Sukses

Baim Wong Buka Rumah Makan Gratis untuk Sopir Ojek Online dan Duafa, Apa Saja Menunya?

Liputan6.com, Jakarta - Baim Wong dikenal dengan konten berbaginya di YouTube maupun di televisi. Pria yang sering menyapa pengikutnya dengan panggilan 'Bosque' itu kali ini bekerja sama dengan sahabatnya yang juga pemain sinetron, Giovanni Tobing, untuk membuat rumah makan gratis. 

Rumah makan tersebut terletak di kawasan Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Di depan pagar, sebelum dibuka, mereka membentangkan spanduk bertuliskan ‘Rumah Makan Silahkan Makan Gratis, Jam Buka Pukul 12.00 Sampai Makanan Habis’.

Makanan yang disediakan diperuntukan para pengemudi ojol, pedagang kecil, dan kaum duafa yang membutuhkan. Hal itu dketahui dari unggahan di akun Youtube ‘Baim Paula’ pada 18 Januari 2022.

Dalam video bertajuk ‘Akhirnya Bisa Buka Rumah Makan Gratis untuk Mereka’ itu, Baim mengaku terinspirasi dari Aditya Prayoga yang merupakan pemilik Rumah Makan Gratis Ciangsana di Bogor, Jawa Barat. Dia pun ingin berbuat kebaikan yang sama dan berharap rumah makan miliknya dipenuhi banyak orang yang mengantre makanan.

Baim Wong dan Giovanni Tobing menyiapkan 100 porsi makanan setiap harinya. Ayah dua anak ini mengaku akan menambah porsinya, tetapi sementara masih dibatasi agar makanan tidak mubazir.

"Sekarang yang kami bagikan itu masih 100 orang. Tapi nantinya pasti bisa mencapai lebih karena kami enggak tahu, saya takut aja mubazir aja makanannya," kata Baim Wong.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sampai Akhir Hidup

Rumah Makan gratis itu menyajikan makanan yang terbungkus rapi dan dipenuhi oleh lauk pauk dan kerupuk. "Lauknya ada ayam goreng, tempe, sambal dan sayur asem," ucap Giovanni.

Baim mengaku mengajak pria yang biasa disapa Gio itu karena punya usaha katering yang sudah dirintis sejak 2009. Menurut Gio, kualitas makanan yang dimasaknya untuk rumah makan gratis tidak berbeda dengan masakan yang biasa dibuat timnya untuk katering.

Rumah makan ini akan berjalan setiap hari, kecuali Minggu. "Insya Allah Rumah Makan ini berjalan tiap hari (kecuali hari minggu), dan Insya Allah semoga niatan ini berjalan sampai akhir hidup saya"" kata Baim.

Pukul 12.00 siang saat rumah makan gratis dibuka, terlihat sudah banyak yang menunggu untuk mengambil makanan tersebut. Sebelum mengambil paket makanan, mereka diminta mengisi daftar nama lebih dulu. Mereka menuliskan nama, nomor telepon, dan tanda tangan.

3 dari 4 halaman

Undang Donatur

Letaknya yang strategis dan banyak dilewati para pengemudi ojol mudah untuk melihat dan mampir untuk makan gratis. Selain itu, ada juga pemulung, penjual barang bekas, sampai tukang sayur.

Saat pembukaan hari pertama, ada 87 orang yang mengambil paket makanan gratis. Baim dan Gio tidak menutup kemungkinan mengundang donatur yang ingin membantu. Terlebih, banyak rekannya yang berminat untuk membesarkan rumah makan gratis ini.

"Kemarin banyak WhatsApp gimana ini kalau misalkan dibantu. Dengan senang hati. Nah ketika itu misalkan besar bahwa gimana pun kita bisa buka tempat lain," katanya.

Sampai berita ini ditulis, unggahan rumah makan gratis milik Baim dan Gio itu sudah dilihat lebih dari 575 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 1.660 komentar. Hampir semuanya memuji apa yang dilakukan Baim dan Gio.

"Alhamdulillah, lebih banyak dermawan negara kita akan semakin makmur, semoga berkah... aamiin yra. Semoga Bosque sekeluarga dan team work sehat selalu agar bisa terus berbagi dan menginspirasi aamiin yra 😍," komentar seorang warganet. 

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19