Sukses

Sering Diremehkan, 4 Kebiasaan Ini Bikin Tubuh Lebih Mudah Lelah saat Beraktivitas

Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor baik internal maupun eksternal.

Liputan6.com, Jakarta Tuntutan profesi jelas menjadi kewajiban yang perlu untuk ditunaikan setiap harinya. Untuk beraktivitas sehari-hari, baik kondisi fisik dan psikis haruslah prima agar semua kewajiban bisa terselesaikan tepat waktu.

Sayangnya, terdapat beberapa situasi yang bisa menghambat produktivitas seperti tubuh yang kurang fit. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor baik internal maupun eksternal.

Bahkan, beberapa kebiasan kecil yang sering diremehkan pun bisa menjadi salah satu pemicu tubuh jadi lebih mudah lelah saat beraktivitas sehari-hari. Apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makan Tak Teratur

Menunda makan dan hingga tak teraturnya waktu saat mengonsumsi makanan bisa menjadi sebuah bahaya. Bukan tanpa alasan, meremehkan pola makan bisa membuat stamina terkuras lantaran minimnya cadangan energi dalam tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga asupan nutrisi dengan cara mengonsumsi makanan kaya gizi di waktu yang tepat. Dengan cara ini, tubuh akan menjadi lebih bugar dan bisa melakukan regenerasi energi. Sebaliknya, gangguan pada kebugaran tubuh bisa terjadi jika kamu menunda makan.

3 dari 5 halaman

Kurang Mengonsumsi Air Putih

Dehidrasi merupakan salah satu gangguan tubuh yang membuat pengidapnya menjadi menyesal dalam melihat dampaknya. Kurangnya cairan pada tubuh bisa menjadi salah satu pemicu berbagai macam penyakit yang salah satu indikatornya adalah tubuh mudah lelah.

Idealnya, sediakan air minum di meja kerja sehingga tubuh bisa tetap terhidrasi. Bukan hanya menjaga kestabilan cairan, minum air juga menjadi salah satu metode tubuh dalam menstabilkan suhu badan.

4 dari 5 halaman

Olahraga Tak Teratur

Olahraga memang diperlukan bagi tubuh manusia, namun inkonsistensi dalam olah tubuh juga bisa membuat semua kebaikan yang dihasilkan dari workout menjadi sia-sia.

Perencanaan sesi olahraga yang teratur akan membuat tubuh semakin bugar dan tak mudah terserang penyakit. Sehingga, aktivitas dan pekerjaan harian pun bisa dilakukan tanpa mengalami rasa lelah yang berarti.

5 dari 5 halaman

Minim Istirahat

Sebagaimana fungsinya, istirahat merupakan metode tubuh dalam "charing" energi setelah beraktivitas. Namun sayangnya masih banyak orang yang menyepelekannya dan lebih sering begadang.

Pastikan kamu istirahat tepat waktu dan mendapatkan durasi tidur 7 hingga 8 jam. Kurang tidur setelah sebelumnya beraktivitas berat bisa menyebabkan kelelahan dan menurunnya kebugaran pada tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini