Sukses

Penghargaan untuk 18 Pengusaha Perempuan di International Women's Day

Penganugerahaan bagi para pengusaha perempuan oleh Lazada pada International Women's Day ini hadir dalam tujuh kategori.

Liputan6.com, Jakarta - E-commerce Lazada menganugerahkan penghargaan bagi para pengusaha perempuan lewat Lazada Forward Women Awards 2022. Acara ini bertepatan di momentum International Women's Day yang jatuh setiap 8 Maret.

Penganugerahan penghargaan diberikan dalam tujuh kategori untuk 18 perempuan yang berasal dari negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Salah seorang penerima penghargaan tertinggi untuk Indonesia adalah Farica Edgina Yosafat.

Perempuan berusia 36 tahun ini dinobatkan sebagai pemenang Lazada Forward Woman of the Year (Indonesia). Farica adalah pemilik toko Berry Baby di Lazada yang menjual lebih dari 800 produk ibu dan anak.

Berhasil menyabet penghargaan di momen International Women's Day, semangat Farica begitu berkobar. Hal tersebut ia sampaikan dalam sebuah video karena tak dapat menghadiri acara pemberian trofi di kantor pusat Lazada di Singapura.

"Banyak yang menyepelekan perempuan, tapi sebenarnya perempuan itu kuat dan mudah beradaptasi. Percaya dirilah dan fokus akan apa yang kamu tuju," katanya dalam video di acara virtual Lazada Forward Women Awards 2022, Selasa (8/3/2022).

Farica memberdayakan lebih banyak perempuan di lingkungannya. Ada enam pegawai penuh waktu saat ia membangun bisnis pada 2017 di Bandung, Jawa Barat.

Mantan dosen di bidang Fisika ini turut melatih mereka mengenai e-commerce, mulai dari pencatatan produk, pemasaran, hingga anali data. Kini, para pegawainya telah dapat membantu menjalankan bisnis lewat live streaming dan marketing solutions di Lazada.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lazada Forward Woman of the Year (Indonesia)

Bisnis Farica, Berry Baby, menyediakan produk ibu dan anak, mulai dari pakaian, kebutuhan kebersihan pribadi, mainan, suplemen bayi, hingga perlengkapan rumah tangga. Farica dan tim bekerja secara erat dengan pebisnis lokal, serta pengusaha rumahan dalam komunitas yang banyak di antaranya adalah ibu-ibu, untuk mendesain dan memproduksi.

"Berbisnis sendiri tidak hanya membuat saya lebih mandiri, tapi juga membuat saya bisa memberdayakan orang-orang di sekitar saya," kata Farica.

3 dari 5 halaman

Enterprising Award

Selain Farica, pengusaha perempuan Indonesia lainnya yang berhasil menyabet penghargaan di Lazada Forward Women Awards 2022 adalah Nadya Amatullah. Pemilik merek fesyen Nadjani asal Bandung ini dinobatkan sebagai pemenang Enterprising Award.

Perempuan berusia 38 tahun ini mengembangkan label Nadjani yang terinspirasi dari alam. Nadya juga menyebut perjalanannya berbisnis dihadapkan dengan ragam tantangan. Hal itu pula yang mendorongnya membuat strategi baru agar dapat bertahan.

Ia juga awalnya mengembangkan label fesyennya dengan memberdayakan ibu-ibu rumah tangga di sekitarnya. Kini, Nadya memimpin sebuah tim dengan lebih dari 40 orang di Bandung.

4 dari 5 halaman

Daftar Lengkap Pemenang Lazada Forward Women Awards 2022

Lazada Forward Woman of the Year Award (Indonesia) Farica Edgina Yosafat

Lazada Forward Woman of the Year Award (Malaysia) Kong Wai Theng

Lazada Forward Woman of the Year Award (Filipina) Monalisa Gao

Lazada Forward Woman of the Year Award (Singapura) Liang Wee Ling

Lazada Forward Woman of the Year Award (Thailand) Pattiya Thanasrivanitchai

Lazada Forward Woman of the Year Award (Vietnam) Đoàn Trần Thùy Linh

Rising Star Award

Nguyễn Thị Kim Oanh (Vietnam)

Malida Puji Ayu Lestari (Indonesia) Juara Kedua

Bricks to Clicks Tech Adopter Award

Elyse Janina P. Juan (Filipina)

Pang Jie Hui (Malaysia) Juara Kedua

Creative Award

Nurul Izzan Zamzuri (Malaysia)

Puthitorn Auethawornpipat (Thailand) Juara Kedua

Enterprising Award

Nadya Amatullah (Indonesia)

Kelly Chan Jun Wen (Singapura) Juara Kedua

Inspiring Award

Pauline Ng (Singapura)

Evan Marie Maderazo (Filipina) Juara Kedua

Social Star Award

Manassawee Suangkaew (Thailand)

Lưu Thị Thùy Dương (Vietnam) Juara Kedua

5 dari 5 halaman

Infografis Perempuan Arab Saudi Bebas dari Belenggu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.