading, dan perdagangan tembaga dengan pantai Swahili, yang terhubung dengan negara-negara Arab dan India.

Di pertengahan abad ke-15, negara-kota telah ditinggalkan. Dari sana, Kerajaan Zimbabwe didirikan, diikuti oleh kerajaan Rozvi dan Mutapa. Persekutuan Afrika Selatan Inggris, Cecil Rhodes, mendemarkasi wilayah Rhodesia pada 1890 saat mereka menaklukkan Mashonaland dan kemudian pada 1893 Matabeleland setelah perlawanan sengit oleh orang Matabele yang dikenal sebagai Perang Matabele Pertama. Aturan persekutuan berakhir pada 1923 dengan pembentukan Rhodesia Selatan sebagai koloni Inggris yang berpemerintahan sendiri.

 

3 dari 4 halaman

4. Situs Warisan Dunia UNECO

Zimbabwe memiliki lima situs warisan dunia UNESCO Zimbabwe memiliki lima situs warisan Dunia UNESCO. Ada tiga situs budaya, antara lain Reruntuhan Khami, Monumen Nasional Zimbabwe Besar, dan Perbukitan Matobo dan dua situs alam: Air Terjun Victoria dan Kolam Mana.

Reruntuhan Khami adalah kompleks situs berdinding batu yang luas dan pernah menjadi ibu kota Negara Bagian Butua. Khami dikembangkan antara tahun 1450 dan 1650. Menurut legenda, Monumen Nasional Zimbabwe Agung adalah ibu kota Ratu Sheba.

Orang Shona leluhur membangun situs ini antara tahun 1100 dan 1450 Masehi. Mereka adalah reruntuhan terbesar di sub-Sahara Afrika. Perbukitan Matobo memiliki salah satu konsentrasi seni cadas tertinggi di Afrika Selatan. Tanggal ini kembali setidaknya 13.000 tahun. Sementara itu Kolam Mana adalah rumah bagi berbagai macam hewan liar, misalnya gajah, kerbau, macan tutul, cheetah, dan buaya Nil.

5. Pariwisata

Zimbabwe adalah rumah bagi salah satu air terjun terbesar di dunia dan diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO kelima adalah Air Terjun Mosi-oa-Tunya atau Victoria. Air terjun ini dinamai Ratu Victoria oleh penjelajah Skotlandia David Livingstone. Mosi-oa-tunya berarti “asap yang bergemuruh” dalam bahasa Kololo dan Lozi.

Air Terjun Victoria juga merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam Dunia. Terletak di Zimbabwe dan Zambia, air terjun ini disebut-sebut sebagai tirai air terjun terbesar di dunia. Air terjun ini berdiri di ketinggian sekitar 915 meter di atas permukaan laut rata-rata (a.m.s.l.) dan memiliki lebar 1.708 meter.

UNESCO memasukkan Air Terjun Victoria ke dalam daftar Warisan Dunia karena kepentingan geologis dan ekologisnya. Seiring waktu, air Sungai Zambezi telah mengikis batuan basal untuk menciptakan rangkaian delapan ngarai. Ngarai ini berfungsi sebagai tempat berkembang biak bagi empat spesies burung yang terancam punah dan juga spesies burung yang bermigrasi, seperti Taita Falcon dan Black Eagle.

Zimbabwe juga memiliki danau buatan terbesar di dunia Danau Kariba adalah danau dan reservoir buatan manusia terbesar di dunia berdasarkan volume. Pelancong akan menemukannya sekitar 1.300 km di hulu dari Samudra Hindia, di sepanjang perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe.

Panjangnya meliputi 226 km dan lebarnya mencapai 40 km di beberapa tempat. Danau ini menyediakan listrik ke Zambia dan Zimbabwe. Ada juga industri perikanan komersial yang berkembang pesat di Danau Kariba. Selain ikan, ada buaya Nil dan kuda nil juga hidup di danau.

4 dari 4 halaman

6. Kuliner Unik

Dikutip dari Taste Atlas, Rabu (7/12/2022), Mupunga unedovi adalah hidangan tradisional Afrika yang berasal dari Zimbabwe. Hidangan sederhana ini dibuat hanya dengan kombinasi tiga bahan yaitu beras panjang, selai kacang, dan garam. Nasi dimasak dalam air sampai menyerap cairan, dan selai kacang kemudian ditambahkan ke dalam panci bersama air.

Kombinasi tersebut dimasak beberapa menit lagi hingga nasi dan selai kacang tercampur menjadi satu dan nasi agak matang. Mupunga unedovi biasanya disajikan dengan semur daging dan saus yang berbeda. Dianjurkan juga untuk memakan sisa makanan pada hari berikutnya dengan secangkir teh di sampingnya.

Chikenduza adalah makanan penutup tradisional Afrika yang berasal dari Zimbabwe. Kue permen ini dibuat dengan campuran tepung, mentega, vanila, susu, gula, ragi, telur, garam, gula bubuk, dan pewarna makanan merah. Adonan digulung menjadi bola-bola dan dipanggang dalam loyang muffin atau loyang serupa sampai mengembang.

Setelah selesai, kue permen ini harus berukuran dua kali lipat dari muffin. Kue yang didinginkan diberi lapisan gula merah muda kental yang terbuat dari gula halus, air, dan pewarna makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.