Sukses

Cerita Sherina Munaf Pernah Minder karena Kondisi Kulitnya

Liputan6.com, Jakarta - Sherina Munaf boleh saja memiliki citra publik sebagai figur yang cuek. Namun, pelantun lagu Simfoni Hitam ini juga pernah merasa minder karena kondisi kulitnya. "Pernah banget (minder)," ia mengatakan dalam peluncuran kampanye #ThatsAllBright dari ERHA Truwhite secara virtual, Selasa, 17 Mei 2022.

Ia melanjutkan, "Sebagai manusia, ada saja yang bikin kita minder. Aku sampai tahap cari solusi itu mulu. Itu terus yang aku omongin sampai keluarga dan teman (bilang), 'Ya sudah lah, Sher.'"

Ketika berbicara skincare, penyanyi yang telah digandeng sebagai duta merek ERHA Truwhite ini menyebutnya sebagai perjalanan. Sherina menegaskan bahwa ia tidak ingin mencapai "kulit sempurna," namun kulit sehat. "Dan, aku senang bisa menjalaninya dengan ERHA Truwhite yang terpercaya," imbuhnya.

Perihal ini, Sherina menambahkan, penting untuk mempraktikkan gestur mencintai diri sendiri. Ia menyebut, "Mungkin terdengar klasik, tapi self-love memang penting. We area worthy of love."

Sejalan dengan itu, ERHA Truwhite merilis kampanye bertajuk #ThatsAllBright. Pesannya, menurut Sherina, adalah mengingatkan pada publik bahwa apapun versi kulit cerah mereka, itu valid.

"Jadi, bukan soal kulit mulus saja atau kayak di K-drama (definisi kulit cerah)," penyanyi itu menyebutkan. "Versi kulit cerah menurut aku, misalnya, yang warna kulitnya merata dan tidak ada hiperpigmentasi."

Ia pun berbagi perjalanannya sampai menemukan definisi kulit cerah menurutnya. "Orang-orang kebanyakan melihat aku sebagai pribadi yang cuek dan apa adanya. Tapi, tunggu dulu. Bukan berarti (Sherina) tidak merawat kesehatan," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mencintai Diri Sendiri

Lebih lanjut, Sherina Munaf bercerita, "Betul aku cuek, tapi tetap penting merawat kesehatan kulit. Kulit tidak hanya soal estetika, namun juga bagian dari organ tubuh. (Merawat kesehatan kulit) juga bagian dari tindakan mencintai diri sendiri."

Secara umum, Sherina berusaha untuk berolahraga secara rutin, tidur yang cukup, makan makanan lebih sehat, dan mengelola stres yang menurutnya sangat berpengaruh pada kondisi kulit. "Tapi, hidup enggak selalu bisa rutin. Aku juga kadang lupa atau sudah sibuk dengan jadwal, ditambah wanita kan hormonal. Bisa ada hiperpigmentasi atau jerawat. Itu masalah yang ingin aku atasi," ia mengutarakan.

Soal anggapan kulit cerah, ia menyebut, persepsinya perlahan sudah bergeser lebih inklusif. Ia menyebut, definisinya dulu hampir selalu tentang kulit putih. Tapi sekarang, dia ingin menyebarkan pesan bahwa kulit sehat berhak dimiliki semua warna kulit.

"Terlebih Indonesia punya skin tone yang sangat beragam," ia menyebutkan.

3 dari 4 halaman

Rangkaian Skincare

Mendukung setiap perempuan Indonesia menemukan definisi kulit cerah menurut mereka, ERHA Truwhite punya rangkaian produk yang didasari dermatologist formularies. Mereka mengombinasikan bahan natural dan ilmiah, serta telah teruji klinis. 

Ada sembilan produk dalam rangkaian ini. Pertama, Brightening Serum dengan kandungan 10 persen vitamin C yang pemakaiannya diklaim tidak memberikan efek breakout pada kulit, sehingga aman untuk semua jenis kulit, termasuk acne prone.

Kemudian, Brightening Day Cream dengan kandungan arbutin dan panthenol. Selanjutnya, ada Brightening Night Cream dengan kandungan unik starfish essence dan niacinamide yang bertujuan meregenerasi kulit lebih baik di malam hari. Ketiganya merupakan produk utama dari seri skincare ini.

Lalu, untuk Basic Routine, ERHA Truwhite punya Brightening Facial Wash, yang diklaim mampu mencerahkan dan mengangkat sel kulit mati. Ini merupakan pembersih wajah non-SLS dan mild surfactant yang dilengkapi dengan pineapple enzyme (bromelain) dan niacinamide.

Disusul Brightening Pore Toner yang dilengkapi dua persen Zinc Gluconate yang dapat bantu memperbaiki tampilan pori, membersihkan komedo, dan bersifat sebagai mild exfoliator.

4 dari 4 halaman

Basic Routine

Juga, Active Glow Booster yang mengandung tiga persen TXA dan hexylresorcinol yang berfokus pada menyamarkan flek hitam. Penggunaannya dapat dicampur dengan Brightening Serum untuk "hasil lebih optimal."

Brightening Eye Serum diformulasikan dengan kandungan algae complex dan cucumber extract untuk mengatasi "mata panda." Kemudian, Brightening Clay Mask yang dibuat dengan amazonian white clay dan scrub yang lembut untuk detoks kulit dalam lima menit tanpa membuat kulit jadi kering.

Terakhir, Brightening Sheet Mask dengan liposome technology mampu memaksimalkan penyerapan esens agar lebih efektif untuk mencerahkan kulit. Selain rangkaian perawatan kulit wajah, lini skincare ini juga memiliki produk perawatan kulit tubuh antara lain Brightening Body Cream dengan kandungan niacinamide dan chamomile extract.

Kemudian, Brightening Neck Cream yang dapat mencerahkan kulit leher yang cenderung lebih tipis, dengan kandungan arbutin dan peptides. Brightening Body Moisturizer dengan niacinamide dan mulberry extract yang membantu mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit.

Lalu, Brightening Body Scrub dengan bahan Active Brightening System untuk mencerahkan kulit dengan scrub-nya yang berfungsi mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit jadi sehat.