Sukses

Kemenparekraf Dukung IdeaFest 2022, Hadirkan Seniman Jepang yang Pernah Digandeng Louis Vuitton

Liputan6.com, Jakarta - Festival kreatif IdeaFest 2022 akan digelar pada 24--27 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Ada berbagai acara menarik, seniman, komunitas kreatif, dan program yang bisa ditemukan di IdeaFest 2022.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung pelaksanaan IdeaFest 2022, festival akbar tahunan, yang bertujuan menghubungkan dan mempertemukan komunitas kreatif dengan para tokoh kreatif inspiratif dan berpengaruh. Festival ini diharapkan bisa semakin memacu semangat pertumbuhan industri kreatif Indonesia melalui partisipasi dan kolaborasi para pelaku industri kreatif Tanah Air.

Menurut Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam, dalam IdeaFest 2022 akan ada sejumlah topik yang dibahas. Salah satunya adalah PP Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif terkait dengan pembiayaan berbasis hak kekayaan intelektual (HKI) atau IP Base Financing.

"Ada beberapa pembicara terkait dengan hal tersebut. Yang lain juga ada sejumlah event base program yang akan dilakukan oleh teman-teman dari IdeaFest," ucap Neil dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" yang berlangsung secara hybrid di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin, 21 November 2022.

Chief Marketing Officer Samara Group, Desy Bachir, menjelaskan, IdeaFest 2022 hadir kembali secara luring setelah sebelumnya terdampak akibat pandemi Covid-19. Tahun ini, mereka akan menyuguhkan berbagai hal yang berbeda, IdeaFest bekerja sama dengan banyak program partner.

"Biasanya kalau IdeaFest itu kami ada pilar-pilar yang kami laksanakan sendiri, tapi kali ini kami banyak yang langsung menyerahkan ke community partner. Contohnya, komedi festival (bekerja sama) dengan Majelis Lucu Indonesia," jelas Desy Bachir.

Setiap tahunnya IdeaFest juga selalu menghadirkan pembicara-pembicara global. Di tahun ini IdeaFest secara khusus akan menghadirkan Takashi Murakami, seniman kontemporer asal Jepang yang telah berkolaborasi dengan brand fashion high-end, seperti Marc Jacobs dan Louis Vuitton

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Ratusan Sesi Talks and Conference

Murakami juga telah memiliki berbagai karya seni yang bervariasi, seperti lukisan tradisional Jepang, manga, anime, patung, instalasi, dan film berciri khasnya sendiri atau yang dikenal sengan "Superflat". Kehadiran Murakami diharapkan dapat memberikan ruang bagi pengunjung untuk berinteraksi dan membangun koneksi yang luas secara lokal maupun global. Menariknya, IdeaFest menyajikan proyek Clone X – X Murakami yang juga berkolaborasi dengan RTFKT sebagai MetaHuman IdeaFest 2022.

"Jadi untuk pertama kalinya, yang beda dari sebelumnya, kami hadirkan host berupa meta human, namanya drea dan droid karya Takashi Murakami. Mungkin kami adalah yang pertama menghadirkan meta human host di Indonesia," ungkap Desy.

IdeaFest 2022 juga menawarkan ratusan sesi Talks and Conference dengan tema beragam seperti tren NFT, kesenian, gaya hidup keberlanjutan, kuliner, dan juga musik. Mereka menghadirkan lebih dari 180 pembicara seperti Cinta Laura, Maudy Ayunda, Manoj Punjabi, Hamish Daud, Dipha Barus, Iyas Lawrence, Fellexandro Ruby, Afutami, dan masih banyak pembicara inspiratif lainnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi dan mendukung "IdeaFest 2022" yang kali ini memilih tema "Reality Re:defined" dengan mengusung semangat pertumbuhan industri kreatif Indonesia melalui partisipasi dan kolaborasi dari seluruh lapisan pelaku industri kreatif Tanah Air. Para pelaku industri diajak untuk kembali re:connected, re:introduced, re:established, re:live, dan re:create.

 

3 dari 4 halaman

Kerja Sama dengan Kemenparekraf

Harapan kedepan, IdeaFest 2022 dapat menjadi wadah bagi para komunitas, merek, serta pelaku industri kreatif lainnya untuk terus mengembangkan karya-karya dan inovasi terbaik mereka. "Saya sudah terlibat dari tahun pertama IdeaFest, dan saya ingin ke depannya IdeaFest secara strategis bekerja sama dengan Kemenparekraf. Saya ingin kita kolaborasi dengan IdeaFest," ujar Sandiaga Uno.

Menparekraf berpesan agar pelaksanaan protokol kesehatan dapat dijaga dalam pelaksanaan IdeaFest 2022. "Pastikan semua proses yang diajukan mendapatkan panduan CHSE dari Kemenparekraf yang selalu kita gunakan untuk mengawal, agar kegiatan kita tidak over crowd. Semua harus mengacu pada protokol yang sudah disepakati," kata Sandiaga.

Sebelumnya, Co-Chairman IdeaFest 2022, Ben Soebiakto, mengatakan bahwa pihaknya mantap memastikan diri sebagai platform dalam penyelenggaraan tahun ini. "Format ini jadi warna baru karena tidak ada intervensi dari penyelenggara, sekaligus menandai era desentralisasi festival," katanya saat jumpa pers di bilangan Jakarta Pusat, Rabu, 5 Oktober 2022.

Lewat ajang itu, mereka bermaksud mendorong semangat pertumbuhan industri kreatif melalui partisipasi dan kolaborasi dari seluruh lapisan industri kreatif tanah air secara maksimal. Secara khusus mereka berfokus pada sinergi positif antara berbagai pelaku industri kreatif dalam menghadapi tantangan pascapandemi.

4 dari 4 halaman

Ekosistem Kreatif

"Sesuai tema penyelenggaraan tahun ini," Ben mengatakan, "Kami ingin mengajak para pelaku industri kreatif untuk mendefinisikan kembali realita dengan kondisi yang relevan. Apakah kita perlahan masuk ke metavese, melanjutkan apa yang ada di media sosial, atau menciptakan realita baru."

Partisipasi puluhan komunitas dan subsektor industri kreatif akan secara masif dilibatkan pada IdeaFest 2022. Keterlibatan banyak pelaku industri kreatif diharapkan dapat mengundang pengunjung untuk berkumpul, berdialog, dan menumbuhkan semangat kolaborasi yang positif.

Tujuan akhirnya yaitu sebuah ekosistem kreatif yang mampu memberdayakan pelaku industri kreatif melalui berbagai ide-ide dan gagasan eksploratif yang segar. Rangkaian agenda tahun ini telah dikurasi jajaran tim Braintrust yang merupakan ahli dari berbagai bidang.

Ben mengatakan, pandemi telah memberi catatan penting untuk penyelenggaraan IdeFest. "Online festival (pada 2020 dan format hybrid tahun 2021) telah jadi latihan kami untuk bagaimana membuat program yang bisa mencapai satu Indonesia, karena animo tercatat enggak cuma di Jakarta," tuturnya. Karena itu, pihaknya kembali menggagas beberapa program online, kendati belum disebutkan secara detail. Ada juga roadshow dan pre-event show. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.