Sukses

Menengok Rumah Makan Gratis yang Dikelola Uki Eks Noah

Rumah makan gratis yang dikelola Uki eks Noah bersama guru agamanya itu terbuka bagi semua kalangan.

Liputan6.com, Jakarta - Mundur sebagai anggota band Noah, Uki kini disibukkan dengan sejumlah bisnis dan kegiatan, salah satunya mengelola rumah makan gratis. Lokasi rumah makan itu berada di kawasan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, dekat Gerbang Tol Cileunyi.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama untuk saling membantu jika ada yang membutuhkan. Terlebih saat ini adalah bulan Ramadhan, bulan yang tepat untuk bersedekah," kata Uki dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (29/4/2021).

Rumah makan tersebut dinamai Rumah Makan Gratis Uki Kautsar, sesuai saran dari guru agamanya, Ustaz Imam Suhada. Dibuka secara resmi pada 15 Maret 2021, tempat makan tersebut menempati ruko dua lantai yang terletak di pinggir jalan.

"Ana (awalnya) enggak kepikiran bikin rumah makan proyek akhirat. Khusnuzon aja, mungkin ini peluang yang diberikan Allah. Karena ana enggak punya ilmu agama, mungkin Allah mau meningkatkan derajat dengan ini," kata Uki dalam video yang diunggah di akun Instagram pada 28 Maret 2021.

Ia menyatakan rumah makan tersebut terbuka untuk semua kalangan, baik yang duafa maupun yang berada. Siapapun yang berminat, bisa singgah asal mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan.

Sementara, Ustaz Imam mengatakan bahwa rumah makan gratis itu adalah rumah makan binaan ketiga yang dibuka. Cabang pertama dibuka di Balaraja, Tangerang, pada Agustus 2020, dan kedua berada di Harapan Mulian, Bekasi, pada November 2020.

"Ini yang terbesar, terbagus, termewah, semua berkat pertolongan Allah subhanahu wa ta'ala," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buka Donasi

Sebelum Ramadan, rumah makan tersebut buka setiap hari pada pukul 12--14 dan pukul 16--18, kecuali hari Minggu. Saat ini, rumah makan dibuka hanya pukul 16 hingga menjelang maghrib. Yang datang juga hanya boleh dibawa pulang, bukan untuk makan di tempat.

Uki mengungkapkan tempat makannya menerima donasi dalam bentuk apapun. Tak harus uang, pihaknya juga menerima bahan-bahan makanan untuk diolah menjadi santapan gratis.

"Mudah-mudahan dengan adanya tempat ini beri barokah. Kalau mau ikut bantu, silakan, tafaddol," ujar Uki. Imam juga menambahkan rumah makan itu ditargetkan bisa menyediakan kurang lebih 400--500 porsi makanan per hari.

"Doakan bisa istiqomah terus," ucap pemilik usaha pakaian muslim Emka Clothing itu.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Pesan Makanan Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.