Sukses

Brand Perhiasan Lokal Rilis Koleksi Imut Kartun BTS Jelang Ultah ke-10

Liputan6.com, Jakarta - Para Army, sebutan untuk fans band BTS, mengenal boneka TinyTan yang menjadi 'wujud kedua' dari Jungkook, Jin, Jimin, RM, J-Hope, V dan Suga. Kini, karakter kartun dari para personel BTS itu saat ini juga tersedia dalam bentuk perhiasan.

Perusahaan perhiasan asal Indonesia, Frank & co mendapatkan lisensi resmi dari Big Hit Music yang menjadi agensi BTS di Korea Selatan untuk membuat perhiasan edisi spesial BTS TinyTan.  Empat jenis produk yang dihadirkan adalah TinyTan Gold Bracelet, TinyTan Gold Necklace, TinyTan Diamond Necklace, dan TinyTan Diamond Bracelet.

Keempatnya terbuat dari emas 18 karat yang sudah tersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan warna rose gold. Masing-masing karakter TinyTan dari member BTS dijadikan liontin pada gelang dan kalung yang terbuat dari emas juga berlian.

Pada perhiasan gelang, hanya wajah dari tiap karakter yang dijadikan liontin. Sedangkan kalung, disediakan dua jenis, dengan liontin wajah juga seluruh badan.

Menurut Merchandise Director PT. Central Mega Kencana (CMK) Tanya Alissia, setiap liontin dibuat semirip mungkin dengan wajah asli para personel.

"Pabrik kami punya mesin dengan teknologi baru, salah satunya dengan Italian tecnology. Karena karakter ini animasi super cute, tapi detail, helai rambut itu tidak boleh tidak sesuai dengan asli," terang wanita yang akrab disapa Anya tersebut, saat peluncuran Frank & co's BTS TinyTan Special Edition di Mal Central Park, Jakarta Barat, Rabu, 8 Juni 2022.

Dari seluruh proses, pembuatan desain yang paling memakan waktu yaitu sekitar tiga bulan. Penyebabnya, setiap desain dari perhiasan itu harus mendapatkan persetujuan dari para personel dan agensi Big Hit.

Selain menjadikan wajah setiap personel sebagai liontin, setiap perhiasan gelang juga terdapat liontin tambahan yang menunjukan karakteristik setiap anggota BTS. "Misalnya Jungkook kan suka melukis, jadi di situ ada liontin alat lukis. Kalau Jin suka main game, jadi ada joystick yang buat main game. Kalau RM hobi baca, jadi dibikin liontin buku," ungkap Anya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Warna Ungu

Khusus perhiasan berlian, mereka menggunakan berlian dengan tingkat warna F (Colorless) dan kejernihan VVS (Very Very Slightly). Setiap perhiasan dikemas dalam kotak berwarna ungu khas BTS. Di dalamnya berisi kotak perhiasan, postcard sekaligus sertifikat perhiasan, mini katalog, serta mini stand perhiasan dengan desain karakter member BTS.

Kendati proses desain hingga pembuatan barang jadi membutuhkan waktu selama kurang lebih satu tahun, proses diskusi dan pendekatan kepada pihak Big Hit Music justru membutuhkan waktu selama dua tahun enam bulan. Situasi pandemi Covid-19 membuat komunikasi antara kedua pihak sempat terputus.

Tidak hanya menggaet para penggemar BTS atau ARMY, Frank & Co juga berharap agar koleksi tersebut juga dapat menimbulkan cinta dan kesukaan masyarakat Indonesia terhadap produk buatan negeri sendiri.

"Selain menargetkan kaum milenial dan kalangan anak muda, koleksi BTS karakter TinyTan ini juga layak untuk dibeli karena memiliki desain yang lebih timeless dan cocok dikenakan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa," kata General Manager Frank & Co, Ferdy Felano, dalam kesempatan yang sama.

3 dari 4 halaman

Harga Perhiasan

Satu produk dari TinyTan Special Collection berharga mulai dari Rp6,6 juta sampai Rp11 juta. Harga ini bergantung pada aksesori seri Gold dan Diamond yang akan dibeli.

Produk tersebut sudah bisa dibeli di seluruh cabang toko Frank & Co di Indonesia sejak Rabu, 8 Juni 2022. Bukan hanya perhiasan, para ARMY juga sedang mengantisipasi album terbaru BTS.

Bekerja sama dengan YouTube, BTS menginisiasi #MyBTStory challenge. Tantangan yang diadakan secara eksklusif di YouTube Shorts ini akan dimulai bertepatan dengan perilisan album antologi mereka, Proof, Jumat, 10 Juni 2022, dan akan berlangsung sampai 9 Juli 2022.

Dalam sebuah surat untuk ARMY, sebutan penggemar BTS, pelantun lagu HOME ini mengundang untuk bergabung guna merayakan momen luar biasa yang telah dilalui bersama. "Dear, ARMY. Selama sembilan tahun, kalian telah jadi pembela terhebat kami," RM dkk mengawali surat yang juga diunggah di akun media sosial mereka, Selasa (7/6/2022).

4 dari 4 halaman

Ulang Tahun BTS

BTS melanjutkan, "Saat kami memulai perjalanan tahun ke-10 kami sebagai sebuah band, kami ingin mengingat dan merayakan semua momen spesial yang sudah kita lalui bersama. Mulai Sabtu ini, kami meminta kalian membagikan cerita-cerita BTS kalian dengan kami, dan satu sama lain, di YouTube Shorts," imbuh mereka.

"Dari konser pertama kami ke panggung terbesar di dunia, hingga perilisan video dan album, kalian ada di sini bersama kami dan kami ingin menghidupkan kembali momen-momen tidak terlupakan BTS ini dengan kalian."

"Dengan menambahkan tagar #MyBTStory ke Short kalian, kami akan bisa menonton dan mungkin memasukkan cerita kalian ke dalam sebuah video tribute ARMY yang kami buat untuk mengumpulkan memori-memori ini," BTS menambahkan lagi.

Selain tantangan media sosial, Indonesia juga jadi satu-satunya negara di Asia yang dihadiri BTS pop-up. Itu akan terbuka untuk umum pada 10–16 Juni 2022 di Kota Kasablanka, Jakarta.

Sebelum itu, BTS telah mengumumkan acara live baru untuk menandai ulang tahun ke-9 dan perilisan album antologi mereka. Poster untuk acara Live Proof dibagikan di akun media sosial mereka, yang mengonfirmasi bahwa pertunjukan akan berlangsung tepat pada debut anniversary mereka, Senin, 13 Juni 2022 pukul 19.00 WIB.