Sukses

5 Busana Adat yang Dipakai Jokowi di Perayaan HUT Kemerdekaan RI, dari Aceh sampai Bali

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahunnya di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat berbeda. Publik pun penasaran tahun ini pada perayaan HUT ke-77 RI, baju daerah mana yang akan dipakainya?

Tentu setiap 17 Agustus merupakan momen yang spesial bagi rakyat Indonesia. Tak heran setiap tahun seluruh pelosok negeri mengadakan upacara proklamasi sebagai tanda untuk mengingat perjuangan para pahlawan. Selama dua tahun pandemi berlangsung, pihak Istana Negara tidak menggelar upacara dan perayaan secara terbuka, namun tahun ini pada saat HUT RI ke-77 perayaan akan diadakan kembali.

Dalam unggahan terbarunya di Instagram @jokowi, Senin (15/8/2022), pria asal Surakarta ini pun mengunggah sebuah ilustrasi tentang pakaian adat yang pernah dikenakannya dan mengajak publik menebak pakaian adat selanjutnya.

“Selamat pagi. Puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tinggal dua hari lagi. Seperti tahun-tahun yang lalu, saya dan Ibu Negara akan datang ke upacara dengan busana adat daerah. Pilihannya sungguh banyak, sebanyak jumlah suku di Nusantara,” tulis Jokowi di keterangan video.

Dalam video singkat tersebut, diketahui pada perayaan HUT RI 2019 Jokowi memakai baju adat Bali. Sementara pada 2020, Jokowi mengenakan baju adat dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Kemudian pada tahun lalu, Jokowi memakai baju adat Lampung. Tetapi baju adat untuk 2022 yang akan dikenakan Jokowi masih dikosongkan.

Tentu saja unggahan Jokowi langsung mendapat respons warganet. Mereka ada yang menebak pakaian atau baju adat Aceh, Jawa, Dayak, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua.

"Baju Dayak aja khas Kalimantan aja pak," tulis akun @ellencfj. "Baju adat jambi dong pak," kata akun @avizkarn_.

"Baju adat SULAWESI TENGGARA kelihatannya Bagus..," komentar pemilik akun @cak_h4rris.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Aceh

Presiden Jokowi sempat mengenakan pakaian adat Aceh pada perayaan HUT RI ke-73 pada 17 Agustus 2018. Didominasi warna hitam dan memakai penutup kepala berwarna merah. Jokowi tampak seperti pengantin pria yang sering disebut oleh warga Aceh dengan sebutan Linto Baro.

Decak kagum tersirat di hati para rakyat Indonesia terutama rakyat Aceh yang merasa bangga baju adat provinsi Aceh menjadi pilihan presiden dalam momen sakral upacara Hari Kemerdekaan Ke-73 yang disaksikan ratusan juta rakyat Indonesia.

Tak hanya Presiden Jokowi saja, saat itu Ibu Negara, Iriana Jokowi pun memakai baju adat yang berbeda yaitu dari Minangkabau. Mengutip dari Instagram Kementerian Sekretariat Negara, tampak Iriana mengabadikan momen melalui gawainya untuk berswafoto bersama Presiden Joko Widodo yang memakai baju adat berbeda di balik pintu ruangan.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 6 halaman

2. Kalimantan Selatan

Presiden Jokowi mulai memakai pakaian adat sejak HUT Kemerdekaan ke-72 RI pada 17 Agustus 2017. Ketika itu, Jokowi mengatakan bahwa pemakaian baju adat dilakukan untuk mengenalkan Indonesia dengan kekayaan budaya dari beragam suku bangsa.

Di momen pertama itu Jokowi memakai pakaian adat Tanah Bumbu, Batulicin, Kalimantan Selatan. Sedangkan Iriana mengenakan baju adat Minangkabau. Sementara Jusuf Kalla yang waktu itu menjabat Wakil Presiden mengenakan baju adat Bugis. 

Bukan hanya Jokowi, para menteri, pejabat negara, dan beberapa anggota pasukan pengamanan presiden (Paspampres) juga mengenakan pakaian tradisional yang berbeda-beda. Saat itu, Jokowi bahkan memberikan hadiah berupa sepeda kepada lima tamu undangan dengan pakaian adat terbaik.

Mereka yang  menjadi terbaik antara lain, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (baju adat Nias), Ketua DPD RI 2014-2019 Oesman Sapta Odang (baju adat Minangkabau), Syarif M. Fitriansyah (baju adat Dayak), Ibu Tri Karnavian (baju adat Papua), dan Agathi Suli Mahyudin (baju adat Dayak).

4 dari 6 halaman

3. Lampung

Di Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI pada 2021, Jokowi memilih memakai baju adat dari Provinsi Lampung. Pakaian adat yang dikenakan Jokowi terdiri dari baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan bersama celana panjang berwarna putih juga.

Bagian luarnya dibalut sarung tumpal yaitu kain sarung khas Lampung yang dipakai Jokowi menutup celana dari pinggang hingga lutut. Penampilan Jokowi dilengkapi dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang semuanya berwarna senada merah.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana tampak anggun mengenakan busana nasional berwarna gading dilengkapi kain songket. Penampilan sederhana Iriana dilengkapi dengan jilbab berwarna senada.  

Gaya Presiden Jokowi dengan baju adat cukup unik di berbagai situasi, tak hanya saat pidato kenegaraan untuk perayaan HUT RI. Saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan, Jokowi bahkan sempat memakai pakaian suku Baduy, lengkap dengan aksesori tasnya.

5 dari 6 halaman

4. NTT

Pada 17 Agustus 2020, Jokowi sempat menggunakan baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Mengutip dari laman Sekretariat Presiden, kain baju adat yang dikenakan Jokowi memiliki motif Kaif berantai nunkòlo. Motif tersebut telah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat yakni motif geometris dengan batang tengah yang berarti sumber air.

Jokowi juga mengenakan dester berupa ikat kepala berbentuk dua tanduk kecil yang artinya fungsi Raja yang melindungi. Ikat di kepala berfungsi sebagai penutup kepala sebagai pelindung yang menjadi tanda kebesaran Raja merupakan Mahkotanya.

Organamen khas NTT juga turut melengkapi tampilan Jokowi. Seperti Tas sirih pinang dan kapur melambangkan budaya makan sirih pinang dari masyarakat nunkolo. Tas sirih pinang juga menandakan budaya pemersatu atau persatuan dan juga melambangkan tanda kasih dan hormat.

6 dari 6 halaman

5. Bali

Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung dari Bali saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT ke-75 RI di Istana Merdeka Jakarta, 17 Agustus 2019. Dia menggunakan baju adat Klungkung lengkap dengan kain batik sebagi bawahan dan penutup kepala. 

Dari foto yang sempat diunggah Presiden Jokowi di Instagram, tampak sang cucu Jan Ethes tampak mengenakan hiasan kepala warna ungu serta beskap kuning mini yang menyesuaikan tubuh bocah berusia tiga tahun tersebut. Ethes juga mengenakan sarung kuning dengan variasi kain ungu sebagai pelapis dan sepatu bintang-bintang emas.

Bukan hanya dirinya saja, Jokowi kompak mengenakan busana Bali dengan putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka dan sang cucu Jan Ethes Srinarendra. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga sering memakai baju adat Bali di berbagai acara kenegaraan dan kunjungan bilateral.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS