Sukses

5 Makanan Sehat Favorit Orang Indonesia 2020, Paling Banyak Dipesan Selama Pandemi

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas di luar rumah memang serba terbatas selama pandemi Covid-19 ini. Tetapi, minat masyarakat Indonesia untuk membeli makanan dari restoran maupun penjual makanan lainnya tetap tinggi berkat jasa pesan antar makanan secara online.

Dari beragam jenis makanan yang tersedia, ternyata konsumen Indonesia paling senang dengan menu olahan ayam. Faktanya, di 2020 ada lebih dari 42 juta hidangan dengan bahan dasar ayam yang dipesan saat makan siang. Di sisi lain, semakin banyak juga masyarakat yang menyukai makanan sehat.

Informasi itu diketahui dari platform pemesanan makanan daring GrabFood dari Grab Indonesia. Mereka baru saja merilis laporan mengenai tren F&B di Indonesia 2020/2021.

Bekerja sama dengan NielsenIQ, perusahaan layanan digital itu meneliti tren kuliner lokal di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia selama masa pandemi lewat program GrabNEXT. Penelitian dilakukan secara online oleh NielsenIQ untuk Grab di Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Salah satu hasil survei mereka yang cukup menarik adalah tentang makanan sehat di Indonesia. Ada peningkatan 32 persen dalam pesanan makanan sehat pada 2020 di GrabFood dibandingkan dengan 2019.

Menurut hasil survei yang diterima Liputan6.com itu, dalam beberapa tahun terakhir, konsumen menjadi lebih sadar akan kesehatan. Ini termasuk cara mereka berpikir tentang makanan. 

2 dari 4 halaman

Persepsi Makanan Sehat

Tujuh dari 10 orang Indonesia ternyata ingin mengonsumsi makanan sehat. Dan dari jumlah itu, sebanyak 70 persen bahkan bersedia membayar lebih untuk makanan yang lebih sehat, terutama mereka yang berusia antara 25-44 tahun.

Rata-rata nilai pesanan untuk makanan sehat juga meningkat 25 persen. Para konsumen punya persepsi sendiri tentang makanan sehat menurut mereka.

Ada enam definisi terpopuler tentang makanan sehat menurut konsumen. Yang pertama adalah bahan-bahan organik/natural, lalu pemantauan nutrisi, kemudian makanan yang lebih sedikit garam, gula, dan minyak.

Keempat, diproduksi secara lokal dan kalorinya dipantau. Terakhir, bahan-bahan segar serta berkualitas tinggi. Sedangkan, makanan dan minuman sehat menurut konsumen yang paling banyak dipesan sepanjang 2020 adalah salad, sup, jus, sandwich dan makanan kukus.

3 dari 4 halaman

Alasan Pesan Makanan Online

Fakta menarik lainnya, rata-rata konsumen mengeluarkan anggaran membeli paket makanan terbesar untuk makan malam, yaitu sekitar Rp37 ribu sampai Rp39 ribu, sedangkan untuk makan siang sekitar Rp34 ribu sampai Rp36 ribu. Selain untuk waktu makan utama, konsumen Indonesia juga senang membeli camilan di sore hari, dengan teh susu cokelat hazelnut menjadi pesanan terpopuler.

Menu camilan lain yang tak kalah favorit adalah mi goreng pedas, udang rambutan, kopi susu, dan ayam geprek. Sementara itu, martabak dipesan hampir 7 juta orang di tahun 2020. Hal ini menunjukkan bagaimana martabak masih menjadi camilan atau kudapan andalan masyarakat Indonesia.

Ada tiga alasan utama kenapa banyak yang memesan makanan secara online, yaitu menghindari antrean di restoran, tidak ada waktu untuk memasak dan memuaskan hasrat akan makanan yang tidak bisa/sulit dimasak.  Keluarga dengan anak-anak adalah konsumen utama dari layanan pesan-antar makanan.

 

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19