Sukses

SBY Ungkap Alasan Membuat 17 Lukisan dalam 3 Minggu

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkapkan telah merampungkan sebanyak 17 lukisan selama tiga pekan terakhir. SBY menyebut kegiatan utamanya akhir-akhir ini adalah melukis.

"Di hari Minggu ini, dari Cikeas, saya ingin mengabarkan kepada teman-teman, bahwa alhamdulillah dalam waktu 3 minggu terakhir ini, saya telah bisa merampungkan 17 lukisan," ucap SBY lewat unggahan di akun Instagram Ani Yudhoyono,, Minggu, 9 Oktober 2022.  "Di antaranya seperti yang ada di belakang saya di dalam video ini. Mulai besok insya Allah, lukisan-lukisan ini akan saya unggah di akun Instragram Ani Yudhoyono in memorial," tambahnya.

SBY mengatakan bahwa melukis adalah hobi lamaya. Tapi dia mulai aktif kembali melukis sejak Mei 2021. Dia mengatakan kegiatan utamanya saat ini adalah melukis.

"Saya melukis sejak bulan Mei 2021 lalu, sekarang ini berarti hampir 1,5 tahun. Dan saya akan terus melukis, boleh dikatakan tiada hari tanpa melukis, itu kegiatan utama saya sekarang ini di samping seminggu 2-3 kali saya menunggui latihan dari klub bola voli Lavani," ucapnya.

Bagi SBY, melukis mendatangkan kedamaian bagi dirinya dan jadi salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Tuhan. Hal itu jadi pendorong baginya untuk menyelesaikan 17 lukisan dalam waktu yang cukup cepat.

"Melukis itu mendatangkan kedamaian dan kebahagiaan di hati saya. Memang banyak yang menganggap dunia kita ini terlalu banyak persoalan. Tetapi di tengah-tengah itu semua banyak kebaikan dan keindahan.. Dan saya senantiasa mensyukuri keindahan alam ciptaan Tuhan itu," katanya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengobati Rasa Rindu

Selain itu, melukis bagi SBY juga jadi salah satu cara mengekspresikan rasa cinta pada mendiang istrinya.  Dalam video tersebut, kita juga bisa melihat 17 koleksi lukisan terbaru SBY secara singkat.

Ia menambahkan, kalau dulu almarhumah istrinya mensyukuri keindahan alam melalui karya fotografi. Sedangkan dirinya memilih melalui puisi, lagu dan sekarang lukisan,.

"Semoga lukisan-lukisan ini bisa sedikit mengobati rasa rindu teman-teman sekalian dalam menjaga silaturahmi diantara kita. Terima kasih. *SBY*," tutupnya.  Baru sehari dibagikan, unggahan tentang karya lukisan SBY itu sudah disukai lebih dari 56 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 1.900 komentar.

"Teryata bpk sby bisah melukis seindah itu,dlm watu yang singkat,saya yakin pelukis yg prepesional kalah sama lukisan bapak," komentar seorang warganet. "3 minggu, 17 lukisan. Berarti rata2 satu hari 1 lukisan! Bapak jenius banget🙌🙌 Salut! Sehat2 selalu Pak SBY🙏🏼," komentar warganet lainnya.

Pada Juni lalu, SBY juga sempat menunjukkan hasil goresan kuas lukisnya dalam menggambarkan lanskap Grand Canyon yang memesona.Sebagaimana diketahui, itu merupakan taman nasional yang berlokasi di Arizona, Amerika Serikat (AS).

3 dari 4 halaman

Pelukis Pemula

Sebagai salah satu destinasi populer, tidak sedikit orang yang sudah familiar dengan pemandangan ikonis formasi bebatuannya yang unik. Di lukisan SBY, panorama itu digambarkan lengkap dengan aliran sungai berliku tepat di bagian tengahnya. Ia menulis di salah satu unggahan akun Instagram mendiang istrinya, Ani Yudhoyono, baru-baru ini, "Lukisan kanvas besar yang saya unggah ini adalah pemandangan indah di Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat."

"Sebagai pelukis pemula, melukis di atas kanvas ekstra besar berukuran 1,4 meter x 2,5 meter, menggunakan cat acrylic, merupakan tantangan tersendiri bagi saya. Alhamdulillah, setelah saya tekuni beberapa hari ini, lukisan ini akhirnya selesai juga. Semoga teman-teman berkenan untuk melihatnya. Salam. *SBY*," pungkasnya.

Nyatanya, warganet tidak semata berkenan, namun menunjukkan ketakjuban mereka pada karya lukisan SBY. Salah satunya berkomentar, "Keren banget Pak! Seneng lihatnya, apalagi bapak sumringah banget."

Ini tentu bukan kali pertama hasil karya lukisan SBY menarik perhatian. Sebelum ini, ia lebih dulu berkisah tentang kampung halamannya, Pacitan, Jawa Timur, melalui tiga lukisan karyanya.

4 dari 4 halaman

Menjelajahi Alam

Lukisan-lukisan ini juga diunggahnya melalui akun Instagram mendiang istrinya. Lukisan pertama menampilkan bangunan kayu yang dikelilingi hamparan hijau rerumputan dan pepohonan. Di sisi bangunan tersebut juga dilukiskan bebatuan dan tanah kecokelatan. Terlihat pula langit biru dengan awan-awan putih di sekitarnya.

"Saya dilahirkan di desa Tremas, Pacitan. Saya tumbuh sebagai anak-anak dan remaja di kawasan perdesaan, pegunungan, dan pantai," tulis SBY dalam unggahan pada 27 Januari 2022.  Maka itu, SBY menyebut bahwa pemandangan alam yang kerap ia lukis umumnya bernuansa pedesaan. Lukisan tentang kampung halamannya itu kemudian dimaknai sebagai cerminan dari pengalaman hidup di masa remajanya.

"Setelah menikah dengan istri tercinta Ani Yudhoyono (almarhumah), kami berdua juga senang menjelajahi alam ciptaan Tuhan yang selalu indah," terang SBY.  Kenangan manis itu pula yang kemudian diabadikan SBY dalam lukisan karyanya.

Ia melukis dalam proses belajar untuk mengasah kemampuannya di dunia seni lukis. "Jepretan kamera Ani Yudhoyono yang saya tuangkan di atas kanvas hampir semua merupakan pemandangan alam," kata SBY.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS