Sukses

Mengapa Kolak Identik Sebagai Makanan Khas Ramadhan?

Nama kolak dipengaruhi budaya Arab. Lalu, bagaimana bisa berkaitan dengan Ramadan?

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal kolak? Makanan manis berkuah yang kerap disajikan sebagai menu buka puasa Ramadan itu jadi favorit banyak orang.

Jenisnya banyak, tergantung bahan utama yang digunakan, mulai dari kolak pisang sampai kolak ubi. Cara membuatnya relatif mudah, di samping juga bermanfaat buat tubuh.

Kolak diidentikkan dengan makanan Ramadan. Mengapa bisa demikian?

"Makanan khas Ramadan ini mendapat pengaruh dari budaya Arab. Secara kebetulan atau tidak, kolak berasal dari kata khalik, yang berarti Sang Pencipta, Tuhan," kata sejarawan Fadly Rahman saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (6/4/2022).

Penulis buku Jejak Rasa Nusantara ini mengatakan, kolak digunakan sebagai media untuk menyebarkan agama Islam di masa lalu. Namun, hingga saat ini belum ada sumber yang pasti menyebut kolak sebagai sarana menyebarkan Islam.

"Namun, bila kita lihat dari bahan-bahan untuk membuat kolak, kemungkinan besar penyebaran Islam itu terjadi. Kolak dibuat dengan bahan-bahan lokal dari Indonesia," tutur Fadly.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sudah Ada di Indonesia

Menurut Fadly, semua bahan untuk membuat kolak sudah cukup lama ada di Indonesia, baik dari gula aren, ubi, maupun pisang. Bahan-bahan itu sudah ada berabad-abad di Nusantara.

"Gula aren, ubi, pisang, semua ada di Indonesia, bahkan tumbuh dengan subur. Jadi, beralasan jika kolak jadi perpaduan antara budaya setempat dengan penyebaran Islam," ucap Fadly.

 

3 dari 5 halaman

Tak Terbatas Waktu

Sejatinya, kolak tak harus disajikan saat Ramadan. Kolak bisa disajikan kapan saja, tak membatasi diri pada bulan puasa.

"Orang bisa saja menyajikan kolak saat bukan bulan puasa. Namun, sekarang orang identiknya menyajikan kolak saat Ramadan," imbuh Fadly.

 

 

4 dari 5 halaman

Jenis Kolak

Kolak jadi salah satu hidangan yang nikmat dengan rasanya yang manis. Kolak juga bisa ditambah dengan es batu jika ingin rasanya lebih segar.

Sebagai takjil Ramadhan, bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Beberapa di antaranya kolak pisang, ubi, biji salak, labu, dan lain-lain. Mana yang paling Anda sukai?

5 dari 5 halaman

INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.