Sukses

Gala Sky Sering Digendong Fuji, Apa Saja Manfaat Kebiasaan Ini?

Yang terbaru. Fuji juga terlihat menggendong Gala Sky saat mereka berlibur di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Momen kebersamaan Gala Sky dan Fuji, adik mendiang Bibi Andriansyah, hampir selalu menarik perhatian khalayak. Hangat interaksi keduanya membuat publik, terutama warga dunia maya, tersentuh, dengan tidak sedikit mengungkap kegemasan pada anak mendiang pasangan Bibi dan Vanessa Angel tersebut.

Di antara banyak potret mereka menghabiskan waktu bersama, ada satu pose yang cukup sering terlihat. Ya, di banyak kesempatan, Fuji terlihat menggendong Gala, termasuk saat di tempat umum, seperti pada foto liburan di Bali yang baru saja dibagikan di akun Instagram-nya.

Kebiasaan yang terlihat sepele, bahkan sudah lumrah di kalangan orang Indonesia ini nyatanya memiliki sejumlah manfaat. Mengutip Healthline, Kamis (30/12/2021), merujuk pada penelitian, yang saat ini jumlahnya masih terbatas, kebiasaan menggendong bermanfaat bagi anak dan orang yang menggendongnya secara rutin.

Menggendong dapat membantu mengurangi tangisan dan rengekan. Para peneliti menemukan kesimpulan ini pada 1986. Dalam studi terkontrol acak, mereka menemukan bahwa bayi dan balita yang digendong lebih sedikit menangis dan rewel daripada yang tidak digendong.

Namun, penelitian lebih lanjut dengan kelompok lebih besar dan beragam diperlukan untuk lebih memahami hubungan antara menggendong dan frekuensi tangisan anak.

HSS mencatat, menggendong juga bermanfaat untuk pertumbuhan emosional dan intelektual. Penelitian telah menunjukkan bahwa kontak fisik yang dekat dari menggendong dapat meningkatkan keterikatan. Kebiasaan ini juga disebut mempromosikan perkembangan bahasa anak.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengembangkan Keseimbangan

Medvisit mencatat, saat menggendong, anak akan seirama dengan ritme pernapasan si penggendong. Mereka juga mampu mengikuti suara detak jantung orang yang menggendong, dan gerakan yang dilakukan, baik itu berjalan, membungkuk, atau berputar, semua gerakan ini membantu mengatur respons fisik anak itu sendiri.

Karenanya, salah satu manfaat utama menggendong anak adalah membantu mengembangkan daya keseimbangan. Ini juga merupakan kesempatan bagi anak untuk melatih kelompok otot inti dengan harus bergerak dan menjaga kepalanya tegak.

Dengan menggendong, pengasuh juga jadi lebih sadar akan gerak tubuh dan ekspresi wajah anak. Karena itu, anak bisa mencoba mengomunikasikan mau mereka tanpa menangis. Bila komunikasi ini berjalan lancar, kepercayaan anak pada pengasuhnya kemungkinan meningkat.

3 dari 4 halaman

Cara Menggendong yang Benar

Penting untuk menggendong anak dengan benar. Pertama, buat dasar yang stabil untuk menghindari cedera pada panggul dan punggung, saran Kelli Berzuk, fisioterapis dasar panggul di Winnipeg, mengutip Today's Parent.

Kemudian, membungkuklah menggunakan lutut, dan jaga agar tubuh bagian atas tetap tegak. Dorong anak untuk menghadap ke dada, sehingga si penggendong tidak condong ke depan.

Libatkan otot-otot dasar panggul Anda, dan gunakan otot kaki untuk berdiri. Pegang anak dekat dengan dada, semetara kakinya melingkari pinggang. Jika harus menggendong anak di satu pinggul, lakukan secara bergantian sehingga tidak selalu meletakkan beban di satu sisi tubuh.

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.