Sukses

Jawaban Kahiyang Ayu Usai Ditodong Beri Kado Mesin Cuci dan Kulkas untuk Pernikahan Kaesang Pangarep

Liputan6.com, Jakarta - Rencana pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono terus menuai perhatian publik. Serba-serbi pernikahan, mulai dari lokasi, ijab Kabul, maskawin alias mahar bahkan hingga kado terus dibicarakan dan bikin heboh warganet.

Pernikahan keduanya memang sudah dinantikan publik, apalagi Kaesang Pangarep merupakan putra bungsu dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Dua anak Jokowi lainnya, Gibran Rakabuming Raka dan Erina Gudono sudah menikah dan mempunyai anak.

Di balik persiapan nikahnya, Kaesang dan Erina Gudono justru belum mempersiapkan berbagai perabotan rumah tangga dan malah meminta kepada putri kedua Jokowi, Kahiyang Ayu. Hal ini diungkapkan langsung oleh Erina melalui kepsyen foto prewedding dengan tema adat Gorontalo baru-baru ini.

Dalam unggahannya, Erina bahkan menyebutkan kalau calon kakak iparnya, Kahiyang Ayu akan memberikan kulkas dan mesin cuci sebagai hadiah dan mesin cuci kalau brand miliknya nambah pengikut. "Alhamdulillah dapet kulkas dari Mba @ayanggkahiyang, katanya kalo @nosuku.id dapet 20 k follower mau dibeliin mesin cuci," tulis Erina dalam keterangan unggahannya pada Minggu, 27 November 2022.

Melihat keterangan yang dibuat Erina Gudono, Kaesang langsung berkomentar jika keduanya jadi terlihat tidak punya perabotan. Erina kemudian membalas, kalau itu memang kenyataan. "Ini kok keliatan kita gak punya perabotan gini sih @erinagudono," tulis Kaesang di kolom komentar.

"@kaesangpangarep yaa emang begitu kenyataannya," balas Erina.  Bukan itu saja, putra bungsu Jokowi ini bahkan sampai membuat tagar di kolom komentar bertuliskan #MesinCuciForKaesangErina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tak Ada dalam Perjanjian

Melihat komentar tersebut, Erina menambahkan agar warganet bersimpati karena keduanya belum punya perabotan.  Sementara itu, Kahiyang Ayu justru protes kalau dirinya disebut akan membelikan kado mesin cuci untuk Kaesang dan Erina.

Ia menuliskan kalau mesin cuci tersebut tidak masuk ke dalam perjanjian yang diberikannya. "Mesin cuci ngga masuk di perjanjian kemaren," tulis Kahiyang Ayu.

Obrolan di antara Kaesang Pangarep, Erina Gudono, dan Kahiyang Ayu itu justru menarik perhatian warganet. Beberapa merasa lucu dengan tingkah dari keluarga Jokowi ini. Sementara sejumlah warganet justru salah fokus (salfok) mengomentari foto Kaesang yang mirip salah satu tokoh di kaleng produk biskuit.

"Kenapa setiap fotonya kak Kesang captionnya aneh-aneh banget, seru banget pasangan ini," komentar seorang warganet.

"20k dapet mesin cuci, 30k dapet TV LED," komentar warganet lainnya. "Mas Kaesang mirip banget fotonya kayak yang di kaleng Monde tapi ini lebih ganteng," timpal warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Dipaksa Endorse

Sebelumnya,Kaesang mempromosikan produk kecantikan dari jenama lokal milik kakaknya, Kahiyang Ayu, Nosuku. "Aku dipaksa endorse sama mba Ayang (sapaan Kahiyang)," kata putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut di Instagram Story-nya, Sabtu, 26 November 2022.

Produk pertama yang dipromosikannya adalah sabun mandi. Tapi, bukan Kaesang namanya jika tidak nyeleneh ketika mengiklankan produk yang dimaksud. "Harus semangat buat mba Ayang. Mba Ayang jualan sabun sekarang, jadi tolong dibeli. Kalau enggak mau, ya sudah lah," ujarnya.

Selanjutnya, Kaesang memperlihatkan produk lain dari merek tersebut, yakni deodoran. "Buat ketek kalian yang bau, tolong dipakai deodorannya. Kalau enggak mau pakai deodoran ini, yang penting pakai deodoran saja," kelakarnya.

Tidak ketinggalan, Kaesang juga meminta warganet mengikuti akun Instagram Nosuku. "Karena kalau (pengikutnya) bisa tembus 10 ribu, aku dapat kulkas. Katanya aku mau dibelikan kulkas sama mba Ayang. Ayo dukung #KulkasforKaesang," lanjutnya.

Beberapa waktu kemudian, Kaesang kembali memperbarui informasi tentang pengikut Instagram Nosuku, yang mana benar bisa temus 10 ribu. Akhirnya, ia menulis di Instagram Story, "Tolong kulkas 12 pintunya jangan lupa," seraya menandai akun Instagram Kahiyang Ayu.

4 dari 4 halaman

Undangan Pernikahan

Selain itu, sempat beredar kabar di kalangan jurnalis bahwa Kaesang Pangarep menyebar 3.000 undangan syukuran pernikahan yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo, Desember 2022. "Ya (jumlah undangan) secukupnya, kan. Nanti dibagi misalnya begini, kalau ada tamu negara atau perwakilan duta besar, itu kan ada protokol. Ingat kemarin di G20, lebih ribet di protokol dibandingkan acaranya," Menteri BUMN RI, Erick Thohir menjawab kabar tersebut, melansir kanal Showbiz Liputan6.com, Senin (28/11/2022).

Tanpa menjawab detail terkait jumlah undangan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Erick memastikan syukuran di Pura Mangkunegaran Solo akan dibagi dua sesi dengan sebuah tujuan. "Jadi ini yang kita jaga, bagaimana perputaran tamu supaya jangan terlalu padat. Karena kita ada undangan dari tamu negara kayak Pak Presiden enggak mungkin enggak mengundang duta besar," kata Erick Thohir.

Melansir dari video klarifikasi di kanal YouTube Berita Surakarta, Minggu (27/11/2022), Erick menyebut Kaesang punya banyak mitra dengan latar belakang beragam. “Waktu-waktunya juga kita agendakan apalagi Mas Kaesang temannya banyak. Ada dunia sepak bola, dunia usaha, belum teman-teman YouTuber banyak juga. Ini mesti diatur,” jelas Erick Thohir.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS