Sukses

Bak Mandi Termahal di Dunia Dipamerkan di Dubai, Bahan Utamanya dari Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bak mandi menjadi viral di media sosial. Bak mandi untuk berendam itu tersebut dibuat dari bahan utama yang sama sekali tidak terduga.

Dalam video yang dibagikan akun Instagram @lagi.viral itu, terlihat seorang wanita membagikan momennya ketika liburan di luar negeri, tepatnya di Dubai. "Bathtub atau bak mandi seharga Rp15 miliar," tulis akun tersebut pada 18 Juli 2022.

Pada video tersebut, seorang wanita tengah mendatangi tempat seperti museum dan melihat sebuah barang yang menarik. Bukan lukisan atau patung, wanita ini menunjukkan bak mandi dipajang dan menjadi perhatian.

Berdasarkan apa yang ia ceritakan, bak mandi itu dipamerkan di Dubai. Sebelum berada di sana, bak mandi itu dibawa ke London dan akhirnya dibeli pihak Dubai dengan harga mahal. 

Menariknya, bahan utama dari bak ini bukanlah akrilik, melainkan petrified wood. Istilah tersebut merupakan nama lain dari fosil kayu hutan atau bisa disebut dengan fosil kayu yang membatu.

Pada masa dahulu, bak mandi ini ternyata dipakai oleh para sultan untuk membersihkan diri. Menariknya lagi, bahan fosil kayu hutan disebut berasal dari Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Berat dan Langka

Wanita itu mengungkapkan bahwa kayu fosil biasanya di Indonesia tidak terlalu diminati dan tak dianggap harganya. Namun di luar negeri, kayu tersebut bisa diolah menjadi barang yang bernilai miliaran rupiah.

Melansir laman geology.com, petrified wood adalah kayu fosil yang terbentuk ketika material pohon terkubur sedimen dan terlindung dari kerusakan akibat oksigen atau organisme. Kemudian, air tanah mengalir melalui sedimen menggantikan material asli pohon dengan bahan-bahan seperti silika, kalsit, pirit, dan material anorganik lain seperti opal.

Dalam kurun waktu yang sangat lama, kayu itu akan berubah menjadi fosil dengan detail berupa kulit, kayu, dan struktur seluler dari bahan aslinya. Banyak orang yang tak sadar saat menemukan fosil kayu ini dan baru menyadarinya ketika sukar diangkat karena bobotnya yang sangat berat.  Tentu saja benda yang diawetkan secara alami ini sangat langka.

3 dari 4 halaman

Jarang Mandi

Masyarakat mungkin bisa menemukan model yang hampir sama dengan memperlihatkan detail kulit kayu dan strukturnya. Terbuat dari fosil kayu, bak mandi ini memiliki harga sekitar 3,6 juta Dirham atau sekitar Rp14,5 miliar sehingga bisa dibilang nyaris Rp15 miliar.

Banyak warganet yang memberikan komentar setelah bak mandi super mahal. Ada warganet yang membandingkan dengan bak mandi biasa di rumah.

"Yang bak mandinya pakai ember cat, angkat tangan!" komentar seorang warganet sambil menyertakan emoji tertawa. "Mubazir untuk yang jarang mandi atau mandinya pakai gayung," komentar warganet lainnya.

Barang mewah termasuk bak mandi mahal juga dimiliki Syahrini. Penyanyi yang dijukuki Princess Syahrini ini kerap membuat para penggemarnya menyorotkan mata kepadanya. Beberapa hal terkait dengan tingkahnya maupun gaya hidup mewahnya, terutama setelah ia menikah dengan Reino Barack.

Kemewahan pun tak pernah lepas dari keseharian Syahrini, mulai dari koleksi tas, perhiasan, hingga pakaian-pakaian yang berasal dari merek ternama dengan desain unik dan menarik.

4 dari 4 halaman

Dipesan dari Jepang

Selain itu, ia membeli bak mandi mewah yang sudah lama dipesannya dari Tokyo, Jepang. Dilansir dari kanal Showbiz Liputan6.com, Syahrini memamerkan bak mandi mewah ini melalui Instagram Stories. Dari situ, diketahui juga bahwa Syahrini dan Reino Barack masih berada di kampung halaman Reino, di Tokyo, sejak pergantian tahun.

Begitu bak mandi sampai, Syahrini langsung memamerkan sembari mengucapkan syukur kepada Sang Khalik. "Ini dia yang ditunggu. Finally, alhamdulillah," tulis Syahrini bersama unggahan foto bak mandi barunya di Instagram Stories.

Pada unggahan lainnya, Syahrini memperlihatkan sisi manisnya dengan Reino Barack. Mereka memasang logo berupa inisial nama Syahrini dan Reino Barack di bak mandi barunya."With our logo 'SYRB'," tulis Syahrini.

Syahrini menyampaikan bahwa bak mandi barunya ini dipesan secara khusus. Ia dan Reino membutuhkan waktu hingga satu tahun sampai akhirnya selesai. "Setelah menunggu 1 tahun akhirnyaaa yay," ungkap Syahrini dengan nada gembira.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS