Sukses

Kisah VONA: Sebuah Inspirasi untuk Seller yang Ingin Sukses Berjualan di Lazada

Di tengah kondisi ekonomi yang semakin bergerak ke arah digitalisasi, Lazada terus memberikan peluang kepada penjual agar terus berkembang melalui program “Naik KeLaz 2.0”.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah kondisi ekonomi yang semakin bergerak ke arah digitalisasi, Lazada terus memberikan peluang kepada penjual agar terus berkembang melalui program “Naik KeLaz 2.0”. Program tersebut merupakan sebuah pelatihan dan edukasi mengenai tren pasar dan fitur e-commerce terkini yang inklusif bagi seluruh ekosistem di Lazada. 

Salah satu penjual yang yang berhasil “Naik KeLaz” dan membangun bisnisnya adalah VONA, sebuah usaha produk kulit yang telah merintis usahanya dari tahun 2013 di Lazada. Violetta sang pemilik VONA menceritakan betapa sulitnya mengenalkan brand VONA saat pertama kali merintis. Dan Lazada pun hadir serta membantu meningkatkan ambisi bisnis VONA secara online.

"Sebagai pendatang baru, target pelanggan kami tentunya masih asing dengan brand VONA ini, sehingga kami harus memperkenalkan brand kami dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Melalui bimbingan dan ajakan untuk bergabung dengan LazMall, terbuka jaringan penjual yang baru bagi kami, memperluas strategi kami, dan meningkatkan eksposur kami,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asal Usul VONA

VONA berawal mula dari ide pasangan suami istri Violetta dan Fejri yang sudah lama ingin mendalami dunia bisnis. Mengambil makna dari kata ‘von’ atau ‘harapan’ yang berasal dari Bahasa Islandia, VONA melambangkan keinginan sukses di masa depan.

Langkah awal VONA untuk meraih kesuksesan tersebut dimulai dengan perjalanan Violetta dan Fejri yang memberanikan diri keluar dari pekerjaan kantor dan fokus menjalin kerja sama dengan pengrajin kulit di Bali untuk memproduksi tas, sepatu, dan dompet yang di jual di toko VONA.

Ketekunan Violetta dan Fejri untuk berhasil mengembangkan bisnis VONA membuahkan hasil. Kini, penjualan VONA bisa mencapai ribuan paket setiap harinya, bahkan berkali lipat pada saat festval belanja di Lazada.

VONA kini menjadi salah satu brand lokal yang berhasil masuk LazMall, bersaing dengan lebih dari 18.000 brand nasional maupun internasional yang ada di LazMall. Prestasi dan kemajuan VONA di Lazada bahkan mendapatkan apresiasi sebagai Legend Seller di Lazada Annual Seller Awards 2022.

"Kami percaya bahwa semua penjual memiliki potensi besar untuk berkembang dan belajar di ranah digital, khususnya di e-commerce seperti Lazada. Lazada mengerti tentang kesulitan kami dalam mempertahankan komunitas kami dan melanjutkan komitmen mendukung kesuksesan kami dengan mengundang ke berbagai forum dan acara," ungkapnya.

"Lazada juga mengingatkan bahwa membangun kehadiran online akan lebih sukses dengan visi kolaboratif dan Lazada akan selalu menjadi mitra dalam meningkatkan kesuksesan kami,” jelas Violetta.

Melihat kesuksesan VONA, Lazada terus mendorong semangat penjual baru untuk Naik KeLaz dengan memanfaatkan layanan fitur dan pelatihan di Lazada. SVP Seller Operations & Tech and Product Management Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro menegaskan komitmen Lazada untuk terus memberikan edukasi dan menyediakan sumber daya bagi penjual yang ingin meningkatkan bisnis mereka.

“Sebagai salah satu platform e-commerce, Lazada mendukung semua penjual di ekosistem kami untuk #NaikKeLaz, karena kami percaya bahwa memulai berbisnis itu mudah di platform kami. Dengan kehadiran program Naik KeLaz 2.0, Lazada menghadirkan solusi taktis melalui program bagi penjual baru yang terstruktur serta ekosistem dan komunitas yang saling mendukung,” jelasnya.

3 dari 3 halaman

Lazada Bantu Penjual #TambahYakin

Lazada menyediakan ekosistem yang menyeluruh dan mudah digunakan bagi penjual. Trainer bersertifikasi, dasbor dan fitur khusus penjual, hingga komunitas penjual yang tersebar di 34 kota di Indonesia, Lazada Club, menjadi solusi yang dihadirkan untuk mendorong penjual #TambahYakin untuk bergabung dan bertumbuh bersama Lazada. 

“Kami terus menjadi jembatan bagi penjual baru dengan penjual yang sudah sukses menjalani bisnis, seperti VONA, melalui Lazada Club sehingga penjual di ekosistem kami dapat terus belajar dan membantu satu sama lain untuk berkembang. Lazada juga terus menawarkan berbagai promosi dan layanan bantuan bagi penjual baru yang ingin bergabung bersama Lazada,” jelas Haikal.

Beberapa keuntungan yang ditawarkan bagi penjual baru yang bergabung di Lazada, di antaranya;

  1. Kemudahan proses registrasi. Karena Lazada memberikan akses yang mudah untuk registrasi menjadi penjual di platform Lazada.
  2. Komunitas penjual & pendampingan penjual baru. Di Lazada terdapat komunitas penjual terbesar di Indonesia Lazada Club yang tersebar di 34 kota di Indonesia. Lazada juga menawarkan bimbingan yang dapat mendukung penjual baru untuk siap berjualan.
  3. Gratis ikut Campaign & Promo untuk penjual baru, termasuk subsidi gratis ongkir. Campaign dan promo bisa diikuti oleh penjual baru untuk meningkatkan traffic hingga 7x lebih tinggi dari hari biasa. Lazada juga menyubsidi gratis ongkir untuk pembeli dari toko penjual baru di Lazada dengan biaya ongkos kirim yang paling murah.
  4. Aplikasi yang lengkap untuk operasional penjual. Dasbor Seller Center mendukung operasional penjual untuk siap berjualan dan mendapatkan pesanan pertama mereka. Fitur Bisnis Analis juga menawarkan data dan insights yang dapat memberi informasi bagi penjual untuk menentukan strategi penjualan untuk produk mereka.

“Lazada terus berkomitmen untuk mendukung penjual dalam transformasi digital dan meraih keuntungan di e-commerce. Oleh karena itu, kami percaya bahwa semua penjual bisa Naik KeLaz dengan ilmu pengetahuan dan kemampuan teknologi yang ditawarkan di platform Lazada," tutur Haikal.

"Kami berharap, penjual dapat terus mengembangkan diri dan saling mendukung agar dapat berkembang bersama, mulai di Lazada,” harapnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini