Sukses

Sejarah Pendopo Agung Ambarrukmo, Bakal Lokasi Akad Nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Presiden Joko Widodo atau Jokowi terlihat menyambangi Pendopo Agung Ambarrukmo pada Minggu (16/10/2022) menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi terlihat menyambangi Pendopo Agung Ambarrukmo pada Minggu (16/10/2022) menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Kedua sejoli ini rencananya akan mengikat janji suci pernikahan pada Desember 2022 mendatang.

Dikutip dari Regional Liputan6.com, Pendopo Agung Ambarrukmo sendiri bakal menjadi lokasi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Adapun pendopo ini berada di kawasan Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta.

Saat Jokowi memasuki hotel, calon menantu Erina Gudono tampak ikut dengan rombongan masuk ke hotel melalui pintu barat. Tak lama, Jokowi dan rombongan keluar dan menuju mobil kepresidenan.

Menurut General Manager Royal Ambarrukmo Hotel Herman Courbois, kedatangan Jokowi untuk melihat alternatif tempat yang rencananya digunakan untuk rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina. "Presiden hanya melihat bagian depannya saja," jelasnya.

Dikutip dari laman resmi Royal Ambarrukmo, Minggu (16/10/2022), sebagai bekas Kediaman Istana Kerajaan dan saksi era hari kemerdekaan Indonesia, Royal Ambarrukmo Yogyakarta adalah hotel warisan. Hotel ini menampilkan koleksi luar biasa karya arsitektur Jawa otentik dari abad ke-18 dan karya seni dari 1964-an dan semuanya terpelihara dengan baik di kompleks hotel hingga kini.

Menurut Pusat Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta, kompleks Kedhaton Ambarrukmo terdiri dari tujuh kawasan, yakni Pendopo Agung, Ndalem Ageng, Bale Kambang, Gandhok, Pacaosan dan Alun-Alun. Kedhaton Ambarrukmo dibangun berdasarkan tradisi Jawa yang kuat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang Pendopo Agung

Setiap bagian dari keseluruhan kompleks memiliki fungsi yang berbeda dan menyampaikan makna filosofis tertentu dan juga doa-doa yang mewakili nilai-nilai agama, kepercayaan, dan norma budaya Jawa. Pendopo Agung adalah bangunan semi outdoor tanpa dinding yang melambangkan keterbukaan Raja kepada seluruh rakyatnya.

Lantai lebih tinggi dari halaman di Pendopo Agung untuk mencerminkan penghargaan kepada semua tamu dan keintiman dengan harmoni. Sejak dibangun pada 1857 oleh Sultan Hamengku Buwono VI, Pendopo Agung tidak mengalami perubahan bentuk melainkan lebarnya.

Bentuk dasarnya adalah 'Joglo Sinom' dengan ukuran 32 x 32,4 meter, mengarah ke selatan. Atapnya ditopang oleh total 36 tiang dari tiga jenis, yakni 4 Saka Guru (pilar utama), 12 Saka Penanggap (pilar pembantu) dan 20 Saka Penitih (pilar luar dan pendukung).

Semua pilar Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo dihiasi dengan ukiran seperti 'Wajikan', 'Saton', 'Tlacapan', 'Mirong' dan 'Praba'. Masing-masing diletakkan di atas 'umpak' (dasar batu) yang diukir dengan kaligrafi Arab.

3 dari 4 halaman

Kabar Menikah

Kabar soal hari bahagia Kaesang dan Erina telah berembus beberapa waktu lalu. Sebut saja ketika dua sejoli ini menghiasi salah satu potret yang diunggah kakak Kaesang, Kahiyang Ayu.

Bukan hanya potret, tetapi keterangan yang disertakan Kahiyang Ayu juga menjadi sorotan. Dalam potret yang dibagikan pada Sabtu, 20 Agustus 2022 itu, terlihat Kahiyang berpose bersama kedua buah hatinya, Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan bersama Erina Gudono dan Kaesang Pangarep.

Kahiyang yang tersenyum semringah tampak memeluk Nahyan dengan Sedah Mirah di sisinya. Sementara, Kaesang duduk di sebelah sang kakak yang juga sambil tersenyum dan Erina Gudono di bagian belakang ikut memberi senyum manisnya.

"One step closer @kaesangp @erinagudono (Selangkah lebih dekat @kaesangp @erinagudono)," tulis Kahiyang Ayu dalam potret unggahan tersebut.

Unggahan dan keterangan itu sontak membuat heboh dan menduga bahwa Kaesang telah melamar Erina Gudono. Tak sedikit pula pesohor negeri yang turut mengucapkan selamat di kolom komentar atas unggahan Kahiyang itu.

"Wow! Congrats @kaesangp," tulis Chef Arnold Poernomo. "Ihiiiyyy lancarrr semuanya," tulis Reisa Broto Asmoro.

Ada pula deretan komentar mengenai unggahan yang menampilkan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tersebut. "Yogyakarta siap2 mantuuu," tulis salah seorang warganet. "Cincinnyaa," lanjut lainnya.

4 dari 4 halaman

Reaksi Erina Gudono dan Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pun bereaksi ketika mereka mendapat banyak ucapan selamat setelah unggahan tersebut. Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersebut turut menuliskan komentar pada unggahan kakaknya.

"Ini pada nyelamatin kenapa sih? Itu cincin di jari tengah woi," demikian tulis Kaesang Pangarep.

Sementara, Erina Gudono terlihat membagikan kembali unggahan Kahiyang melalui Instagram Stories di akun Instagram pribadinya. Puteri Indonesia DIY 2022 tersebut turut menyertakan dua stiker hati warna merah muda.

Pada salah satu Instagram Storiesnya, perempuan kelahiran Amerika Serikat tersebut juga membalas unggahan yang mengucapkan selamat padanya. "Kaget ada apa pada nyelamatin tiba2.. tapi terimakasih," demikian tulis Erina Gudono.

Di Instagram Stories yang berbeda, ia juga menuliskan keterangan yang mencuri perhatian. "Go public di momen dan foto yang properXX Go public di foto asal jadi √√ Habis ketawa ketawa foto anaknya nangis kesandung Kak @kaesangp hm ya begitulah keadaan," tulisnya lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.