Sukses

Berat Badan Turun 4 Kg dalam Seminggu, Simak 9 Makanan yang Disantap Chua Kotak

Liputan6.com, Jakarta - Mempunyai tubuh sehat jadi idaman mayoritas orang, tak terkecuali bagi Chua Kotak. Ia menjalani program diet dengan berkonsultasi ke dokter gizi. Menargetkan berat badan turun 10 kg dalam dua bulan, ternyata Chua sudah mulai melihat hasilnya dalam waktu seminggu.

Salah satu alasan keberhasilan program dietnya adalah menjaga pola makan. Ia berhasil menurunkan empat kg bobot tubuhnya dalam tujuh hari pertama menjalankan program diet.

"Udah seminggu niihh. Auto ngacir ke klinik dr cissienugraha buat kontrol. Laporan kepada @tantrisyalindri sminggu turun 4 kg gaiiisss," ungkap pemilik nama asli Swasti Sabdastantri itu di Instagram Story-nya.

Penasaran makanan apa saja yang dikonsumsi Chua Kotak saat diet? Dilansir dari akun Instagram Chua dan berbagai sumber lain, Rabu, 29 Juni 2022, berikut beberapa makanan yang disantap bassist band Kotak ini.

1. Nasi Putih

Sebagian besar orang yang menjalani diet umumnya memilih tidak mengonsumsi nasi putih, tapi tidak dengan Chua. Ia mengaku masih mengonsumsi nasi putih saat menjalankan program diet, tapi membatasi porsinya. Dalam sehari, batas konsumsi nasi putih adalah sekitar 4--5 sendok makan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Camilan Sehat

 

Menjalani diet bukan berarti tidak mengonsumsi camilan. Hal itu juga dilakukan Chua Kotak. Tapi, ia tidak sembarangan makan camilan, melainkan memilih yang lebih sehat.

"Sekarang cemilannya kudu yang ada kolagen ya kan," ungkap Chua di Instagram Story-nya. Melansir Healthline.com, saat seseorang diet, lebih baik memilih camilan yang mengandung serat tinggi, namun berkalori rendah, seperti yogurt, kacang-kacangan, dan puding.

3. Telur

Selain kaya akan protein, kalori telur juga masih aman dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Chua sesekali mengolah telur sebagai asupan protein saat ia menjalankan program diet.

4. Pisang

Buah-buahan termasuk menu wajib bagi mereka yang melakukan diet. Begitu pula dengan Chua. Salah satu buah pilihannya adalah pisang. Pisang mengandung serat dan kalori yang rendah. Konsumsi buah ini juga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, cocok dikonsumsi orang yang sedang diet.

3 dari 4 halaman

5. Daging

Menjalani diet bukan berarti tidak makan daging sama sekali. Chua juga masih mengonsumsi daging sapi, tapi tanpa lemak. Jika kelebihan mengonsumsi lemak jenuh yang terkandung di dalam daging sapi, hal itu bisa meningkatkan berat badan.

6. Ayam

Daging ayam mengandung protein yang cukup tinggi. Daging ayam juga aman dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Bahkan dada ayam diketahui sebagai salah satu sumber protein terbaik untuk tubuh.

Manfaat daging ayam bisa didapatkan dengan pengolahan yang benar, yaitu memanggang atau membakarnya dan mengurangi bumbu yang tidak sehat. Daging ayam, terutama yang tanpa lemak seperti dada ayam, memiliki protein tinggi dan serat makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, tak salah Chua sering mengolah daging ayam jadi berbagai jenis olahan.

7. Salmon

Selain mempunyai tekstur daging yang lembut dan bercita rasa lezat, salmon punya kandungan omega-3 yang tinggi. Hal itu tentu bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan secara alami. Maka itu, Chua memilih salmon sebagai salah satu asupan proteinnya.

4 dari 4 halaman

8. Sayur-sayuran

Tak hanya rutin mengonsumsi buah-buahan, Chua juga mewajibkan diri untuk selalu makan sayuran setiap harinya. Sayuran mengandung kalori rendah, serta nutrisi yang lengkap, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

9. Tahu

Dilansir dari Healthline.com, selain sebagai sumber protein nabati, tahu juga mengandung kalsium, zat besi, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Tahu bisa dijadikan alternatif untuk pelaku diet. Chua pun memanfaatkan tahu sebagai asupannya.

10. Makanan utuh

Chua mengaku punya pantangan untuk mengonsumsi junkfood dan makanan olahan. Wanita berusia 34 tahun ini lebih memilih menyantap menu makanan utuh yang jelas mengandung nutrisi dan tinggi serat. Makanan tinggi serat akan membantu sistem pencernaan jadi lancar, sehingga tidak ada penimbunan lemak jenuh di dalam tubuh.

Jika buah dan sayuran, yang terpenting adalah mencucinya hingga bersih dan langsung dimakan tanpa ditambahi bahan kimia. Jika daging dan makanan laut, kita bisa memasaknya dengan mencuci bersih dan dimasak pada tingkat kematangan yang pas untuk mendapatkan menu makanan utuh.