Sukses

6 Rekomendasi Galeri Seni Instagramable di Jakarta untuk Wisata Hemat Bujet

Di Jakarta, terdapat beberapa galeri seni yang Instagrammable, galeri ini cocok untuk dipotret dan diunggah ke akun Instagram untuk mempercantik tampilan feeds.

Liputan6.com, Jakarta - Kenaikan harga BBM berdampak pada banyak sektor, termasuk pariwisata. Pos anggaran untuk jalan-jalan biasanya akan dipangkas dan dialihkan ke hal lain yang lebih penting. Padahal, Anda sebenarnya bisa mencari tempat alternatif untuk melepas pening dengan bujet terbatas.

Berkunjung ke galeri seni misalnya. Popularitasnya sedang naik seiring tembusnya film Mencuri Raden Saleh ke jajaran box office saat ini, terlebih jumlahnya relatif banyak di Jakarta.

Selain bisa menikmati karya seni, pengunjung juga bisa memanfaatkannya sebagai latar foto selfie. Tapi, patut diingat untuk tidak menggunakan blitz saat berfoto di galeri seni karena paparan cahaya bisa merusak benda seni. Dari yang gratis hingga berbayar, simak enam rekomendasi galeri seni Instagrammable di Jakarta yang dapat Anda akses dengan transportasi umum.

1. Galeri Nasional Indonesia (GNI)

Galeri yang satu ini sudah menjadi ikon nasional. Ruang lingkup kegiatan Galeri Nasional yaitu melaksanakan pameran, melaksanakan preservasi, akuisisi dan dokumentasi, seminar, diskusi, workshop, performance art, pemutaran film/video, festival, lomba, dan lain-lain. Galeri Nasional Indonesia juga memberikan pelayanan riset koleksi dan pemanduan untuk pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

Koleksi karyanya beragam. Salah satunya replika lukisan Penangkapan Diponegoro karya Raden Saleh. Selain itu, pengelola galeri biasa menggelar pameran temporer yang memajang karya seniman dalam negeri.

Galeri nasional berlokasi di Jl. Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Jakarta Pusat. Untuk jam buka, pameran tetap koleksi GNI buka dari pukul 09.00-15.30 WIB (Senin & Libur Nasional tutup). Sedangkan untuk Pameran Temporer, mulai dari pukul 10.00-19.00 WIB (Libur Nasional Tutup). Harga tiket masuk gratis, tetapi pengunjung harus registrasi terlebih dulu di https://linktr.ee/galnas.

Stasiun KRL terdekat yaitu Stasiun Gondangdia bisa dilanjut dengan transportasi online. Untuk TransJakarta turun di Halte Gambir 2, jaraknya 200 meter ke galeri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Museum Macan

Museum Macan merupakan kepanjangan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini memiliki koleksi seni modern dan kontemporer. Gaya kontemporer ditampilkan dengan berbagai medium, teknik serta seni instalasi, akan sangat bagus untuk diabadikan momennya,

Museum Macan berlokasi di AKR Tower Level M, Jl. Perjuangan No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jam buka yaitu Selasa sampai Minggu, mulai dari pukul 10.00-16.00 WIB.

Harga tiket masuk bervariasi dan dapat dicek di museummacan.org/visit. Harga tiket hari biasa dengan hari pekan berbeda, berkisar antara Rp80 ribu hingga Rp100 ribu.

Untuk persyaratan kunjungan dapat dilihat di situs museummacan.org. Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan oleh pengunjung termasuk aturan perangkat pengambilan gambar.

Untuk mengakses ke sana bisa menaiki TransJakarta koridor 8 yang mengarah ke Halte Kebon Jeruk. Lalu, dari Halte Kebon Jeruk bisa menumpangi angkot warna merah KWK B03. 

3. Dia.Lo.Gue Artspace

Ruang seni publik dan kolektif ini terbuka untuk berbagai jenis seni dan desain. Namanya diterjemahkan dalam bahasa Betawi lokal sebagai ‘Dia – Kamu – Aku’.

Dia.Lo.Gue juga memiliki kedai kopi dan arsitektur tangganya yang menajdi sorotan untuk dipotret. Berbagai macam program yang ada di sini dapat dicek melalui situs dialogue-artspace.com.

Lokasi Dia.Lo.Gue Artspace berada di Jl. Kemang Selatan No. 99A, Bangka, Jakarta Selatan. Stasiun yang terdekat ke sini adalah Stasiun Kereta Pasar Minggu. Buka dari pukul 11.00-20.00 WIB. Harga tiket masuk gratis untuk pameran yang terbuka bagi publik.

3 dari 4 halaman

4. Ciputra Artpreneur

Ciputra Artpreneur adalah tempat seni multi-disiplin di jantung kota Jakarta yang terdiri dari teater, museum seni, ruang galeri, dan ruang serbaguna. Sejak dibuka pada tahun 2014, Ciputra Artpreneur telah menjadi tuan rumah pertunjukan musikal Broadway pertama yang dipentaskan di Indonesia.

Di Galeri, pengunjung dapat menikmati pemandangan Jakarta melalui jendela lebarnya. Dengan pameran seni atau acara yang sedang digelar, pengunjung dapat mengambil gambar yang cantik untuk diunggah di akun Instagram.

Ciputra Artpreneur berlokasi di Jl. Prof. DR. Satrio Kav. 3-5 Ciputra World 1, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Buka dari pukul 12.00-18.00 WIB dari Selasa sampai Minggu. Harga tiket menyesuaikan dengan acara yang digelar.

Untuk akses ke sini dapat menggunakan transportasi umum TransJakarta. Naik busway arah Karet lalu turun di depan Mal Lotte Shopping Avenue atau Ciputra Artpreneur.

5. Edwin’s Gallery

Edwin’s Gallery merupakan galeri yang memamerkan koleksi seni dari skala nasional hingga internasional. Arsitektur bangunan galeri ini perpaduan dari gaya kontemporer dengan etnik Jawa.

Di bagian luar bangunan dapat terlihat gaya etnik Jawa. Sedangkan di bagian dalamnya bergaya kontemporer. Tempat ini akan cocok untuk mengisi feeds Instagram kamu.

Edwin’s Gallery berlokasi di Jl. Kemang Raya No. 21, Bangka, Jakarta Selatan. Jam buka yaitu dari pukul 09.00-17.00 WIB, dari Senin sampai Sabtu. Masuk ke galeri ini tidak dipungut biaya.

4 dari 4 halaman

6. Salihara Arts Center

Salihara Arts Center menampilkan beragam kesenian dari Indonesia dan dunia yang terkini. Kesenian ini bersifat pertunjukan hingga edukasi. Menciptakan lingkungan yang kreatif dan sejuk di tengah ramainya Jakarta Selatan.

Galeri Salihara mengajak kamu mengeksplorasi dan menikmati karya-karya lukisan, trimatra, multimedia dan seni rupa lainnya. Pengunjung yang berminat mengembangkan kreativitas dan keterampilan melalui kesenian dan pemikiran cocok untuk singgah sejenak di sini.

Galeri ini cukup Instagrammable, karya seni yang dipamerkan beragam dan dari sisi pencahayaan akan membantu mempercantik hasil foto yang diambil. Salihara tidak hanya memiliki galeri saja, terdapat teater Salihara, gedung perkantoran, dan anjung Salihara.

Agenda kesenian yang ada di Salihara dapat dicek melalui situs www.salihara.org. Harga tiket berkunjung bervariasi karena sesuai dengan acara yang digelar. Jam buka tempat ini yaitu dari pukul 09.00-21.00 WIB, dari Senin sampai Minggu.

Salihara Arts Center berlokasi di Jl. Salihara No. 16, Ps. Minggu, Kec. Ps. Minggu, Jakarta Selatan. Untuk mengakses lokasi ini dengan transportasi umum, terdapat TransJakarta dan Kereta Commuterline (KRL). Jika menggunakan TransJakarta, naik bus koridor 6 (Halimun-Ragunan) lalu turun di Halte Pejaten. Sedangkan, naik mikrolet 36 yang berwarna biru di depan Pejaten Village menuju Jl. Salihara 16.

Untuk yang mengakses dengan KRL, kamu dapat naik kereta apa saja yang melewati Stasiun Pasar Minggu. Dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter melalui Jl. Raya Ragunan, lalu belok kanan di pertigaan Balai Rakyat dan berjalan kaki sampai Jl. Salihara 16.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.