Sukses

Makna Tersembunyi Foto Raja Charles III untuk Rayakan Ultah ke-74

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles III berulang tahun ke-74 pada Senin, 14 November 2022. Pertambahan usia tersebut sekaligus ulang tahun pertama Charles setelah naik takhta sepeninggal Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022.

Momen ulang tahun itu diyakini dirayakan secara tertutup oleh keluarga kerajaan. Namun, sang raja berbagi kebahagiaan bersama publik dengan mengunggah potret terbaru lewat akun Instagram Royal Family.

Foto yang diambil oleh fotografer favorit Kerajaan Inggris, Chris Jackson itu menyorot Raja Charles III yang berdiri di bawah pohon oak kuno di Taman Windsor Great Park di bawah sorot sinar matahari musim dingin. Foto tersebut ternyata menandai penunjukan Charles sebagai ranger. 

"Raja secara resmi menjadi Penjaga Taman Windsor Great Park, tujuh puluh tahun setelah ayahnya, HRH Duke of Edinburgh, ditunjuk untuk memegang jabatan tersebut," tulis keterangan akun Royal Family, dikutip Selasa (15/11/2022).

Sebagai ranger, ia bertugas mengawasi dan membimbing wakil ranger dan tim dalam mengelola salah satu perkebunan tertua di Inggris sehari-hari. Menurut sejarah, jabatan itu pertama kali disandang oleh Sir Henry Neville yang diangkat pada masa pemerintahan Ratu Elizabeth I, pada 1959.

Selama 460 tahun terakhir, jabatan tersebut biasanya dipegang oleh pemimpin kerajaan atau anggota keluarga kerajaan, termasuk ayah dan kakek Raja Charles III. Pangeran Philip disebutkan sebagai ranger terlama di Windsor Great Park.

"Memegang peran tersebut dari tahun 1952 hingga kematiannya pada 2021. Yang Mulia mengambil peran aktif dalam mengawasi perkembangan, seperti pengenalan kembali Rusa Merah ke Taman Rusa pada 1979 dan pengembangan Pusat Pengunjung Taman Savill dan Paviliun Air Virginia," demikian keterangan tambahan Royal Family.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ucapan Selamat

Sementara itu, anggota keluarga Kerajaan Inggris kompak mengucapkan selamat ulang tahun ke-74 pada Raja Charles III. Melansir Daily Mail, Senin, 14 November 2022, baik akun Twitter Pangeran dan Putri Wales maupun Royal Family, mengucapkan selamat hari lahir pada Raja. 

Berbagi foto Raja tersenyum, Pangeran dan Putri Wales menulis, "Mengucapkan selamat ulang tahun untuk Yang Mulia Raja!" dengan Royal Family mengunggah jepretan foto Raja yang mencolok. Raja baru diperkirakan tidak akan tampil di depan umum di hari ulang tahunnya.

Namun, perayaan publik dengan Band of the Household Cavalry sudah digelar dengan menampilkan lagu Selamat Ulang Tahun selama upacara Pergantian Penjaga di Istana Buckingham hari ini, waktu setempat. Salut senjata juga ditembakkan di seluruh ibu kota untuk menghormati hari ulang tahunnya untuk pertama kalinya.

Dalam prosesi tersebut, Artileri Kuda Kerajaan Pasukan Raja yang memberi hormat pada acara-acara besar seperti kunjungan kenegaraan, akan menembakkan 41 tembakan sejak tengah hari di Green Park London. Prosesi segera diikuti Band of the Scots Guards membawakan Selamat Ulang Tahun di taman. Satu jam kemudian, Honourable Artillery Company akan menembakkan 62 tembakan hormat senjata di Menara London.

3 dari 4 halaman

Dilempari Telur

Pada Rabu, 9 November 2022, kejadian tak menyenangkan dialami Raja Charles III saat mengunjungi Kota York bersama Permaisuri Camilla pada Rabu, 9 November 2022. Seorang demonstran melemparinya sekitar tiga telur sambil meneriakkan kalimat 'negara ini dibangun dengan darah para budak'.

Lemparan telur itu tak sampai mengenai tubuh Raja Inggris. Si pelaku juga langsung dibekuk polisi sambil dicemooh oleh warga lain yang menyerukan 'God Save the King'. 

Dikutip dari Washington Post, Charles tampak tidak terpengaruh oleh keributan itu, meski terlihat melirik telur yang berceceran di trotoar. Dia terus mengobrol dengan para pemimpin kota saat menyusuri jalan kota.

Charles dan Camilla berada di kota utara itu untuk meresmikan patung mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II. Dikutip dari Daily Mail, patung setinggi dua meter dengan 1,1 ton itu terbuat dari batu kapur lepine dari Prancis yang dirancang untuk merayakan ulang tahun platinum mendiang Ratu dan selesai pada Agustus 2022, sebulan sebelum kematiannya.

 

4 dari 4 halaman

Pelempar Telur Ditangkap

Mail Online melaporkan, pengunjuk rasa yang ditangkap polisi karena melempar telur ke Raja Charles dan Permaisuri bernama Patrick Thelwell. Ia adalah aktivis Extinction Rebellion (XR) yang pernah mencalonkan diri sebagai kandidat Partai Hijau.

Dalam biografi online, Thelwell membanggakan keterlibatannya yang lama dalam politik sayap kiri, yang dimulai pada 2015 ketika berkampanye untuk menggulingkan anggota parlemen Esther McVey dari kursinya di Merseyside karena pandangannya soal benefit. Thelwell pernah menjadi calon Partai Hijau dalam pemilihan daerah 2019 untuk  Hull Road Ward di York, yang sekarang dikendalikan oleh Partai Buruh.

Tahun lalu, dia dihukum karena menghalangi jalan raya setelah bergabung dengan protes XR lainnya yang memblokir jalan menuju percetakan surat kabar. PM Boris Johnson menyebut aksi itu 'sama sekali tidak dapat diterima'.

Thelwell menjabat sebagai presiden masyarakat berkebun di Universitas York. Ia diketahui secara teratur menulis artikel tentang perubahan iklim. Informasi menyebutkan dia sedang mempersiapkan diri untuk kuliah mengambil gelar PhD dalam bidang Pembangunan Global Interdisipliner. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS