Sukses

Perlengkapan yang Dikenakan Pembalap MotoGP 2022 Mandalika Saat Bertemu Presiden Jokowi

Sejumlah pembalap mengenakan perlengkapan resminya saat bertemu Presiden Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjamu 20 pembalap MotoGP di Istana Merdeka, Rabu (16/3/2022). Mereka senang bisa berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden Jokowi.

Sebanyak 20 pembalap MotoGP itu tampak mengenakan perlengkapan balap atau racing gears. Perlengkapan balap yang mereka kenakan itu untuk menjamin keselamatan dan keamanan.

Marc Marquez dan kawan-kawan tampak mengenakan helm, sarung tangan, sepatu boot, dan wearpack atau racing suit. Dilansir dari laman Two Motion, Rabu (16/3/2022), berikut racing suit yang biasa dikenakan para pembalap MotoGP.

Helm

Helm yang digunakan pengendara MotoGP semuanya harus memiliki 'Label Homologasi FIM' yang dapat dipindai dengan pembaca kode QR. Kode QR pada setiap helm membawa Anda ke halaman web yang menyediakan informasi tentang helm tertentu.

Label ini pada dasarnya memberi tahu orang yang memeriksa bahwa helm tersebut telah lulus uji homologasi dan memenuhi persyaratan minimum FIM. Tapi tidak banyak helm yang masuk daftar ini, setidaknya ada 23 model helm.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pakaian Balap

Di MotoGP, pakaian pembalap terbuat dari kulit atau bahan dengan kekuatan yang setara dengan kulit. Pakaian mereka juga diharuskan memiliki sistem airbag yang membantu menyebarkan kekuatan benturan saat terjadi kecelakaan. Sistem airbag hanya menjadi wajib untuk MotoGP pada 2018, tetapi telah digunakan sejak 2007.

MotoGP hanya mengizinkan sistem airbag tanpa kabel yang tidak terpasang pada sepeda motor dengan cara apa pun. Sebaliknya, sistem airbag canggih ini menggunakan komputer dengan berbagai sensor dalam setelan untuk menentukan kapan kecelakaan akan terjadi. Jadi menabrak sekali tidak serta merta membunuh seseorang dari balapan.

Dainese Misano 2 D-Air adalah contoh khas dari pakaian balap kulit dengan sistem airbag. Seperti pakaian balap MotoGP yang sebenarnya, Misano 2 D-Air juga memiliki sistem hidrasi di punuk yang menampung sekitar 300 ml cairan. Namun, Misano 2 D-Air dianggap sebagai suite balap airbag entry-level yang terjangkau.

Salah satu peraturan untuk baju balap MotoGP, yang agak tidak terduga, adalah bahwa penggeser lutut, siku, dan kaki tidak boleh menimbulkan percikan api, serpihan, atau asap saat menggores lintasan. Aturan ini jelas mencegah pengendara menggunakan taktik yang tidak etis untuk merugikan pesaing mereka.

3 dari 7 halaman

Sarung Tangan

Di MotoGP, para pembalap harus memakai sarung tangan yang terbuat dari kulit atau bahan yang sama kuatnya dengan kulit. Sarung tangan ini memiliki perlindungan buku jari yang kuat dan tumpang tindih dengan race suite setidaknya 50 mm atau hampir 2 inci.

Satu hal yang sangat ketat adalah bahwa sarung tangan harus dapat diikat dengan kuat di sekitar pergelangan tangan pengendara. Ini mencegah sarung tangan mereka terlepas saat meluncur di atas aspal, terutama saat mereka meluncur dengan kaki terlebih dahulu di perut mereka.

Contoh khas sarung tangan yang digunakan di MotoGP adalah Alpinestars Supertech.  Penggunaan sarung tangan merupakan fitur keselamatan yang berharga karena cedera jari kelingking cukup umum.

4 dari 7 halaman

Sepatu Bot

MotoGP tidak memiliki ketinggian minimum untuk sepatu balap. Sebaliknya, mereka hanya mengharuskan sepatu bot memiliki ketinggian yang cukup untuk menutupi pakaian balap setidaknya 70 mm (2 inci).

Sepatu bot pendek tidak menawarkan dukungan lateral atau perlindungan benturan pada tulang kering. Tapi kami tidak pernah melihat pebalap MotoGP dengan sepatu bot pendek dan itu mungkin hanya karena mereka tidak ingin terluka. Tidak ada gunanya menyalahgunakan celah ini.

Bahkan dengan tidak adanya ketinggian minimum pada sepatu bot, MotoGP tetap mewajibkan sepatu bot yang terbuat dari kulit atau bahan yang memiliki kekuatan setara. Sepatu bot juga diharuskan memiliki metode pengikatan sehingga sepatu bot slip-on tidak dapat diterima. Sepau bot khas balap MotoGP adalah Alpinestars Supertech R yang telah digunakan oleh banyak pengendara MotoGP.

5 dari 7 halaman

Pelindung Punggung

Di MotoGP, persyaratan minimum untuk pelindung punggung adalah EN1621-2:2014 atau prEN1621-2:2010. Kode-kode ini hanya memberi tahu kita standar mana yang kita lihat tetapi bukan isinya.

Makna kode EN 1621-2:2014, yaitu EN (atau terkadang CE) – “Norma Eropa” atau “Conformité Européene” (dalam bahasa Prancis). Angka 1621 – Mengacu pada “Pakaian pelindung pengendara sepeda motor terhadap benturan mekanis” . Angka 2 – Mengacu pada “Bagian 2: Pelindung punggung pengendara sepeda motor”2014 – Mengacu pada tahun dokumen standar yang menggantikan versi sebelumnya.

 

6 dari 7 halaman

Pelindung Dada

Pelindung dada pembalap MotoGP terbagi dua, pelindung dada penuh dan pelindung dada terbagi. Pelindung dada penuh akan menjadi pelindung tunggal di atas dada, sedangkan pelindung dada yang terbagi menjadi dua pelindung individu yang dibagi secara vertikal di kedua sisi ritsleting setelan balap.

Pelindung dada harus memiliki sertifikasi prEN1621-3 dengan peringkat CE1 atau CE2. Pelindung dada MotoGP harus memiliki luas minimal 230 cm² (36,65 in²).

Harga perlenkapan pembalap MotoGP? Harganya bisa sekitar Rp72 juta untuk satu set perlengkapan pelindung standar yang diizinkan di MotoGP. Tapi karena sebagian besar perlengkapan pelindung MotoGP dibuat khusus, biayanya bisa meningkat drastis, bisa lebih dari sepuluh kali lipat.

 

7 dari 7 halaman

Infografis MotoGP

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.