Sukses

Simak Cara Kerja Pelacak Penerbangan Flightradar24

Flightradar24 adalah pelacak penerbangan yang menunjukkan lalu lintas udara langsung dari seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Flightradar24 adalah pelacak penerbangan yang menunjukkan lalu lintas udara langsung dari seluruh dunia. Flightradar24 menggabungkan data dari beberapa sumber data termasuk ADS-B, MLAT dan data radar. Data ADS-B, MLAT, dan radar dikumpulkan bersama dengan jadwal dan data status penerbangan dari maskapai dan bandara untuk menciptakan pengalaman pelacakan penerbangan yang unik di www.flightradar24.com dan di aplikasi Flightradar24, dikutip dari Flightradar24.com.

 ADS-B

Teknologi utama yang digunakan Flightradar24 untuk menerima informasi penerbangan disebut automatic dependent surveillance-broadcast (ADS-B). Berikut informasi mengenai ADS-B.

1. Pesawat mendapatkan lokasinya dari sumber navigasi GPS (satelit)

2. Transponder ADS-B pada pesawat mentransmisikan sinyal yang berisi lokasi (dan banyak lagi)

3. Sinyal ADS-B diambil oleh penerima yang terhubung ke Flightradar24

4. Penerima memasukkan data ke Flightradar24

5. Data ditampilkan di www.flightradar24.com dan di aplikasi Flightradar24

ADS-B adalah teknologi yang relatif baru dalam pengembangan, yang berarti saat ini jarang digunakan oleh Air Traffic Control (ATC). Perkiraannya menunjukkan bahwa sekitar 70% dari semua pesawat penumpang komersial (80% di Eropa, 60% di Amerika Serikat (AS)) dilengkapi dengan transponder ADS-B.

Untuk penerbangan umum, angka ini mungkin di bawah 20%. Persentase pesawat yang dilengkapi dengan penerima ADS-B terus meningkat, karena akan menjadi wajib bagi sebagian besar pesawat di seluruh dunia pada 2020. Ketika wajib, ADS-B akan menggantikan radar utama sebagai metode pengawasan utama yang digunakan oleh ATC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jaringan Flightradar24

Flightradar24 memiliki jaringan lebih dari 20.000 penerima ADS-B di seluruh dunia yang menerima informasi penerbangan dari pesawat dengan transponder ADS-B dan mengirimkan informasi ini ke server. Karena frekuensi tinggi yang digunakan (1090 MHz), jangkauan dari setiap penerima dibatasi sekitar 250-450 km (150-250 mil) ke segala arah tergantung lokasi. Semakin jauh dari penerima pesawat terbang, semakin tinggi ia harus terbang untuk ditutupi oleh penerima. Batas jarak membuat sangat sulit untuk mendapatkan cakupan ADS-B di atas lautan.

Pada ketinggian jelajah (di atas 30.000 kaki) Flightradar24 mencakup 100% wilayah Eropa dan Amerika Serikat. Ada juga cakupan ADS-B yang baik di Kanada, Meksiko, Karibia, Venezuela, Kolombia, Ekuador, Peru, Brasil, Afrika Selatan, Rusia, Timur Tengah, Pakistan, India, Cina, Taiwan, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Australia dan Selandia Baru. Di bagian lain dunia, cakupan ADS-B bervariasi. Flightradar24 terus menambahkan cakupan di seluruh dunia melalui penerima FR24.

 

MLAT

Di beberapa wilayah dengan cakupan dari beberapa penerima FR24, Flightradar24 juga menghitung posisi pesawat yang tidak dilengkapi ADS-B dengan bantuan Multilateration (MLAT), dengan menggunakan metode yang dikenal sebagai Time Difference of Arrival (TDOA). Dengan mengukur waktu yang diperlukan untuk menerima sinyal dari pesawat dengan transponder ModeS yang lebih tua, posisi pesawat ini dapat dihitung. Empat penerima FR24 atau lebih, yang menerima sinyal dari pesawat yang sama, diperlukan untuk membuat MLAT bekerja. Cakupan MLAT hanya dapat dicapai di atas sekitar 3.000-10.000 kaki karena kemungkinan bahwa empat atau lebih penerima dapat menerima sinyal transponder meningkat seiring dengan meningkatnya ketinggian.

Sebagian besar Eropa dan Amerika Utara saat ini ditutupi dengan MLAT di atas sekitar 3.000-10.000 kaki. Ada juga beberapa cakupan MLAT di Meksiko, Brasil, Afrika Selatan, India, Cina, Jepang, Taiwan, Thailand, Malaysia, Indonesia, Australia, dan Selandia Baru. Lebih banyak area akan mendapatkan cakupan MLAT karena Flightradar24 terus menambahkan receiver baru ke jaringan.

Beberapa model pesawat umum yang biasanya memiliki transponder ADS-B dan terlihat di Flightradar24 yaitu model All Airbus (A300, A310, A318, A319, A320, A321, A330, A340, A350, A380), Antonov An-148 dan An-158, ATR 72-600, dan masih banyak lagi.

Kemudian, beberapa model pesawat umum yang biasanya tidak memiliki transponder ADS-B dan tidak terlihat di Flightradar24 (dalam jangkauan ADS-B) yaitu Antonov AN-124 DAN An-225, ATR 42, 72 (kecuali sebagian besar pengiriman baru ATR 72-600), Boeing 707, 717, 727, 737-200, 747-100, 747-200, 747SP, sebagian besar jet bisnis, dan lain-lain.

3 dari 4 halaman

Satelit

Pelacakan penerbangan berbasis satelit adalah langkah terbaru dalam upaya Flightradar24 untuk cakupan ADS-B global. Satelit yang dilengkapi dengan penerima ADS-B mengumpulkan data dari pesawat di luar area jangkauan jaringan ADS-B terestrial dan mengirimkan data tersebut ke jaringan Flightradar24.

Data ADS-B berbasis satelit yang tersedia di Flightradar24 berasal dari beberapa penyedia. Karena jumlah satelit yang memasok data dan lokasinya dinamis, cakupan satelit bervariasi. Umumnya, ADS-B berbasis satelit meningkatkan cakupan penerbangan di atas lautan di mana penerimaan berbasis darat tidak memungkinkan. Hanya pesawat yang dilengkapi dengan transponder ADS-B yang dapat dilacak melalui satelit.

 

Data Radar Amerika Utara

Selain ADS-B dan MLAT, Flightradar24 juga menerima data langsung tambahan untuk penerbangan di Amerika Utara. Data ini didasarkan pada data radar (bukan hanya pesawat yang dilengkapi dengan transponder ADS-B) dan mencakup sebagian besar lalu lintas udara komersial dan terjadwal di wilayah udara AS dan Kanada, serta sebagian Samudra Atlantik dan Pasifik.

 

Open Glider Network

Data pelacakan untuk glider dan pesawat ringan lainnya berasal dari Open Glider Network (OGN). Ini adalah proyek yang bertujuan untuk menyediakan platform pelacakan terpadu untuk glider, drone, dan pesawat kecil lainnya. Saat ini fokus pada pelacakan pesawat yang dilengkapi dengan pelacak FLRM dan OGN, tetapi juga menerima sumber data lain seperti SPOT, FANET, PilotAware, dan lain-lain.

 

Perkiraan Posisi Pesawat

Saat pesawat terbang di luar jangkauan, Flightradar24 terus memperkirakan posisi pesawat hingga 2 jam jika tujuan penerbangan diketahui. Untuk pesawat tanpa tujuan yang diketahui, posisi diperkirakan hingga 10 menit.

Posisi dihitung berdasarkan banyak parameter yang berbeda dan dalam banyak kasus cukup akurat, tetapi untuk penerbangan panjang, posisi dalam kasus terburuk dapat mencapai jarak sekitar 100 km (55 mil). Dalam pengaturan ada opsi untuk mengatur berapa lama Anda ingin melihat perkiraan pesawat di peta.

4 dari 4 halaman

Pesawat Terlihat di Flightradar24

Di wilayah dengan cakupan MLAT, radar, atau Flarm, sebagian besar lalu lintas udara dilacak dan terlihat, terlepas dari jenis pesawat. Itu termasuk pesawat baling-baling, helikopter, dan pesawat layang. Namun, seperti disebutkan di atas, cakupan MLAT terbatas pada beberapa area dengan banyak penerima FR24 dan biasanya hanya dapat dicapai pada ketinggian di atas sekitar 3.000-10.000 kaki, yang berarti bahwa penerbangan umum di ketinggian yang lebih rendah mungkin terbang di bawah cakupan MLAT.

Data radar Amerika Utara dalam banyak kasus tidak termasuk penerbangan-penerbangan umum tanpa rencana penerbangan. Data radar sering kali kehilangan informasi registrasi pesawat dan pesawat yang dilacak dengan MLAT dalam banyak kasus kehilangan informasi callsign.

 

Blocking (Pemblokiran)

Informasi tentang sejumlah kecil penerbangan mungkin dibatasi atau diblokir berdasarkan permintaan dari pemilik atau operator melalui layanan pihak ketiga, seperti FAA LADD. Beberapa pesawat profil tinggi, seperti Air Force One tidak ditampilkan. Sebagian besar pesawat lain yang tunduk pada pembatasan ditampilkan sebagai anonim menurut jenis pesawat.

 

Coverage Map

Di area di mana Flightradar24 biasanya memiliki jangkauan, semua bandara utama ditandai dengan penanda bandara biru. Flightradar24 mengandalkan sukarelawan di seluruh dunia untuk sebagian besar cakupannya.

Harap dicatat bahwa cakupan dan visibilitas pesawat bergantung pada banyak parameter termasuk jenis pesawat, jenis transponder pesawat, ketinggian dan medan pesawat, sehingga cakupan dapat berbeda untuk pesawat yang berbeda, bahkan di lokasi yang sama. Jika pesawat yang Anda cari tidak terlihat di Flightradar24, pesawat itu tidak memiliki transponder yang kompatibel atau berada di luar jangkauan Flightradar24.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.