Sukses

Gangguan Pandangan Intai Mereka yang Terlalu Lama di Depan Layar Komputer, 4 Cara Ini Bantu Mengatasinya

Bagaimana sih cara mangatasi gangguan pandangan saat terlalu lama di depan layar komputer?

Liputan6.com, Jakarta Para insan kreatif baik profesional maupun konten kreator akan sulit melepaskan produktivitas di depan layar komputer. Padahal, beraktivitas di depan layar komputer dalam kurun waktu yang lama membuat kualitas pandangan jadi menurun dan berujung pada terjadinya gangguan kesehatan mata.

Jika sudah begini, penting untuk menyiasatinya agar aktivitas harian tak terganggu namun kesehatan mata juga tetap terjaga. Lantas, bagaimana sih caranya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Atur Pencahayaan Ruangan

Faktor non teknis akan membantu mengatasi gejala mata lelah dan gangguan kesehatan pandangan. Salah satunya adalah dengan mengatur pencahayaan.

Pastikan untuk bekerja di ruangan dengan pencahayaan yang pas, tak terlalu terang atau redup. Jika di dalam ruangan pada siang hari, penting untuk mengatur intensitas cahaya dari jendela.

Untuk mengoptimalkan pencegahan gangguan kesehatan mata, sesuaikan juga cat dinding ruangan dengan warna yang lebih soft atau matte. Sehingga mata tetap bisa bekerja normal.

3 dari 5 halaman

Atur Brightness pada Komputer

Bukan cuma pencahayaan ruangan, gelap dan terangnya layar komputer juga memegang peranan penting dakam menjaga kesehatan mata. Cara paling sederhana adalah dengan mengatur brightness yang pas dan nggak terlalu terang maupun gelap.

Jika kamu masih menggunakan komputer dengan layar cembung, segera ganti ke monitor LCD seperti layar laptop yang lebih aman pada mata. Tambahkan pula aksesori berupa anti-glare pada monitor untuk menghindarkan berbagai paparan negatif pada mata.

4 dari 5 halaman

Tambah Intensitas Berkedip

Senam mata menjadi elemen penting yang perlu dilakukan sehari-hari. Senam mata bisa dilakukan setiap 20 menit dengan cara berkedip 10 kali dengan menutup mata dalam gerakan lambat.

Selain itu, kamu juga perlu menambah intensitas berkedip saat bekerja di depan komputer. Berkedip membantu membasahi mata agar nggak kering dan bikin iritasi.

5 dari 5 halaman

Rutin Cek Kesehatan Mata

Satu hal yang tak boleh disepelekan, mengecek kesehatan mata ke dokter bisa membantu mencegah gangguan kesehatan pada mata. Penting sekali untuk mengecek kesehatan mata secara berkala dalam periode tertentu seperti tiga bulan sekali atau ketika terjadi gangguan pada pandangan.

Siapkan juga beberapa starterpack untuk menjaga kesehatan pandangan seperti menyiapkan obat tetes mata. Selain itu, bekali juga dengan nutrisi yang tepat serta mengonsumsi sayuran sumber vitamin A seperti wortel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.