Sukses

Pekan Pangan Lokal di BSD, Ada Olahan Kreatif dari Sorgum dan Kopi Flores Manggarai

Liputan6.com, Jakarta Merayakan Hari Keanekaragaman Hayati Internasional yang jatuh setiap tanggal 22 Mei, Gushcloud Indonesia bekerja sama dengan Yayasan KEHATI menghadirkan Pekan Pangan Lokal pada 21—27 Mei 2022 di Sedari Kopi dan Teh, BSD. Pekan Pangan Lokal merupakan sebuah program khusus yang diinisiasi oleh Gushcloud untuk mendukung Yayasan KEHATI dalam menyampaikan pesan tentang keanekaragaman hayati dan nilai-nilai baiknya.

Dalam program Pekan Pangan Lokal, Gushcloud dan Yayasan KEHATI bekerja sama dengan pelaku usaha kuliner, juru masak, culinary storyteller, dan content creator. Mereka adalah Sedari Kopi dan Teh BSD, Parti Gastronomi (Arifin Windarman, Seto Nurseto, dan Reyza Ramadhan), Ade Putri, Josefine Yaputri, dan lainnya.

2 dari 3 halaman

Parti Gastronomi

Parti Gastronomi dikenal memiliki kecintaan pada keanekaragaman kuliner Indonesia dan telah bereksperimen dengan banyak resep.

Di Pekan Pangan Lokal, Parti Gastronomi mengeksplorasi resep arem-arem dan cookies dengan menggunakan bahan baku sorgum. Fig & Almond Soft Sorghum Cookies, yang resepnya diracik oleh Parti Gastronomi x The Goodlife, tersedia di Sedari Kopi dan Teh BSD dan dapat dinikmati oleh pengunjung sebagai pendamping manual brew dengan biji kopi arabika Juria dan Yellow Caturra dari Flores Manggarai selama program Pekan Pangan Lokal berlangsung.

Pada Gathering Pekan Pangan Lokal yang berlangsung tanggal 21 Mei 2022 lalu, Parti Gastronomi menggelar demo masak Arem-arem Sorgum. Sementara itu, Ade Putri menceritakan olahan kreatif dari sorgum dan kopi Flores Manggarai melalui berbagai cara, format, dan media. Begitu juga dengan content creator lainnya yang akan menceritakan melalui unggahan di media sosial.

3 dari 3 halaman

Lestarikan Pangan Lokal

Direktur Komunikasi dan Kemitraan Yayasan KEHATI, Rika Anggraini menyampaikan KEHATI menyambut baik kerja sama dengan Gushcloud yang mengajak content creator untuk turut menyebarluaskan kesadaran pentingnya melestarikan jenis-jenis pangan lokal maupun tumbuhan-tumbuhan lokal agar tidak menjadi punah.

"Upaya untuk menyebarluaskan kesadaran masyarakat sudah cukup lama kami lakukan melalui berbagai program penguatan inisiatif pangan lokal yang sumbernya dari belahan Indonesia Timur, yang sangat kaya dengan keanekaragaman hayati. Melalui Pekan Pangan Lokal ini, kami harap dapat menginspirasi lebih banyak masyarakat urban untuk perlahan-lahan mulai mengonsumsi pangan lokal, seperti sorgum maupun kopi Flores Manggarai yang menjadi dua komoditas yang kami perkenalkan pada event ini,” kata Rika Anggraini.

Untuk menemukan kuliner atau pangan lokal gak hanya di event pekan pangan lokal, kamu juga bisa melalui ManisdanSedap.com, sebuah platform digital yang membantu siapa pun untuk menemukan dan memesan beragam menu kuliner lokal atau tradisional dan juga kekinian secara pre-order dari berbagai daerah dalam sekejap.

Merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network, ManisdanSedap.com pun mendukung pemilik UMKM dengan menampilkan jualan mereka. Selain sebagai ‘etalase’, juga menambahkan fitur pemesanan langsung menuju nomor seller. Mudah berinteraksi dan bertransaksi, temukan beragam kemudahan memasarkan produkmu dengan mendaftarkan usaha kulinermu ke ManisdanSedap.com, gratis!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)