Sukses

6 Fakta Menarik Prancis, Produsen Pertanian Paling Penting di Eropa

Negara Prancis dikenal sebagai produsen pertanian paling penting di Eropa dan salah satu kekuatan industri terkemuka di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Prancis terletak di barat laut Eropa, dengan ibu kota Paris. Luas wilayahnya mencapai 549.087 kilometer persegi atau sedikit lebih luas dari Pulau Sumatera. Negara ini memiliki populasi sekitar 67 juta jiwa pada 2020, menurut nationonline.org, dan menjadi salah satu negara terpadat ke-19 di dunia.

Negara yang kini dipimpin Presiden Emmanuel Macron ini berperan sangat signifikan dalam urusan internasional, dengan bekas koloni di setiap sudut dunia. Terlebih, Prancis adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

Negara ini telah lama menjadi jembatan geografis, ekonomi, dan bahasa yang menghubungkan Eropa utara dan selatan, serta dikenal sebagai produsen pertanian terpenting di Eropa dan salah satu kekuatan industri terkemuka di dunia. Berikut enam fakta menarik Prancis yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber. 

1. Sistem Pemerintahan

Prancis adalah salah satu negara tertua di dunia yang pernah berbentuk kerajaan di bawah satu penguasa di Abad Pertengahan. Saat ini, otoritas pusat berada di tangan negara, meskipun sejumlah otonomi diberikan kepada pemerintah daerah dalam beberapa dekade terakhir.

Orang Prancis memandang negara sebagai penjaga utama kebebasan, dan negara pada gilirannya menyediakan program fasilitas yang murah hati bagi warganya, mulai dari pendidikan gratis hingga perawatan kesehatan dan rencana pensiun. Meski begitu, kecenderungan sentralis ini sering bertentangan dengan jati diri kuno bangsa Prancis lainnya, yaitu desakan supremasi individu.

Mengenai hal ini sejarawan Jules Michelet berkomentar, "Inggris adalah sebuah kerajaan, Jerman adalah sebuah bangsa, sebuah ras, Prancis adalah sebuah pribadi." Mengutip dari situs Britannica, Senin, 10 Oktober 2022, negarawan Charles de Gaulle juga pernah berujar, "Hanya bahaya yang dapat menyatukan Prancis. Seseorang tidak bisa memaksakan persatuan tiba-tiba di negara yang memiliki 265 jenis keju."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Budaya

Budaya Prancis telah menyebar jauh dan sangat mempengaruhi perkembangan seni dan ilmu pengetahuan, khususnya antropologi, filsafat, dan sosiologi. Dalam sebagian besar sejarahnya, Prancis juga berperan sentral dalam budaya Eropa.

Dengan munculnya kolonialisme dan perdagangan global, Prancis mencapai pasar dunia. Gaya artistik, kuliner, dan busana Prancis memengaruhi budaya tinggi dan populer negara-negara di seluruh dunia, terutama Paris yang berjuluk Kota Mode.

Paris merupakan kota paling terkenal pada pertengahan abad ke-19 yang berjuluk ville lumire atau kota cahaya. Pembangunannya dipimpin oleh Georges-Eugène, Baron Haussman, yang berkomitmen pada visi Napoleon III tentang sebuah kota modern yang bebas dari rawa-rawa koleris dan gang-gang kuno yang padat, dan jalan lebar dan rencana reguler. Paris kini menjelma sebagai kota megapolitan terbesar di Eropa yang jantungnya masih dapat dilalui dengan berjalan kaki di malam hari.

3. Kondisi Geografis

Prancis terletak di dekat ujung barat daratan besar Eurasia, sebagian besar di antara garis lintang 42° dan 51° LU. Secara garis besar berbentuk heksagonal, wilayah benuanya berbatasan di timur laut dengan Belgia dan Luksemburg, di timur oleh Jerman, Swiss, dan Italia, di selatan oleh Laut Mediterania, Spanyol, dan Andorra, di barat oleh Teluk Biscay, dan di barat laut oleh Selat Inggris (La Manche).

Di utara, Prancis menghadap tenggara Inggris melintasi Selat Dover (Pas de Calais) yang sempit. Monaco adalah daerah kantong independen di pantai selatan, sedangkan pulau Corsica di Mediterania diperlakukan sebagai bagian integral dari negara.

Lanskap Prancis sebagian besar terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, dan blok gunung yang lebih tua. Pola ini mendominasi di atas pegunungan yang lebih muda dan tinggi, seperti Pegunungan Alpen dan Pyrenees. Keanekaragaman tanahnya khas Eropa Kontinental.

Tiga wilayah geologis utama dapat dibedakan dalam sisa-sisa kerangka pegunungan kuno yang membentuk dataran utara dan barat. Sementara pegunungan lipatan muda yang lebih tinggi berada di selatan dan tenggara, termasuk Alpen dan Pyrenees, dengan dataran sempit yang menyertainya.

3 dari 4 halaman

4. Beragam Aksen Bahasa

Bahasa Prancis adalah bahasa nasional, diucapkan dan diajarkan di mana-mana. Namun, aksen dan dialek tersebar luas di daerah pedesaan, dan banyak orang cenderung melestarikan kebiasaan linguistik daerah mereka baik melalui tradisi atau melalui pengembalian sukarela dan disengaja ke dialek daerah tertentu.

Kecenderungan ini paling kuat di daerah perbatasan Prancis. Di bagian timur dan utara negara itu, bahasa Alsatian dan Flemish (Belanda) adalah bahasa Jermanik; di selatan, Occitan (Provençal atau Languedoc), Corsica, dan Catalan menunjukkan pengaruh bahasa Latin.

Breton adalah bahasa Celtic yang terkait dengan bahasa yang digunakan di beberapa bagian barat Kepulauan Inggris (terutama Wales), dan Basque adalah bahasa yang terisolasi. Setelah pengenalan pendidikan dasar universal selama Republik Ketiga pada 1872, penggunaan bahasa daerah sangat ditekan demi kepentingan persatuan nasional, dan murid yang menggunakannya dihukum.

Sebagai reaksi atas meningkatnya sentimen regional, bahasa-bahasa ini telah diperkenalkan di sejumlah sekolah dan universitas, terutama karena beberapa di antaranya, seperti Occitan, Basque, dan Breton, telah mempertahankan tradisi sastra. Imigrasi baru-baru ini telah memperkenalkan berbagai bahasa non-Eropa, terutama bahasa Arab.

4 dari 4 halaman

5. Pertanian

Iklim Prancis umumnya menguntungkan untuk budidaya. Sebagian besar wilayah Prancis terletak di bagian selatan zona beriklim sedang, meskipun zona subtropis meliputi pinggiran selatannya.

Curah hujan berlimpah di sebagian besar Prancis, jadi pasokan air umumnya tidak menjadi masalah. Pasokan ikan yang cukup di Samudra Atlantik dan Laut Mediterania menyediakan sumber daya tambahan.

Sementara, wilayah daratan Prancis yang luas lebih dari separuhnya adalah lahan pertanian atau penggembalaan dan seperempatnya lagi berhutan. Relief dan tanah yang bervariasi di negara ini serta zona iklim yang kontras semakin meningkatkan potensi ini.

Pertanian mempekerjakan relatif sedikit orang, sekitar tiga persen dari angkatan kerja dan hanya memberikan kontribusi kecil terhadap PDB yaitu sekitar dua persen. Namun Prancis adalah negara pertanian terkemuka Uni Eropa, menyumbang lebih dari seperlima dari total nilai output, dan sendiri bertanggung jawab atas lebih dari sepertiga produksi minyak sayur, sereal, dan anggur UE.

Prancis juga merupakan pengekspor komoditas pertanian utama dunia, dan sekitar seperdelapan dari total nilai ekspor negara yang terlihat terkait dengan pertanian dan produk makanan dan minuman terkait. Prancis memiliki area pertanian yang dapat digunakan seluas hampir 74 juta hektare (30 juta hektare), lebih dari tiga perlimanya digunakan untuk pertanian yang subur.

6. Ekonomi Prancis

Prancis adalah salah satu kekuatan ekonomi utama dunia, sejajar dengan negara-negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Italia, dan Inggris. Posisi keuangannya mencerminkan periode pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang berlangsung selama sebagian besar periode pascaperang hingga pertengahan 1970-an.

Antara 1960---1973 saja, peningkatan produk domestik bruto (PDB) rata-rata hampir enam persen setiap tahun. Sebagai buntut dari krisis minyak pada 1970-an, tingkat pertumbuhan cukup moderat dan pengangguran meningkat secara substansial. Pada akhir 1980-an, ekspansi yang kuat kembali terlihat. Tren ini berlanjut, meskipun pada tingkat yang lebih rendah, hingga abad ke-21. Namun, negara itu juga mengalami kontraksi akibat situasi pandemi Covid-19 pada 2020 dengan tingkat pertumbuhan ekonomi -11 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.