Sukses

Mengapa Pelonggaran Pemakaian Masker Bikin Sebagian Orang Cemas?

Saat mayoritas negara melonggarkan pemakaian masker, tidak semua orang senang dengan kebijakan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum musim panas, pemerintah Jepang melonggarkan pedoman menekan Covid-19 terkait mengenakan masker. Pihak pemerintah menyarankan warganya untuk melepas masker jika memungkinkan untuk menghindari insiden terkait panas.

Dikutip dari Japan Today, Minggu, 18 September 2022, aturan itu bagi sebagian orang berarti tidak ada lagi dagu berkeringat atau berlari kembali ke rumah ketika lupa membawa masker. Bagi yang lain, berita ini memicu tingkat kecemasan tersembunyi.

Di Jepang, tekanan sosial untuk menggunakan masker mungkin menjadi alasan mengapa banyak orang yang ragu untuk melepasnya. Bukan pemandangan aneh saat berjalan menyusuri jalan kosong di pinggiran kota Tokyo, melihat orang-orang berjalan atau mengendarai sepeda sambil mengenakan masker. Tak sedikit dari mereka yang memakainya sebagai penutup hidung dan mulut, bukan di dagu.

Di awal pandemi Covid-19, masyarakat diimbau memakai masker untuk melindungi diri dan orang yang dicintai dari virus. Masker menawarkan rasa kendali atas situasi, jadi mudah untuk memahami mengapa orang tidak siap untuk melepas masker sepenuhnya, terutama karena Covid-19 masih jauh dari kata hilang.

Namun, setelah hampir tiga tahun dan tiga vaksin, dapatkah keengganan ini murni karena kekhawatiran tertular virus? Atau apakah masker menutupi masalah yang lebih dalam?

Kesehatan mental bukanlah topik yang banyak dibicarakan di Jepang. Bagi banyak orang, lebih mudah untuk menyalahkan ketakutan akan virus daripada membuka tentang faktor lain yang mungkin berkontribusi terhadap kecemasan mereka. Jadi, kita harus bertanya, dengan tetap memakai masker, apakah hanya memperpanjang kecemasan dengan membungkus diri dengan masker alih-alih menangani masalah ini secara langsung?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Solusi Atasi Kecemasan

Dikutip dari Savvy Tokyo, istilah "mask fishing" diciptakan selama puncak pandemi. Seperti yang didefinisikan oleh Urban Dictionary, adalah "fenomena di mana seseorang tampak lebih menarik karena mereka mengenakan masker wajah."

Jika Anda menutupi bagian bawah wajah, pikiran secara otomatis membangun gambaran seperti apa sisa wajah di bawah masker, yang telah menyebabkan klaim bahwa rasa tidak aman orang telah meningkat. Istilah lain yang diciptakan selama pandemi adalah "maskne", kondisi kulit berjerawat karena memakai masker.

Dengan semua istilah ini, apakah mengherankan jika orang khawatir melepas masker mereka? Lantas, bagaimana cara meredakan kecemasan tanpa masker?

Transisi sedikit demi sedikit

Pilih situasi dengan tekanan rendah, ruang terbuka dengan sedikit orang di sekitar Anda, ini mungkin di taman terpencil atau bahkan berjalan di malam hari.

Dorong diri Anda untuk bersosialisasi

Membayangkan diri Anda bersosialisasi tanpa masker adalah pemikiran yang menakutkan, tetapi jika Anda dapat mengatasi suara di kepala Anda yang menyuruh Anda untuk memalsukan keadaan darurat di menit terakhir dan bersembunyi di tempat tidur Anda, Anda akan ingat betapa menyenangkannya bergaul dengan teman-teman Anda.

Beri diri Anda waktu

Jika Anda belum siap melepas masker, maka jangan lakukan hal tersebut. Beberapa orang merasa lebih nyaman bersembunyi di balik humor, jadi buatlah lelucon, seperti "Saya sudah makan bawang putih, yang terbaik untuk semua orang jika saya tetap memakai masker."

3 dari 4 halaman

Apa Itu Mask-Fishing?

Dikutip dari Refinery29, mask-fishing mengacu pada saat seseorang yang mengenakan masker tampak lebih menarik dengan mengenakannya daripada tanpa masker. Nama istilah ini berasal dari 'catfishing', praktik menipu menciptakan persona fiksi atau identitas palsu menggunakan gambar yang bukan milik Anda di media sosial.

Bagaimana mask-fishing memengaruhi kencan? Swafoto dengan masker menjelaskan banyak hal pada profil kencan. Pada 2020, situs AdultFriendFinder menerapkan 'No Maskfishing Mandate' yang mencegah pengguna mengunggah foto bermasker. Selama di TikTok, tagar maskfishing hadir lebih dari 336 juta tampilan.

Sebagian besar video yang berada di bawah tagar adalah bagian dari tren di mana pengguna mengunggah rekaman diri mereka sendiri dengan masker mereka, bersama dengan rekaman perbandingan dengan itu. Disertai dengan pertanyaan, "Apakah saya mask fishing?" pengguna TikTok lainnya diharapkan untuk mempertimbangkan di bagian komentar.

Lantas, apakah mask-fishing membuat insecurities memburuk? Komentar seperti "Kamu terlihat berbeda dengan apa yang saya pikirkan" dan "Saya tidak akan pernah menduga bahwa bagian bawah Anda terlihat seperti itu" telah membuat banyak orang merasa tidak aman tentang fitur wajah dan 'ketidaksempurnaan' mereka.

4 dari 4 halaman

Timbulkan Insecurity

"Ketika saya sedang bekerja dan rekan-rekan saya melihat saya saat makan siang atau waktu istirahat, mereka selalu mengatakan bahwa saya tidak terlihat seperti yang mereka harapkan, tetapi saya tidak tahu apakah itu baik atau buruk. Sejak itu itu membuat saya benar-benar sadar diri tentang orang-orang yang melihat wajah saya karena saya tidak ingin merusak harapan mereka," tulis salah satu kiriman Reddit.

Masker bukan satu-satunya pemilik masalah ketidakamanan dan citra diri. Telah ditemukan bahwa kelelahan Zoom lebih buruk bagi perempuan dan para peneliti mengaitkan "perhatian yang berfokus pada diri sendiri," pandangan diri dalam panggilan video, sebagai salah satu penyebab utama.

Ini adalah yang terbaru dari banyak istilah kencan yang memusingkan yang menyusup ke kehidupan yang terdampak pandemi Covid-19. Sementara rasa tidak aman telah lama menjadi bagian dari keberadaan kita, tren mask-fishing ini mungkin telah memancing banyak orang semua secara tidak perlu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.