Sukses

Ternyata 6 Makanan Ini Bisa Memicu Terjadinya Sakit Kepala

Faktanya beberapa makanan memiliki kandungan zat tertentu yang bisa memicu munculnya sakit kepala.

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap orang pernah merasakan sakit kepala dalam hidupnya. Menurut catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya separuh penduduk dunia berusia dewasa setidaknya mengeluhkan sakit kepala setiap tahun. 

Umumnya sakit kepala ini berupa sensasi berdenyut seperti ditusuk-tusuk atau diikat. Ada berbagai hal yang bisa memicu terjadinya sakit kepala. Bukan hanya akibat stres, masuk angin, dan kebiasaan tidur yang buruk, faktanya beberapa makanan memiliki kandungan zat tertentu yang bisa memicu munculnya sakit kepala.

Jika selama ini kamu hanya tahu makanan pemanis buatan, makanan asin, es krim dan MSG menjadi penyebab sakit kepala, ketahuilah bahwa masih banyak jenis lainnya yang bisa memicu terjadinya sakit kepala. Dikutip dari KlikDokter, berikut ini daftarnya.

1. Cabai dan Bawang

Bahan makanan yang disukai orang Indonesia ini  ternyata dapat mencetuskan sakit kepala pada beberapa orang. Hal ini diduga akibat kandungan capsaicin yang ada di dalamnya.

Mengonsumsi bawang mentah rupanya bisa mencetuskan sakit kepala. Hal ini disebabkan karena bawang menstimulasi saraf trigeminal untuk melepaskan suatu senyawa ke otak, yang pada akhirnya menyebabkan sakit kepala.

2. Coklat

Cokelat dikenal ampuh untuk dapat meredakan stres. Namun bila dikonsumsi berlebihan, makanan ini bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala. Hal ini karena cokelat memiliki kandungan asam amino tinggi, yang merupakan keluarga dari senyawa tiramin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Pisang

Makan secara berlebihan memang tidak dianjurkan. Kebanyakan makan pisang ternyata bisa menyebabkan sakit kepala. Alasannya, arena buah berkulit kuning itu memiliki kandungan tiramin, yang jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat mencetuskan sakit kepala pada beberapa orang.

4. Daging Olahan

Hati-hati buat kamu yang gemar makan hot dog, bacon dan burger. Karena mengonsumsi daging olahan juga dapat memicu terjadinya sakit kepala. daging-daging olahan tersebut umumnya memiliki pengawet yang mengandung nitrat. Zat nitrat itulah yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan mencetuskan sakit kepala.

5. Makanan yang Difermentasi

Bagi penyuka acar fermentasi (pickles) atau kimchi, kamu patut waspada. Pasalnya, jenis makanan tersebut memiliki kandungan tiramin yang tinggi dan mudah sekali mencetuskan sakit kepala.

6. Keju dan produk 

Kedua makanan ini juga bisa menjadi penyebab sakit kepala jenis migrain. Keluhan tersebut bisa terjadi akibat kandungan tiramin yang ada di dalamnya. Tinggi rendahnya kandungan tiramin berhubungan dengan berapa lama keju tersebut disimpan. Semakin tua usia keju, kandungan tiramin akan semakin besar.

Itulah beberapa makanan yang bisa memicu terjadinya sakit kepala. Ingatkan untuk mengonsumsi secara cukup dan tidak berlebihan. Apabila kamu telah menghindari makanan yang menyebabkan sakit kepala namun keluhan tetap saja terjadi, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter agar mendapatkan penanganan tepat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini