Sukses

Pesan Makanan Daring Makin Canggih dengan Fitur Rekomendasi Kuliner

GoFood juga menghadirkan fitur koleksi yang berfungsi mirip seperti playlist musik tetapi versi kuliner.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan layanan pesan antar makanan daring kini menjadi bagian gaya hidup sehari-hari. Untuk meningkatkan pengalaman kuliner pelanggannya, GoFood meluncurkan inovasi teknologi rekomendasi berbasis pencarian melalui tagar RekomendAsik +62. 

Teknologi terbaru itu diklaim akan semakin memudahkan pelanggan mendapatkan beragam menu lezat yang mungkin belum pernah dicoba sebelumnya. "Inovasi teknologi terbaru dari GoFood ini membuat pelanggan selalu mendapatkan rekomendasi kuliner terbaik," kata Global Head of Marketing GoFood, Ichmeralda Rachman saat konferensi pers secara daring pada Kamis, 18 Agustus 2022.

Ia menjelaskan inovasi teknologi itu memanfaatkan pendekatan hiperlokal dan personalisasi data yang berfokus pada kategori menu makanan. Pelanggan akan mendapatkan rekomendasi berdasarkan algoritma dan lokasi untuk mencicipi kuliner favoritnya.

Pecinta kuliner juga dapat memanfaatkan fitur search untuk mendapatkan rekomendasi sesuai preferensinya dengan hanya memasukkan kata kunci makanan. "Ini merupakan bukti pemahaman mendalam GoFood akan kebutuhan kuliner pelanggan. Di sisi lain, teknologi ini dapat mendukung mitra usaha GoFood, termasuk para UMKM kuliner, untuk memperoleh visibilitas yang lebih besar," ia menambahkan.

Pelanggan bisa langsung melihat menu lokal populer dari berbagai kota di Indonesia. Dalam kurasi RekomendAsik 17-an tersedia pilihan menu paling laris, paling sering dicari, dan menu yang paling direkomendasikan di tiap daerah. Imelda menyebut hal itu sebagai wujud apresiasi dan kebanggaan terhadap makanan lokal serta agar pelanggan semakin mencintai kuliner Nusantara.

"Caranya mudah, misalnya, ketika pelanggan klik widget ‘Surabaya’ di kurasi RekomendAsik 17-an, akan muncul ragam resto dengan menu khas Surabaya, seperti rawon dan rujak cingur yang bisa dibeli dari resto terdekat," ujarnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beragam Asal-usul

Sementara, pengamat dan penulis Kuliner, Kevindra Soemantri mengatakan dengan keragaman suku budaya dan kekayaan alam melimpah, kuliner daerah Indonesia tak heran menjadi sangat bervariasi. Keragamannya unik dan tidak dimiliki oleh negara lain, seperti Rawon dari Surabaya, Pisang Ijo dari Makassar, dan Batagor dari Bandung, dan lainnya.

Dari segi geografis, Indonesia menurutnya juga beruntung karena dianugerahi tanah subur dengan topografi beragam yang cocok untuk ditanami beragam bahan pangan. "Tapi balik lagi bahan baku tidak ada apa-apanya kalau tidak ada kreativitas masyararakatnya," kata Kevin.

Pengaruh cita rasa kuliner masyarakat juga datang dari segi sosial, seperti budaya kumpul kumpul dengan bersantap makanan, serta mengirimkan makanan untuk jalin silaturahmi yang kian jadi tren di saat pandemi. Dekat dengan kehidupan sehari-hari, minuman dan camilan merupakan dua jenis kuliner yang saat ini diminati masyarakat.

"Seperti kopi susu, minunan berbahan es teh, jajanan populer siomay, tempe mendoan, dan variasi jajanan masa kecil," katanya lagi.

  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Buat Kompetisi

Fitur lain yang turut dihadirkan adalah Koleksi, yakni semacam playlist musik, tetapi versi kuliner. Lewat fitur tersebut, konsumen bisa berkreasi membuat daftar menu favorit dan membagikannya kepada teman dan keluarga.

"Kami melihat bagaimana pelanggan suka berbagi cerita apabila menemukan menu-menu lezat. Fitur ini akan semakin memudahkan mereka karena dapat dibagikan langsung dari aplikasi Gojek ke media sosial maupun aplikasi pesan instan," kata Ichmeralda.

Selain itu, GoFood juga menghadirkan dua tantangan dengan berkolaborasi bersama sejumlah brand lokal. Ada misi bertajuk Merah Putih yang harus diselesaikan selama periode 15--28 Agustus 2022. Pemenang misi akan mendapatkan merchandise eksklusif dari beberapa brand, seperti NIION, Billionaire's Project, dan HMNS.

Tantangan kedua adalah kompetisi RekomendAsik yang bisa diikuti dengan membagikan daftar kuliner favorit kepada siapa pun. Bila daftar dilihat atau dipesan pelanggan lain, konsumen akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan beberapa hadiah. Periode tantangan itu berlangsung mulai 15--30 Agustus 2022.

4 dari 4 halaman

Pesan Makanan tanpa Pindah Aplikasi

Belum lama ini, GoTo mengumumkan kehadiran layanan pesan antar makanan secara digital milik mereka, GoFood, ke platform e-commerce-nya, yaitu Tokopedia, setelah sebelumnya dapat diakses melalui aplikasi Gojek. Kehadiran GoFood ke Tokopedia, membuat pengguna e-commerce ini bisa menikmati beragam menu kuliner dari para merchant di GoFood jadi lebih mudah.

Mengutip kanal Tekno Liputan6.com, layanan ini akan memberikan peluang yang lebih besar bagi merchant GoFood untuk meningkatkan jumlah transaksi mereka sejalan dengan semakin luasnya akses ke konsumen. Catherine Hindra Sutjahyo, Direktur sekaligus Head of Food and Indonesia Sales & Ops GoTo mengatakan, inovasi ini merupakan langkah awal dari salah satu strategi sinergi di ekosistem GoTo.

Di tahap awal peluncuran, layanan GoFood di Tokopedia akan tersedia terlebih dulu di pelanggan marketplace ini di wilayah Jabodetabek. "Pengembangan layanan GoFood di Tokopedia ini menjadi tahap pertama dalam menghadirkan pengalaman lebih menyenangkan bagi konsumen dalam menjelajah ragam kuliner GoFood melalui Tokopedia," kata Hindra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.