Sukses

Fotografer Beri THR Berupa Foto Gratis Berbagai Gaya untuk Tetangga

Liputan6.com, Jakarta - Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran identik dengan pemberian uang baik pada orang yang lebih muda. Tak selalu harus uang tunai, banyak orang mulai mencoba memberikan THR berbeda namun tetap berkesan bagi penerimanya.

Lebaran memang dapat memberikan banyak hal yang bermakna untuk semua orang. Salah satunya adalah saling berbagi satu sama lainnya.

Saling berbagi di momen lebaran memang menjadi berkah dan kebanggaan tersendiri untuk orang-orang yang mampu melakukannya. Konsep berbagi pun tak melulu soal uang dan materi dalam bentuk THR. Kemampuan atau skill yang kita kuasai juga dapat kita bagikan kepada orang disekeliling kita.

Hal seperti itu dilakukan oleh pemilik akun TikTok @peganghp.  Pria yang diketahui berprofesi sebagai fotografer ini ternyata memanfaatkan kemampuannya untuk diberikan pada para tetangga.

Sesuai keahliannya, ia menyediakan jasa foto gratis sebagai THR untuk para tetangganya. "Lebaran ngasih THR uang (tidak) tapi ini Lebaran ngasih THR foto keluarga, tetangga, dan orang-orang terdekat," ungkapnya dalam unggahan pada 6 Mei 2022.

Dalam video, terlihat pria tersebut membentangkan kain warna cokelat untuk membuat ruang tamu di rumahnya seperti studio mini. Fotografer ini juga tampak ramah mengarahkan gaya. Rupanya tak sedikit orang yang berpartisipasi. Ada yang mengambil foto keluarga, bahkan ada pula yang melakukan foto maternity. 

Pada akhir video, diperlihatkan kolase hasil foto yang diambil fotografer tersebut saat Lebaran di kampung halaman. "Minal aidzin walfaidzin,semoga fotonya buat kalian nyenengin," tulisnya dalam keterangan video unggahannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ide Kreatif

Dari video yang dibagikan, bermodal kain cokelat fotografer ini membuat ruang rumahnya seperti mini studio. Hasil foto yang dibagikannya pun sangat bagus dan menarik. Pantas saja, tak sedikit warganet berharap ada tetangga seperti fotografer ini.

Sampai berita ini ditulis, video tersebut sudah ditonton lebih dari 450 ribu kali dan disukai lebih dari 57 ribu kali. Warganet pun ramai memuji ide kreatif pria tersebut karena memberikan THR yang berkesan dan bermanfaat.

"keren banget bang, mungkin sekarang tidak terasa manfaatnya tapi di kemudian hari sangat bermanfaat sebagai kenang kenangan," komentar seorang warganet. "Definisi manfaat buat orang-orang sekitar, mas kamu baik banget," komentar warganet lainnya. "berkah bangga bismillah punya studio foto sendiri," timpal warganet lainnya.

Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) jadi salah satu hal yang begitu melekat menyambut Lebaran. Namun seperti yang dilakukan fotografer tersebut, memberikan THR tak harus selalu berupa uang tunai. THR juga dapat diwujudkan dalam beberapa kebutuhan yang menarik untuk jadi rekomendasi.

3 dari 4 halaman

Inspirasi THR

Lantas, apa saja inspirasi THR yang dapat Anda berikan untuk keluarga? Yuk, simak selengkapnya seperti dirangkum, ShopeePay, berikut ini.

1. THR dalam bentuk investasi emas

Salah satu opsi yang dapat jadi inspirasi pemberian THR adalah dengan memberi keuntungan jangka panjang dan bekal di masa depan dengan investasi emas. Mengingat, kini tren investasi emas tengah jadi banyak perhatian masyarakat karena nila investasinya yang relatif stabil.

2. Traktir tagihan listrik, pulsa, juga paket internet

Tak hanya investasi emas, Anda juga dapat mentraktir tagihan listrik, pulsa, dan paket internet untuk keluarga. Opsi ini sangat bermanfaat, terutama bagi mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah di masa pandemi ini. Meski sederhana, inspirasi THR ini terasa bermakna.

3. Buku dan voucer belanja

Buku dan voucer belajar daring dapat menjadi salah satu ide THR yang memberikan manfaat jangka panjang dan pastinya sangat berkesan. Beragam koleksi buku mulai dari buku pengembangan diri, pelajaran, sejarah, hingga novel inspiratif, dapat dibeli secara online.

4. Berkirim sajian

Mengirimkan sajian favorit juga dapat jadi opsi Anda sebagai THR di momen Lebaran. Saat ini juga ada sederet sajian kekinian yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

4 dari 4 halaman

THR Tepat Guna

Layaknya mengelola keuangan, alokasi penggunaan THR juga harus jadi perhatian. Langkah ini ditempuh agar pemakaian THR tepat guna dan dapat digunakan untuk kebutuhan di masa mendatang.

Perencana keuangan Lolita Setyawati, menyebut alokasi penggunaan THR bagi setiap individu dapat berbeda-beda. Kendati demikian, tidak kalah pentingnya untuk menentikan prioritas sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Selain itu, harus melihat pula kondisi keuangan, jika memiliki utang yang cukup banyak dan kebutuhan pokok juga masih belum terpenuhi, kedua hal itu harus didahulukan.

Hal tersebut terkecuali jika sudah tak punya utang dan kebutuhan mendesak telah tercukupi, baru bisa berlanjut ke urusan gaya hidup. "Kita harus tentukan prioritas, pertama adalah bayar hutang dulu kalau ada, kemudian membayar zakat atau sedekah," kata Lolita dalam sebuah konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, memenuhi kebutuhan hidup dan jika ada dana cukup baru berikutnya investasi jangka panjang dan gaya hidup. Lantas, bagaimana jika urutan itu terbalik?

"Sebenarnya itu enggak apa-apa, contoh untuk yang kondisi keuangannya masih belum ideal, masih ada utang dan kebutuhan pokok harus terpenuhi, jadi ada porsi untuk membayar utang," tambahnya.