Sukses

Lahirkan Hikmah di Balik Pandemi, Kudapan Manis dan Sedap dari Chae Sweet Goods Wajib Dicoba

Siapa sangka, hal iseng yang dilakukannya kemudian menjadi sebuah bisnis yang laris manis

Liputan6.com, Jakarta Selalu terdapat hikmah dari setiap momen, termasuk ketika periode serba sulit pada awal pandemi COVID-19. Situasi yang membatasi mobilitas dan memaksa semua orang untuk di rumah aja tak jarang dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal, mulai dari bikin Dalgona Coffee, update tren terbaru di TikTok, hingga baking untuk dinikmati keluarga.

Salah satu kegiatan inilah yang dilakukan oleh Annisa Devina. Wanita asal bekasi ini menghabiskan momen di rumah saja selama pandemi dengan membuat cake dan roti untuk mengisi waktu luang.

Siapa sangka, hal iseng yang dilakukannya ini kemudian berlanjut menjadi sebuah lini bisnis yang menjanjikan sekaligus memanjakan lidah para konsumen setianya. Seperti apa sih?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sering Update di Instagram Jadi Berbuah Manis

Seperti banyak orang lainnya di dunia, Annisa menghabiskan waktu di rumah saja selama pandemi dengan mengisi kekosongan melalui banyak hal. Sebagai lulusan studi pastry semasa kuliah, dirinya akhirnya membuat roti dan beberapa cake untuk mengisi waktu luang. Teman terdekat dan media sosial Instagram menjadi awal mula bisnis ini snowballing hingga saat ini.

"Awalnya aku iseng memulai bikin roti dan cake saat awal pandemi yaitu tahun 2020. Dari situ aku sering update di Instagram dan syukurlah banyak response positif, termasuk saran agar mulai dijual. Berawal dari dibeli oleh teman-teman dekat, akhirnya promosi saya lakukan melalui word of mouth dan testimoni pembeli dan berlanjut hingga sekarang," ujar perempuan yang mengambil studi pastry saat kuliah tersebut.

3 dari 5 halaman

Hadirkan Menu Manis dan Gurih yang Siap untuk Dipesan

Chae Sweet Goods mengahdirkan banyak menu yang bisa dipesan, seperti Froti Cokelat, Froti Beef, Bitter Ballen, Mac n Cheese dan masih banyak lagi.

"Untuk produk pre-order saat ini custom cake dan order. Sementara produk frozen food dan ready to eat ada setiap hari namun jumlahnya terbatas. Yang menjadi menu unggulan adalah Beef n Cheddar serta Garlic Cheese Bread," tambah Annisa.

Variasi menu yang dihadirkan Annisa memang sesuai dengan nama yang diusungnya. Chae Sweet Goods diambil dari namanya sendiri serta menginformasikan jika bisnis yang dirintisnya ini memiliki banyak aneka kudapan manis dan gurih.

"Nama Chae sendiri diambil nama panggilanku sendiri yaitu Icha, sementara penggunaan kata Sweet Goods dipilih lantaran aku menjajakan aneka kudapan manis dan gurih serta banyak variasinya," tambah perempuan yang akrab disapa Icha ini.

4 dari 5 halaman

Time Management Menjadi Kunci Suksesnya

Meski terkesan sederhana, nyatanya time management memegang peranan kunci dalam setiap momen termasuk kegiatan baking dari Annisa. Dirinya mengatakan jika mengatur waktu menjadi tantangan terberat terutama ketika dirinya juga memiliki pekerjaan utama.

"Tantangan terbesar terdapat pada waktu, karena pada awalnya aku sempat bekerja jadi agak sulit untuk mengatur waktu. Namun syukurlah sekarang bisa memiliki time management yang baik berkat dua orang teman yang sekarang bergabung di Chae Sweet Goods ini," jelas Annisa.

5 dari 5 halaman

Ingin Hadirkan Inovasi di Tiap Produknya

Seiring dengan semakin dikenalnya Chae Sweet Goods di masyarakat Jabodetabek, Annisa berharap jika lini bisnis miliknya tersebut bisa semakin berkembang dari waktu ke waktu.

"Ke depannya, aku berharap bisa memiliki bisnis yang stabil dan lancar, serta pastinya bisa lebih maju lagi. Rencana ke depan aku mau bikin menu baru serta beberapa improvisasi menu yang inovatif dan disukai pelanggan." tutur Annisa.

Buat kamu yang ingin memesan menu istimewa dari Chae Sweet Goods, bisa memesan menunya untuk dikirim ke luar kota.

"Untuk menu frozen food bisa tahan satu bulan di freezer. Biasanya aku memakai kurir instan atau same day untuk pengiriman di area Jabodetabek. Sementara di luar Jabodetabek bisa dikirim ke daerah yang dijangkau Paxel. Sejauh ini, Chae Sweet Goods sudah pernah mengirim ke Semarang, Bandung, Subang, dan Cimahi," tutup Annisa.

Harapan dan keinginan Annisa untuk terus memanjakan para konsumen setianya pun mendapat dukungan penuh dari ManisdanSedap.com. Platform yang satu ini merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang membantu para pencinta kuliner dalam melakukan pre order makanan favorit mereka.

Nggak hanya itu, ManisdanSedap.com juga membantu para seller dalam mengembangkan usaha mereka. Platform ini berperan sebagai ‘etalase' online yang membantu promosi usaha karena memajang produk yang dijual. Pemesanan pun dilakukan dengan mudah, cukup klik saja maka kamu akan terhubung langsung ke nomor WhatsApp seller. Pemesanan pun dilakukan di luar platform, jadi lebih praktis kan!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini