Sukses

Pelatih Kebugaran Ungkap Cara Diet dengan Tetap Makan Menu McDonald's

Seorang pelatih kebugaran di Inggris mengungkap beberapa hidangan McDonald's yang sebenarnya dapat dinikmati saat diet sambil tetap menjaga jumlah kalori tetap rendah.

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang suka makanan kekinian, termasuk menu junkfood di McDonald's. Namun saat menjalani diet lebih sehat, makanan seperti Big Mac dan McNuggets mungkin tidak akan ada dalam daftar.

Namun, seorang pelatih kebugaran di Inggris mengungkap beberapa hidangan McDonald's yang sebenarnya dapat dinikmati saat diet sambil tetap menjaga jumlah kalori tetap rendah. Mengutip dari laman The Sun, Selasa 6 September 2022, pelatih kebugaran, Shiv Wilson, berbagi dengan pengikut TikToknya tiga makanan paling "ramah diet" yang dapat Anda temukan di McDonald's yang, katanya, "tidak akan sepenuhnya merusak diet Anda".

Sebagai pilihan sarapan berprotein tinggi, Shiv menyarankan orang memilih sosis dan telur McMuffin. Muffin Inggris mengandung 551 kalori, dan 35 gram protein. Untuk makan siang, double atau triple cheeseburger juga merupakan pilihan yang baik untuk seseorang yang ingin meningkatkan asupan proteinnya.

Burger sederhana ini mengandung 578 kalori dan 37 gram protein. Makanan utama McDonald's, Quarter Pounder dengan keju yang merupakan menu burger dengan keju, juga merupakan pilihan yang baik bagi seseorang yang mencoba menjalankan diet sehat, hanya mengandung 507 kalori dan 31 gram protein.

"Kualitas makanannya bukan yang terbaik, tapi makronya tidak buruk," kata sang pelatih kebugaran.

Makro, atau makronutrien, adalah yang perlu dikonsumsi dalam jumlah yang relatif besar untuk menyediakan energi bagi tubuh kita dan mendukung banyak fungsi tubuh. Hal ini termasuk protein, karbohidrat dan lemak. Perlu diingat bahwa ketiga makanan McDonald's sangat tinggi garam, yang jika dimakan berlebihan dapat menyebabkan beberapa kondisi jantung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perubahan Gaya Hidup

Bahkan yang paling sehat dari tiga makanan, double cheese burger mengandung setengah dari asupan garam harian yang direkomendasikan (54 persen). "Ingat juga lebih baik menggandakan daging dalam burger daripada menambah kalori pada kentang goreng," pelatih kebugaran itu menjelaskan.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa hampir setengah dari orang Inggris terobsesi menghitung kalori, tetapi tidak memerhatikan apa lagi yang mereka makan. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Masih mengutip The Sun, NHS sebuah Lembaga kesehatan masyarakat di Inggris menyarankan 12 perubahan gaya hidup dan diet sederhana untuk membantu menurunkan berat badan, berikut ini:

1. Jangan melewatkan sarapan

2. Makan teratur

3. Makan banyak buah dan sayuran

4. Lebih aktif

5. Perbanyak minum air putih

6. Makan makanan berserat tinggi

7. Membaca label makanan

8. Gunakan piring yang lebih kecil

9. Tidak melarang makanan

10. Jangan menyimpan junk food

11. Kurangi alkohol

12. Atur menu harian

Sementara itu, seorang ahli kesehatan terkemuka mengungkapkan Anda harus memerhatikan jenis makanan apa yang disiapkan untuk sarapan. Pelatih kebugaran lain sebelumnya juga mengungkapkan bagaimana Anda bisa mendapatkan sandwich isi protein dari Subway di bawah 350 kalori.

3 dari 4 halaman

Penyebab Gagal Diet

Mengutip dari Health Liputan6.com, 5 September 2022, ternyata ada beberapa sebab yang menyebabkan diet seseorang gagal. Hal tersebut membuat proses menurunkan berat badan mungkin membuat frustasi.

1. Makan makanan sehat berlebihan 

Penting untuk makan makanan yang tidak hanya disukai tetapi juga padat nutrisi. Namun, beberapa ahli diet merekomendasikan untuk mengukur porsi supaya tidak berlebihan pada kalori.

"Makanan seperti kacang-kacangan, selai kacang, hummus, dan alpukat semuanya kaya nutrisi, makanan yang luar biasa untuk Anda, semuanya mengandung lemak sehat dan mengandung lebih banyak kalori daripada karbohidrat atau protein lainnya," ungkap penulis LD dari The Sports Nutrition Playbook, Amy Goodson, MS, RD, CSSD. 

2. Tidak makan cukup protein

"Protein sangat penting untuk menurunkan berat badan karena membantu meluruhkan lemak dan membangun otot, tapi sayangnya, banyak orang makan makanan yang kekurangan protein," kata penulis di Go Wellness, Courtney D'Angelo, MS, RD.

3. Memasak Menggunakan Terlalu Banyak Minyak

Kurangi asupan minyak dan asupan kalori berikutnya dengan mengukur seberapa banyak yang ingin digunakan, yang bisa memberikan perbedaan jika dilakukan secara konsisten, atau Anda bisa menggunakan semprotan minyak daripada menuangkan minyak dari botol. 

4 dari 4 halaman

Jangan Lewatkan Sarapan

Manfaat sarapan bagi tubuh sangatlah banyak. Sayangnya, karena berbagai macam alasan banyak orang yang sering melewatkan sarapan di pagi hari. Seperti alasan terlambat pergi ke kantor atau karena sedang menjalani program diet yang membuat seseorang mengurangi asupan makanan sehari-hari.

Mengutip Hot Liputan6.com, Jumat 9 Agustus 2022, banyak penelitian yang menunjukan hubungan antara sarapan dengan risiko obesitas yang lebih rendah. Uji coba terkontrol secara acak memberikan bukti yang lebih andal mengenai bagaimana sarapan membantu menjaga berat badan.

Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal Obesity, orang dewasa yang kelebihan berat badan kemudian diet dan makan lebih banyak kalori untuk sarapan daripada makan malam kehilangan lebih banyak berat badan daripada mereka yang makan malam lebih banyak. Manfaat sarapan yang berhubungan dengan diet adalah mengatur nafsu makan.

Mulailah hari dengan makanan yang kaya akan protein dan serat berkualitas tinggi, seperti yogurt, susu, telur, oatmeal, keju cottage, dan buah yang sangat mengenyangkan dan kaya akan nutrisi. Dengan mengonsumsi sarapan yang kaya akan nutrisi dan serat, seseorang akan merasa lebih puas dengan porsi yang lebih kecil daripada jika mengonsumsi makanan yang mungkin mengandung kalori dan nutrisi kosong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.