Sukses

Warganet Bagikan Cara Bikin Camilan Anak dari Nasi Sisa

Nasi sisa yang sudah dikeringkan, kemudian digoreng dengan minyak panas hingga mekar dan tiriskan.

Liputan6.com, Jakarta - Nasi sisa di rice cooker atau tempat nasi lainnya sering terpaksa dibuang . Kalau sudah lebih dari sehari, biasanya nasi akan mengeras atau akan menjadi kerak.

Namun siapa sangka, nasi sisa ternyata juga bisa dibuat menjadi camilan manis yang nikmat. Informasi ini dibagikan seorang pria bernama Arief melalui akun TikTok @4r1efzada54hel.

Bukan sekadar nasi sisa, pria ini bahkan memanfaatkan kerak nasi yang menempel di rice cooker menjadi camilan menyerupai Beng-Beng. Pertama ia menuangkan air ke dalam wadah rice cooker yang masih berisi nasi sisa yang menempel.

Ia kemudian merontokkan nasi yang ada di permukaan wadah. Setelah itu, nasi sisa tersebut ditiriskan dan dijemur hingga kering. Setelah kering, nasi sisa itu digoreng dengan minyak panas hingga mekar dan tiriskan.

Selanjutnya, panaskan 100 gram gula pasir, 50 ml air, dan sebungkus minuman sachet rasa jeruk nipis. Aduk dan masak sampai berbuih. Masukkan nasi yang telah digoreng dan masak selama beberapa saat.

Siapkan loyang kemudian cetak nasi kering tersebut dan padatkan. Diamkan sejenak hingga mengeras kemudian potong-potong nasi menyerupai ukuran Beng-Beng.

Lumuri nasi yang sudah tercetak itu dengan cokelat cair, lalu iamkan hingga cokelat mengeras. Camilan murah meriah dari nasi sisa pun siap disantap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Camilan Manis

Sekilas tampilan camilan manis dari nasi sisa ini memang menyerupai camilan cokelat karamel yang sangat terkenal dan disukai anak-anak. Rasanya pun sudah tak seperti nasi karena renyah.

Video tutorial membuat camilan dari nasi sisa ini menarik perhatian banyak warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan pada 1 Oktober 2021 ini.

"Di tempatku makanan kayak gitu namanya Jipang," komentar seorang warganet.  "Nggak nyangka nasi sisa yang nempel di rice cooker bisa dibikin camilan. Menarik nih, jadi nggak buang-buang," komentar warganet lainnya.

Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 2,1 juta kali dan disukai lebih dari 89 ribu kali.

3 dari 4 halaman

Perhatikan Tekstur dan Baunya

Masak nasi terlalu banyak dan berlebihan memang jadi merepotkan. Tidak ada yang makan dan harus dibuang, padahal sayang. Karena itu, penting untuk mengetahui resep olahan nasi sisa.

Nasi sisa kemarin memang nutrisinya sudah berbeda dengan nasi baru, begitu juga rasanya. Dikutip dari kanal Hot Liputan6.com, lebih baik mengolah yang baru untuk makanan pokoknya dan mempraktikkan resep olahan nasi sisa ini.

Bisa dibuat lauk pauk, camilan, dan kue untuk kudapan yang lebih lezat. Beberapa olahan makanan yang bisa dibuat dari nasi sisa antara lain, bola jagung, sempol, cireng, kerupuk, kue lumpur, pancake, rengginang, bubur sumsum dan puding.

Meski begitu, sebelum mempraktikkan resep olahan nasi sisa tetap perhatikan tekstur dan bau nasinya. Jika sudah sangat kering dan tak layak konsumsi sama sekali lebih baik buang. Hindari juga menggunakan nasi yang baunya menyengat.

 

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.