Sukses

Apa Menu Favorit Jokowi Saat Makan di Warteg?

Sebuah warteg di Jakarta pernah kedatangan Jokowi yang singgah untuk makan setelah blusukan.

Liputan6.com, Jakarta - Warung Tegal atau warteg nyaris bisa ditemui di setiap daerah di Nusantara, termasuk di Jakarta. Dari sekian banyak warteg di ibu kota, Warteg 21 termasuk yang cukup menarik perhatian publik.

Hal ini lantaran warteg sederhana tersebut pernah didatangi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Orang nomor 1 di Indonesia itu pernah singgah di warteg itu saat ia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Hal itu diketahui dari unggahan di akun Youtube ‘Bang Mpin’ yang sering mengulas berbagai warung makan di Jakarta. Kedatangan Jokowi di warteg tersebut bertepatan dengan agenda monitoring pembangunan Taman Ria Rio di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Mengutip kanal tersebut pada Kamis, 3 Februari 2022, salah seorang pegawai warteg menjelaskan, Jokowi pernah bertandang pada 2013 lalu. Ia juga sempat berfoto bersama pemilik warteg.

"Mas, mau tanya. Katanya Pak Jokowi pernah ke sini ya?" tanya pembuat video. "Pernah, tahun 2013," terang salah satu pegawai.

Berdasarkan foto yang terpajang di dalam ruangan, Megawati ikut makan di warteg itu. Jokowi mengenakan atasan berwarna putih, sedangkan Megawati nampak elegan memakai kemeja berwarna biru terang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

30 Lauk

 

Pilihan menu di warteg ini sangat lengkap, ragam lauknya saja lebih dari 30 jenis. Menu andalannya antara lain ayam opor, peyek udang, kikil, orek tempe, telur dadar, kerang dan masih banyak lagi. 

Di antara beragam pilihan, apa yang jadi kegemaran Jokowi? Salah satu pegawai warteg tersebut mengungkapkan Jokowi memilih pare untuk ditambahkan ke dalam piring sajinya.

"Dia sukanya makan pare," terangnya. Warteg itu buka sejak pukul 07.00 pagi dan mulai ramai saat pukul 10.00 WIB.

 

3 dari 4 halaman

Anies Baswedan dan Erick Thohir

Tak hanya Jokowi dan Megawati, Gubernur DKI Jakarta saat ini Anies Baswedan dan Menteri BUMN Erick Thohir juga pernah makan di warteg. Anies misalnya, pada bulan lalu membagikan beberapa foto saat makan di sebuah warteg di Jakarta.

Ia menyambangi Warteg Peong di dalam Gang Kampung Muka RW 04, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Anies pun mengenang kunjungannya ke warteg itu lima tahun lalu, tepatnya saat berkampanye di Pilgub DKI 2017.

Sedangkan, Erick Thohir pernah tampil bersama food vlogger Nex Carlos di kanal YouTubenya pada Jumat, 14 Januari 2022. Carlos mengajak Erick untuk mencicipi sejumlah kuliner Betawi di sebuah warung makan sederhana di daerah Pondok Ranji, Tangerang Selatan.

Tempat makan bernama Warung Sayur Asem Betawi itu sudah sekitar lima tahun dibuka di kawasan tersebut. Menu yang mereka pilih antara lain dalah gurame bumbu pecak dan sayur asam khas Betawi yang kuahnya lebih bening dibandingkan sayur asam pada umumnya. Mereka juga mengambil jengkol balado.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.