Sukses

Ridwan Kamil Minum Kopi Berlapis Emas dari Jawa Barat di Burj Khalifa

Ridwan Kamil mempromosikan Kopi Luwak Ciwidey yang disuguhkan chef Eka yang juga berasal dari Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Kopi Indonesia sudah terkenal akan cita rasa yang khas dan telah menembus pasar global. Salah satunya adalah kopi luwak, yang memang asli dari Indonesia. Hal itu dibuktikan sendiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ia mendapat kejutan ketika diundang untuk mengunjungi restoran At.Mosphere di Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada pekan lalu. Secangkir kopi asli Ciwidey, Jawa Barat, yang dihidangkan dengan kertas emas menjadi 'hadiah' saat Ridwan makan siang di sana.

Kopi ini dihidangkan oleh chef Eka Muhammad, seorang putra Jawa Barat yang menjadi chef dan peracik menu di restoran tersebut. Hal itu, diungkapkan Ridwan melalui unggahan di akun Instagramnya, Senin, 15 November 2021.

"Assalamualaikum, saya sedang di Dubai bersama chef kebanggaan, Eka Pratama Mochamad, asal Jawa Barat. Jadi chef di Armani Hotel Dubai, di Gedung Burj Khalifa, gedung paling keren di Dubai," kata Ridwan melalui video singkat yang diunggah di akun Instagramnya.

Sambil memegang cangkir. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini kemudian mempromosikan Kopi Luwak Ciwidey yang disuguhkan chef Eka. "Chef Eka menyuguhkan kopi termahal pakai emas, yang ternyata Kopi Ciwidey. Saya baru tahu emas bisa diminum. Saya terima kopinya dengan emasnya di dalam kopi. Sah?" katanya menirukan ucapan Ijab Kabul, yang langsung memancing gelak tawa Chef Eka dan tamu lainnya .

Kang Emil juga mengungkapkan rasa bangga karena salah satu kopi termahal di dunia diracik oleh orang Indonesia. Bukan itu saja, kopi dengan taburan butiran emas itu, menjadi sajian ekslkusif yang hanya tersedia di Armani Hotel Dubai, yang berada di gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cendol Jadi Dessert

Kang Emil mengungkapkan, chef Eka juga berinovasi dengan cendol hijau yang diracik jadi dessert yang menarik. Di atas cendolnya diberi topping berupa es krim.

Selain chef Eka, Kang Emil mengatakan ada tiga orang lainnya di restoran At.Mosphere yang berasal dari Jawa Barat. "Terima Kasih Kang Eka, tetap mencintai Indonesia dan Jawa Barat dengan bela negara berinovasi dengan produk kuliner Jabar ke dunia," kata Kang Emil menutup unggahan Instagramnya.

Setelah kembali ke Indonesia dan menjalani karantina selama beberapa hari, Emil menerima kunjungan kerja Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Elizabeth Truss di Gedung Creative Center, Kota Bogor, 12 November 2021. Dalam kesempatan itu, Emil menyiapkan sajian istimewa sekaligus unik dan menarik bagi tamuny, yakni Es Cendol Elizabeth.

3 dari 4 halaman

Cendol Elizabeth

"Bersama Walikota Bogor @bimaaryasugiarto, kami suguhi Cendol Elisabeth Bogor. Beliau surprise karena ada minuman pake nama Elizabeth, dan berharap bisa hadir di kafe-kafe di London. *siap laksanakan," tulisnya dalam unggahannya di Instagram pada 12 November 2021.

Elizabeth memang menjadi nama yang umum di Inggris Raya. Nama itu juga menjadi nama Ratu Inggris. Diplomasi bilateral dengan jajanan khas Jabar tersebut ternyata menjadikan obrolan antara kedua belah pihak jadi lebih cair.

Usai pertemuan, Kang Emil juga mengungkapkan keinginan Menlu Inggris, agar Jabar membuka restoran di London dengan sajian menu Es Cendol. "Jadi beliau meminta kalau bisa buka restoran di London, ada cendolnya lah, itu tentang diplomasi cendolnya," ungkapnya.

 

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.