Sukses

Cucu Sukarno Menarik Becak di Depan Restoran Indonesia di Paris

Sosok cucu Sukarno yang berusia 14 tahun itu kembali menarik perhatian saat berfoto di atas becak.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai mantan presiden Indonesia, sosok keluarga Sukarno atau Bung Karno selalu menarik perhatian. Salah satunya adalah cucu Sukano, Frederik. Pemilik nama lengkap Frederik Kiran Soekarno ini merupakan putra dari Karina Kartika Sari Dewi Sukarno, putri semata wayang Naoko Nemoto alias Ratna Sari Dewi Sukarno dan Bung Karno.

Kartika sendiri menikah dengan Frits Frederik Seegers, seorang Presiden Citibank Eropa yang berasal dari Belanda. Frits meninggal dunia di awal tahun ini, tepatnya pada 3 Februari 2021 di Bali.

Lahir dengan darah campuran Indonesia, Jepang dan Belanda, Frederik Kiran kerap mencuri perhatian publik lewat paras blasteran. Frederik kini sudah beranjak remaja, usianya 14 tahun.

Baru-baru ini sosok Frederik kembali jadi sorotan. Ia tampak sedang menarik becak di luar negeri. Tidak sendiri, ada seorang penumpang yang duduk di atas becaknya.

Ia hanya berpose sedang menarik becak. Sedangkan yang jadi penumpang adalah ibunya sendiri. Hal itu diketahui dari unggahan akun @kartikasoekarnofoundation di Instagram pada 2 Agustus 2021.

Keduanya tampak begitu menikmati momen kebersamaan mereka di Paris. Sedangkan ibunya, Kartika, masih terlihat menawan di usia 54 tahun dengan senyum hangatnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Restoran Indonesia

"Indonesia akan tetap di hati kami walau kami ada di Paris. Pertemuan yang indah dengan Nina Hanafi, putri dari Dubes di Kuba selama tahun 1960-an," tulis Kartika dalam keterangan foto. Cucu dan putri Sukarno itu ternyata sedang berada di Paris untuk mengunjungi sahabat lama keluarga mereka, Nina Hanafi.

Nina adalah pemilik restoran Djakarta Bali di Paris yang menyajikan makanan khas Indonesia. Becak yang dinaiki Frederik dan Kartika adalah salah satu properti yang dipajang di depan restoran.

Unggahan tersebut mendapat banyak komentar positif dari warganet. "Hahaha, anak yang baik bantu bekerja untuk ibunya," komentar seorang warganet. "Wow ini hebat banget! Kami akan pasti kerestoran ini kalau ke Paris!!!" timpal warganet lainnya.

Restoran Djakarta Bali tersebut pertama kali dibuka almarhum A.M. Hanafi, mantan Duta Besar Indonesia untuk Kuba, pada 1983. Saat ini, restoran tersebut dikelola sang putri, Nina Hanafi.

3 dari 4 halaman

Nasi Goreng dan Rendang

Dikutip dari laman Bola.com, berbagai ornamen khas Bali terlihat di beberapa sisi pintu atau jendela-jendela restoran. Bahkan, hiasan kotak pos di bagian samping pintu kayu cokelat tua bertuliskan "kotak surat".

Di beberapa sudut ruangan, terdapat foto-foto juga bernuansa kebudayaan Indonesia. Selain itu, ada juga foto bersejarah ketika A.M. Hanafi sedang bertemu dengan beberapa tokoh besar Indonesia, seperti Sukarno, Gus Dur, dan Fidel Castro.

"Ayah saya pertama kali mendirikan restoran ini ketika tinggal di Paris. Beliau memang mengenal Sukarno dan pernah bertemu dengan Fidel Castro di Kuba," terang Nina Hanafi.

Selain keindahan tata ruang, menu makanan restoran Djakarta Bali pun sebagian besar diisi makanan khas Indonesia. Ada soto ayam, nasi goreng, mi goreng, satai, ketoprak, gado-gado, asinan, pepes, rendang, opor ayam hingga kolak pisang pun tersedia.

Kartika sendiri menuliskan di Instagramnya kalau ia sangat menyukai nasi goreng dan rendang sapi. Putri Sukarno ini juga membagikan beberapa foto suasana dan makanan di restoran Djakarta Bali.

4 dari 4 halaman

Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.