Sukses

10 Brand Fesyen Lokal Siap Mendunia di Paris Fashion Show 2022

Liputan6.com, Jakarta - Usaha untuk memperkenalkan produk Indonesia ke dunia internasional. Contohnya, sejumlah produk fesyen akan ditampilkan dalam sebuah acara di Paris, Prancis.  Hal itu dilakukan oleh GEKRAFS (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasioanl).

Mereka kembali berkegiatan yang ditujukan untuk membantu pelaku ekonomi kreatif. Kali ini dalam sektor fesyen. Dengan tajuk GEKRAFS Paris Fashion Show at Paris Fashion Week 2022 yang didukung oleh Scarlett, GEKRAFS membawa 10 brand fesyen Indonesia untuk unjuk karya di Paris.

Hal ini dilakukan setelah dua tahun pandemi banyak desaner maupun brand fesyen Indonesia tidak bisa melakukan offline show dan business matching secara langsung untuk menunjukan karya mereka.  Acara ini merupakan off schedule dari Paris Fashion Week (PFW). Acara ini memang bukan bagian dari PFW tapi waktunya memang berdekatan dengan ajang PFW.

Jadi ini untuk mengkoreksi berita yang banyak beredar sebelumnya, ajang GEKRAFS Paris Fashion Show at Paris Fashion Week 2022 bukan bagian dari Paris Fashion Week 2022.

Untuk acara yang on schedule di Paris Fashion Week memang hanya didedikasikan untuk brand lokal di Paris . Sedangkan brand di luar Paris bisa membuat pergelaran sendiri dengan standar yang berlaku di Paris Fashion Week.

GEKRAFS menjadi satu satunya komunitas dari Indonesia yang memiliki pergelaran mandiri sebanyak 10 slot yang diisi 10 jenama lokal di Paris Fashion Show 2022.  GEKRAFS Paris Fashion Show at Paris Fashion Week 2022 akan dilakukan pada 6 Maret 2022 di The Westin Paris Vendome yang di organize oleh Fashion Division.

Acara ini akan mengundang ratusan Influencers, media, dan buyers Eropa. Hal ini tentu saja akan sangat membantu brand Indonesia untuk dikenal di pasar Eropa, terutama Prancis.

Sederet fashion people dari brand ternama juga akan hadir seperti dari Guerlain designer director, Cartier director, Miss Europe 2020 dan masih banyak lagi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Live di Instagram

"Kita tahu bahwa industri ini begitu besar. Acara ini termasuk salah satu yang bisa kita manfaatkan untuk membawa brand lokal Indonesia ke luar negeri," ucap Temi Sumarlin, Chief Committee GEKRAFS Paris Fashion Show saat konferensi pers yang digelar secara hybrid, Jumat (18/2/2022).

Adapun brand yang akan tampil di fashion show adalah SCARLETT x IKYK, Greenlight x Danjyo Hiyoji, 3 second x Ican Harem, La sabelle x Em En Hair Design , Brand no brand, Yanti Adeni x Ayam Geprek Bensu, Shademulsk , Shade Signature, Deskranasda Banjar Baru, Chayra by Tika Ramlan.

Mereka bakal menunjukan Indonesia dari ragam perspektif seperti dari kesenian, budaya, sosial, arsitektur, dan makanan. Masyarakat Indonesia bisa menyaksikan secara live tayangan fashion show yang akan disiarkan di Instagram @gekrafs pada 6 Maret 2022 ,pukul 18.00 waktu Paris dan 24.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Sementara itu, Paris Fashion Week 2022 diadakan oleh FHCM (Fédération de la Haute Couture et de la Mode) dan berlangsung pada 28 Februari sampai 6 Maret 2022. Salah satu lokasi penyelenggaraannya adalah di The American Cathedral, Paris.

3 dari 5 halaman

Nomor Satu

Dukungan juga diberikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. "Kita akan memfasilitasi. Perlu digarisbawahi, bahwa fesyen ini menyumbang 29 persen lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif. Tapi dari segi ekspor, fesyen ini nomor satu," ujar Sandiaga dalam kesempatan yang sama.

Dalam mendukung jenama fesyen lokal agar bisa masuk ke kancah global, Sandiaga mengatakan pemerintah bergerak cepat untuk memastikan program yang dijalankan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

4 dari 5 halaman

Jadi Kebanggaan

Pria yang akrab disapa Sandi ini juga menyampaikan dukungannya terhadap komunitas GEKRAFS yang akan membawa 10 merek fesyen Indonesia untuk tampil di GEKRAFS Paris Fashion Show 2022.

Menurut Sandi, gelaran tersebut merupakan kesempatan yang luar biasa untuk mengangkat produk-produk ekonomi kreatif khususnya fesyen agar semakin dikenal secara global. "Ini termasuk suatu kebanggaan bagi kita untuk mengangkat jenama-jenama lokal yang luar biasa menurut saya, agar bisa dikenal dan diakui oleh dunia internasional," ujar Sandi yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina DPP GEKRAFS.

5 dari 5 halaman

Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.