Sukses

Aturan Jasa Marga yang Hanya Izinkan Pemudik Istirahat 30 Menit di Rest Area

Istirahat hanya diperbolehkan selama 30 menit di rest area bagi pemudik.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menjelaskan pemudik hanya boleh berada di tempat istirahat atau rest area selama 30 menit. Kebijakan tersebut akan berlaku selama rekayasa lalu lintas di jalan tol demi menghindari kemacetan yang terlalu panjang dan penumpukan kendaraan.

Jasa Marga juga mengimbau para penjual di rest area untuk menyediakan makanan yang praktis dan dapat dibawa oleh para pemudik. Dengan begitu, pemudik dapat makan dalam perjalanan.

"Sejumlah rest area yang terbangun di sepanjang jalan tol tidak akan mampu menerima semua pengguna jalan tol untuk beristirahat," kata Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno di Jakarta, Minggu, 24 April 2022, dikutip dari laman Merdeka. Dia melanjutkan, pemudik juga harus menaati sejumlah aturan selama di rest area di jalan tol.

Seperti tidak berlama-lama di rest area atau maksimal 30 menit. Dianjurkan untuk membeli langsung makanan. Selalu menerapkan Protokol Kesehatan selama berada di rest area, menjaga kebersihan rest area.

"Apabila rest area penuh, agar menggunakan rest area di lokasi berikutnya, dan manfaatkan posko pelayanan kesehatan di rest area apabila memerlukan pengecekan kesehatan," tuturnya.

Dia mengingatkan agar pemudik tidak menggunakan bahu jalan untuk beristirahat ketika rest area penuh. Sebab ada juga kebiasaan memilih beristirahat di bahu jalan yang berada di bawah jembatan yang melintas di jalan tol, merasa teduh dan tidak kepanasan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Imbauan

Diberitakan kanal Ramadan Liputan6.com, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengimbau pemudik yang pulang kampung melewati jalan tol menyiapkan bekal makanan dan minuman agar tidak perlu menghabiskan banyak waktu di rest area. "Bagi yang mudik lewat jalur tol, tolong di mobilnya banyak makanan, banyak minuman," katanya seusai menjadi inspektur Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 dalam Rangka Pengamanan ldul Fitri 1443 Hijriah pada Masa Pandemi COVID-19 di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat, 22 April 2022.

Gubernur mengimbau pemudik Lebaran 2022 tidak berlama-lama berada di area rehat agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di area rehat jalan tol. "Supaya nanti yang ke rest area (area rehat) betul-betul yang kepepet saja, karena kalau sudah di rest area akan dibatasi maksimal hanya 30 menit," kata dia.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Brigjen Pol Bariza Sulfi juga mengimbau pemudik tidak berlama-lama di area rehat jalan tol menjelang pemberlakuan skema satu arah. Skema tersebut akan diberlakukan dari arah Jakarta ke Jawa Tengah.

3 dari 4 halaman

Tinggalkan Rest Area

"Pemudik yang dari arah Jateng, di rest area-nya 30 menit. Kan sebelum one way itu harus dikosongkan supaya pas selesai keluar dari rest area bisa lewat ke Jakarta pakai tol," katanya.

Bariza juga mengatakan bahwa warga akan diminta mengosongkan area rehat di jalan tol sebelum skema satu arah diterapkan mulai 28 April 2022 pukul 17.00 WIB. Pada 28 April 2022, ia melanjutkan, polisi akan meminta warga meninggalkan rest area sejak pukul 15.00 WIB.

"Jadi kami akan woro-woro, kalau mau ke Jakarta ya sekarang lewat tolnya, jangan leha-leha. Kan kalau telat harus keluar jalur alternatif kan kasihan," kata dia.

"Misalnya, kalau di Cikampek KM102 itu ke Jakarta lewat tol bisa satu jam setengah. Jadi, dua jam itu waktu tepat untuk dia keluar ke Jakarta lewat tol, dikeluarkan nanti lewat arteri kan kasihan masyarakat," katanya.

4 dari 4 halaman

85,5 Juta Pemudik

Tahun ini diperkirakan akan ada 85,5 juta masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran. Mereka tentu menggunakan kalan tol untuk memangkas waktu perjalanan.

Sebelum mudik, tidak lupa Wapres Ma'ruf Amin mengingatkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi hingga dosis booster. Hal ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan kekebalan kelompok dan sebagai bentuk proteksi diri khususnya saat mudik lebaran.

"Makanya diminta untuk senantiasa menjaga diri dengan melakukan protokol kesehatan dan juga vaksinasi ya, harus dua bahkan tiga (kali) sampai booster," ucap Ma'ruf, dikutip dari kanal News Liputan6.com

Terakhir, dia menyampaikan bahwa pemerintah saat ini terus fokus dalam upaya pemulihan ekonomi nasional serta peningkatan produktivitas masyarakat. Ia pun optimis pandemi Covid-19 dengan segala dampaknya akan segera berlalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.