Sukses

Pesawat Bertema Pokemon Layani Penerbangan dari Singapura, Jadwalnya Hanya 2 Bulan Sekali

Penerbangan pesawat bertema Pokemon ke Singapura itu menandai layanan pertama Pokémon Air Adventures di kawasan ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - The Pokemon Company (TPC) yang berkantor pusat di Jepang mengumumkan peluncuran Pokémon Air Adventures di Singapura. Penerbangan ini merupakan proyek kolaborasi pertama antara maskapai Singapura, Scoot, dan perusahaan pemilik hak cipta pesawat Pikachu Jet TR itu yang berlaku eksklusif di kawasan Singapura.

Scoot juga menjadi maskapai di ASEAN pertama yang menawarkan pengalaman terbang bertema Pokemon. Dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Kamis, 1 September 2022, penerbangan itu diharapkan bisa membangkitkan industri penerbangan dan perjalanan internasional, serta menghubungkan para wisatawan melalui pengalaman penerbangan yang unik.

Pesawat Pikachu Jet TR mengawali fase pertama Pokémon Air Adventures dari TPC untuk mendorong wisatawan mancanegara berkunjung ke Singapura. Kedua pihak memperlihatkan desain Pikachu Jet TR dalam acara konferensi pers yang digelar di Changi Airport Singapura pada Selasa, 30 Agustus 2022.

Gambar Pokemon ditampilkan di bagian eksterior pesawat milik Scoot. Desainnya dirancang khusus untuk Singapura. Pikachu Jet TR menggunakan pesawat Boeing 787-9 Dreamliner yang berkapasitas 375 kursi. Penerbangan perdananya dijadwalkan pada 9 September 2022 dengan rute Singapura - Tokyo, Jepang.  

Penumpang bisa memesan tiket penerbangan ke Singapura, Tokyo, dan Seoul, dengan jadwal penerbangan dua bulan sekali dari Terminal 1 Bandara Changi. Harga tiket untuk satu kali perjalanan mulai dari 333 dolar Singapura (sekitar Rp3,5 juta) untuk tujuan Tokyo, sedangkan tiket untuk tujuan Seoul mulai dari 231 dolar Singapura (sekitar Rp2.5 juta). Semua sudah termasuk pajak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fasilitas dan Benefit

Harga tiket tersebut termasuk berbagai fasilitas penerbangan (inflight amenities) berdesain Pokemon, di antaranya merchandise original seperti tote bag, lanyard, bucket hat dan miniatur model pesawat edisi kolektor yang mengenakan livery khusus Pokemon. Pemesanan merchandise bisa dilakukan melalui website dan aplikasi mobile Scoot mulai 9 September 2022 atau dipesan langsung di pesawat saat penerbangan perdana.

Para penumpang juga akan disuguhkan pilihan makanan khas Jepang selama penerbangan. "Hal ini menambah semangat bagi industri perjalanan yang masih belum pulih dari dampak pandemi Covid, dan kami berharap ini juga turut membantu membangkitkan kembali semangat perjalanan dan petualangan," ujar Leslie Thing, CEO Scoot.

Setelah pesawat Pikachu Jet TR diluncurkan, agenda akan dilanjutkan dengan Pikachu Weekend yang akan digelar di Singapura pada 18--20 November 2022. Ajang tersebut akan menampilkan pertunjukan malam di Marina Bay, berdampingan dengan event Pokémon GO, Pokémon GO Safari Zone: Singapore, yang akan berlangsung di Gardens by the Bay.

Ajang Pokémon GO Safari Zone: Singapore merupakan event khusus dari Pokémon GO untuk ditawarkan ke seluruh Singapura. Pengguna dapat membeli tiket dan berpartisipasi di lokasi utama di Gardens by the Bay, tempat karakter Pokemon Maractus akan muncul di alam bebas.

3 dari 4 halaman

Membawa Pengalaman yang Menyenangkan

Di Pokémon GO nanti, pengunjung dijanjikan juga dapat menemukan Shiny Purrloin bagi yang beruntung. Tidak hanya itu, Pikachu berkaus ungu (Bunga), akan muncul di alam bebas mulai November 2022 selama setahun untuk merayakan acara ini. Para wisatawan yang berwisata ke Singapura dapat mencoba keberuntungan mereka dan mencari Pikachu edisi eksklusif ini.

"Kami senang bekerja sama dengan The Pokémon Company sehingga dapat membawa Pokémon yang terkenal ke Gardens by the Bay. Event Pokémon GO di Meadow pada November ini akan menambah rangkaian acara akhir tahun yang semarak di Gardens by the Bay, dan merupakan kesempatan lain bagi komunitas untuk berkumpul di lokasi ikonik ini untuk bersenang-senang dan menjalin ikatan satu sama lain," ujar Felix Loh, CEO Gardens by the Bay.

"Meski situasi pandemi masih belum dapat diprediksi, kami berharap event ini dapat menjadi katalis bagi orang-orang untuk memulai lagi perjalanan mereka setelah perbatasan dibuka kembali dan aktivitas kembali normal," ucap Susumu Fukunaga, Corporate The Pokémon Company. Sementara, Chang Chee Pey selaku Assistant Chief Executive, Marketing Group, Singapore Tourism Board. 

4 dari 4 halaman

Jadwal Penerbangan

 

Jadwal penerbangan Singapura – Tokyo (9 September 2022)

Rute: Singapura (SIN) – Tokyo (NRT)

No. Penerbangan: TR808

Berangkat: 01:10

Tiba: 08:55

 

Rute: Tokyo (NRT) –  Singapura (SIN)

No. Penerbangan: TR809

Berangkat: 10:00

Tiba: 16:30

 

Jadwal penerbangan Singapura – Tokyo (19 Oktober 2022)

Rute: Singapura (SIN) – Tokyo (NRT)

No. Penerbangan: TR808

Berangkat: 01:25

Tiba: 08:50

 

Rute: Tokyo (NRT) – Singapura (SIN)

No. Penerbangan: TR809

Berangkat: 09:50

Tiba: 15:35

 

Jadwal Penerbangan Singapura – Seoul (22 September, 6 Oktober 2022)

Rute: Singapura (SIN) – Incheon (ICN)

No. Penerbangan: TR842

Berangkat: 01:25

Tiba: 08:50

 

Rute: Incheon (ICN) – Singapura (SIN)

No. Penerbangan: TR843

Berangkat: 09:50

Tiba: 15:35

 

Semua jadwal berdasarkan waktu lokal setempat. Jadwal penerbangan dapat berubah karena alasan regulasi yang berlaku. Untuk jadwal penerbangan terbaru, silakan lihat di https://www.flyscoot.com/en/plan/before-you-fly/scoot-flight-schedule.

Saat ini, Scoot melayani penerbangan pulang-pergi dari Jakarta, Bali, Manado, dan Surabaya ke Singapura,. Penumpang bisa melanjutkan penerbangan ke Jepang, Seoul, dari 72 destinasi lain yang termasuk jaringan Scoot. Selain penerbangan harian antara Singapura, Tokyo, dan Seoul, Scoot juga mengoperasikan penerbangan antara Singapura dan berbagai tujuan di Asia, Australia, dan Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.