Sukses

Ada Kebun Vertikal di Restoran Burger Berkonsep Industrial di Jakarta Selatan

Restoran burger ini mengklaim sebagai restoran burger bar pertama di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Restoran burger sudah banyak dijumpai di Jakarta maupun di daerah lainnya di Indonesia. Karena itu, restoran burger tak bisa hanya mengandalkan makanan untuk menarik perhatian konsumen.

Desain maupun konsep bangunan juga harus dipikirkan. Hal itu juga dilakukan Bengkel Burger & Brew, restoran burger yang baru saja buka di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan. Restoran ini didesain oleh Dara Setyohadi yang kerap mendesain hotel, rumah, restoran maupun perkantoran.

Arstitek Interior Desain sekaligus pengusaha muda ini menampilkan restoran premium yang jadi konsep utama Bengkel Burger. Burger merupakan makanan modern yang praktis dan bisa dibuat berbagai kreasi.

Makanan ini sudah menjadi bagian dari urban culture secara global dan banyak diintegrasikan dengan berbagai menu tradisional khas setiap negara termasuk Indonesia. Bergerak dari ide tersebut, Dara yang juga salah seorang founder Bengkel Burger menerapkan desain bar sebagai penggerak utama dari resto burger ini.

Pemilihan nama Bengkel tidak berkaitan dengan nuansa otomotif tapi lebih ke nuansa industrial. Menurut Dara, selain mudah diingat, makna bengkel lebih ke harapan mereka saat pengunjung datang tak hanya untuk makan tapi juga merasakan nuansa berbeda dan lebih fresh setelah berkunjung ke resto ini.

"Restoran ini dibuat dengan konsep desain yang unik dengan atmosfer yang cozy dan up to date, kekinian dan Instagrammable. Nuansanya dibuat cerah dengan warna-warna kontras dan clean," terang Dara saat dijumpai di Bengkel Burger, Senin (18/7/2022).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Burger Bar Lifestyle

"Kita ingin membuat restoran burger yang mengakomodir gaya pop culture, jadi sesuatu yang baru dan lebih inovatif. Itu bisa dilihat dari bar yang kita buat di ujung bagian tengah ruangan ini. Meski ini restoran burger, kita bukan menonjolkan grill-nya, tapi justru bagian bar karena minuman kopi juga jadi andalan kita," sambungnya.

Mengklaim sebagai burger bar lifestyle pertama di Jakarta, resto burger ini juga punya vertical garden atau kebun vertikal di bagian luarnya sehingga menambah kesan cozy dan nature dari tempat ini.

"Kita kasih touch industrial tapi ada contemporary juga. Itu bisa dilihat dari konsep bar yang bernuansa hijau dan bentuknya seperti potongan burger. Ini jadi highlight restoran kita karena bentuknya yang modern banget," jelas Dara.

"Kita ingin bikin feel ambience yang beda di tiap ruangan baik di indoor maupun outdoor. Seperti di outdoor, kita banyak display tanaman dan bahkan ada vertical garden yang kita sebut hutan di tengah kota. Jad,i kita utamakan bikin tempat yang nyaman dan bikin pengunjung betah berlama-lama, karena biasanya resto burger jarang yang makan di tempat dalam waktu lama," lanjutnya.

Bagi Dara, penataan desain interior dalam ruang yang terbatas memerlukan beberapa trik khusus dan pertimbangan yang matang. Penerapan konsep, warna, hingga pemakaian material unik dapat kian mempercantik sudut-sudut ruang itu.

Begitu pula dengan menata butik dengan ruang memanjang seperti 3Mongkis, sebuah toko di Plaza Indonesia, Jakarta. Proyek desain interior butik ini ditangani oleh Dara Setyohadi.

 

 

3 dari 4 halaman

Sediakan Alkohol

 

Resto yang soft launching mulai Senin, 18 Juli 2022 ini rencananya juga akan menampilan live music dan DJ dengan jam buka dari pukul 11 siang sampai 10 malam. Selain burger, restoran juga menawarkan hotdog dan rice bowl sebagai menu alternatif.

"Semua makanannya no pork no lard, tapi untuk minuman nanti kita akan sediakan juga minuman beralkohol. Di tiap kursi juga ada colokan jadi bisa buat kerja dan nongkrong berlama-lama di sini. Sementara ini, kita belum terima pesan online karena kita ingin utamakan banyak pengunjung lebih dulu," terang Billy yang juga salah seorang founder Bengkel Burger.

Billy mengklaim harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Dibandingkan restoran burger berkonsep bar yang biasanya menetapkan harga makanan di atas Rp100ribuan, pihaknya menawarkan di bawah itu.

"Mulai dari sekitar Rp60 ribuan. Untuk minuman kita juga ada banyak minuman kopi," tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Desain Butik

Konsep yang dihadirkan dalam butik menyesuaikan dengan brand busana yang dijual yakni casual wear dan daily wear. Ada tiga konsep yang diterapkan ke dalam space butik.

"Sebenarnya tricky, space-nya memanjang banget tapi kita bikin instalasi yang fun," kata Dara kepada Liputan6.com di Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis, 13 Februari 2020. Dara menambahkan, tiga tema butik meliputi playful, lively, dan free spirit. Hal tersebut juga merujuk pada baju-baju yang dijual versatile yang dapat digunakan laki-laki dan perempuan.

"Kita ingin desain ini bisa bikin pengguna lebih playful dalam bergaya, memadupadankan style mereka. Pakai tiga warna, playful warna peach bukan pink, bukan orange, in between tapi menggambarkan happiness juga," tambahnya.

Berlanjut pada warna tema kedua yakni energy yang diberi sentuhan warna merah. "Pertama orang datang ketemu space warna merah kita bisa capture energi mereka," kata Dara. "Lively penggabungan antara semuanya, kita ambil quotes gimana orang sibuk dengan kegiatan sehari-hari, sibuk dengan goals tapi nggak lupa untuk bisa enjoy their life, bisa passionate about life," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.