Sukses

Jalan-Jalan ke Malaysia Bisa Naik Damri, Simak Detailnya

Damri kembali membuka layanan dengan rute Pontianak-Kuching mulai 15 Juli 2022 lalu. Berapa biayanya?

Liputan6.com, Jakarta - Bepergian rute Pontianak-Kuching kini bisa menggunakan layanan Damri. Rute yang dibuka kembali pada 15 Juli 2022 ini dapat menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin jalan-jalan ke Malaysia melalui jalur darat.

Kabar ini disampaikan melalui akun Instagram resmi Damri pada Jumat, 15 Juli 2022. Dalam unggahan tersebut dijelaskan rute Pontianak-Kuching terdapat dua kelas layanan, yakni Executive dan Royal.

Tiket kelas Executive dibanderol dengan harga Rp250 ribu atau 70 ringgit Malaysia. Sedangkan, kursi kelas Royal dijual seharga Rp280 ribu atau 80 ringgit Malaysia.

Jadwal keberangkatan dari Pontianak, yakni pukul 07.00 WIB dan 21.30 WIB. Untuk jadwal berangkat dari Kuching (waktu setempat), yaitu pukul 08.00 dan 11.00. Kedua kelas memiliki jadwal yang sama.

Berdasarkan tanggapan pihak Damri dari pertanyaan salah seorang warganet, titik keberangkatan Pontianak, yakni dari Terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN). Jadwal keberangkatan dalam satu minggu hanya tiga kali, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat.

Corporate Secretary Damri, Akhmad Zulfikri menjelaskan Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) melayani pelanggan untuk mobilisasi hingga batas negara. Angkutan ini beroperasi untuk melayani pelanggan yang ingin menginjakkan kakinya ke wilayah Kuching, Malaysia dan Bandar Seri Begawan (Brunei).

"Dengan adanya Angkutan Lintas Batas Negara akan meningkatkan kolaborasi yang baik antar-dua negara. Selain itu juga dapat memudahkan aksesibilitas pelanggan Damri menuju luar negeri," kata Akhmad Zulfikri, dikutip dari Antara, Rabu, 20 Juli 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syarat Operasional

Keberangkatan dengan dua tipe bus yang akan beroperasi, yakni Bus Executive Class dengan kapasitas 34 penumpang dan Bus Super Executive Class berkapasitas 23 penumpang.

"Pelanggan Damri dapat menunggu di terminal ALBN Sei Ambawang maupun di Kantor Pemasaran Damri di Jalan Pahlawan, Pontianak," ungkap Akhmad Zulfikri

Syarat operasional untuk para pelanggan:

- Pelanggan telah vaksinasi dosis kedua dan booster serta scan barcode pada aplikasi Pedulilindungi. Sedangkan bagi pelanggan dengan usia di bawah 12 tahun atau memiliki kesehatan khusus dapat melampirkan Surat Keterangan Dokter Spesialis

- Pelanggan wajib mengunduh aplikasi MySejahtera (aplikasi milik Malaysia) saat membeli tiket perjalanan tujuan Pontianak maupun Kuching

- Memiliki identitas KTP dan Paspor dalam keadaan aktif lebih dari enam bulan atau sebelum habis atau non aktif saat waktu keberangkatan atau kepulangan

- Pelanggan wajib mengikuti peraturan keimigrasian Indonesia dan Malaysia serta peraturan pemeriksaan barang bawaan oleh Pihak Beacukai Indonesia dan Kastam Diraja Malaysia.

3 dari 4 halaman

Jalan-Jalan ke Danau Toba

Jalan-jalan Danau Toba kini sudah bisa menggunakan Damri. Dikutip dari keterangan resmi di laman Damri, Senin, 24 Januari 2022 pengembangan transportasi darat terus dilakukan Damri bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan guna memperkuat peningkatan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

KSPN adalah kawasan yang digaungkan sebagai destinasi wisata unggulan atau "Bali Baru." Strategi ini berfungsi mengembangkan pariwisata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dengan Danau Toba ditetapkan sebagai salah satu wisata dalam rencana tersebut.

Sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir berada di tengah danau ini. Panorama alam dan keindahannya pun jadi daya pikat tersendiri.

Layanan Angkutan

1. Pelabuhan Ajibata - Pematang Siantar dengan tarif Rp15 ribu. Untuk pemesanan tiket dapat menghubungi 0813 5268 5356

2. Pelabuhan Ajibata - Bandara Silangit, dengan tarif Rp15 ribu. Untuk pemesanan tiket dapat menghubungi 0812 6047 4871

3. Tarutung - Bandara Silangit dengan tarif Rp10 ribu. Untuk pemesanan tiket dapat menghubungi 0852 7549 9087

4. Keliling area Simosir, tarif sebesar Rp20 ribu. Untuk pemesanan tiket dapat menghubungi 085358813887. Jadwal keberangkatan mulai pukul 05.00 hingga 20.00.

 

4 dari 4 halaman

Rute Jakarta-Banyuwangi

Damri juga menyediakan layanan rute Jakarta-Banyuwangi. Perjalanan ini akan menempuh jalur via Cirebon, Semarang, Probolinggo, dan Jember.

Berdasarkan keterangan yang dibagikan di akun Instagram resmi Damri Indonesia, perjalanan rute Jakarta-Banyuwangi ini diluncurkan pada Jumat, 24 Desember 2021. Perjalanan perdana ini berangkat dari Pool Damri Kemayoran pukul 14.00 WIB.

Tarif layanan Damri rute Jakarta-Banyuwangi untuk kelas Eksekutif dibanderol Rp380 ribu dan Rp445 ribu bagi kelas Royal. Sementara untuk tujuan Lumajang atau Probolinggo (Terminal Bayuangga) dihargai Rp325 ribu (Eksekutif) dan Rp375 ribu (Royal).

Rute Jakarta ke Jember (Terminal Tawang Alun) untuk Eksekutif seharga Rp350 ribu dan Royal Rp400 ribu. Damri rute Cirebon berangkat dari Terminal Harjamukti pukul 17.30 WIB dengan tujuan Lumajang atau Probolinggo (Terminal Bayuangga) Rp285 ribu (Eksekutif) dan Rp337.500 (Royal).

Dari Cirebon ke Jember (Terminal Tawang Alun) untuk Eksekutif seharga Rp325 ribu dan Royal Rp4375 ribu. Juga, tujuan Banyuwangi (Terminal Brawijaya) seharga Rp350 ribu untuk Eksekutif dan Rp400 ribu Royal.

Dibuka pula perjalanan dari Semarang atau Solo, tepatnya dari Pool Damri Semarang pukul 19.30 WIB dan dari Pool Damri Solo 21.00 WIB. Perjalanan dari kedua wilayah ini dengan tujuan Lumajang atau Probolinggo (Terminal Bayuangga) dibanderol Rp200 ribu (Eksekutif) dan Rp250 ribu (Royal).

Perjalanan dari Semarang atau Solo menuju Jember (Terminal Tawang Alun) untuk Eksekutif seharga Rp240 ribu dan Royal Rp300 ribu. Terakhir, jika berangkat dari Semarang atau Solo menuju Banyuwangi (Terminal Brawijaya), tarifnya seharga Rp275 ribu untuk Eksekutif dan Rp325 ribu untuk Royal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.