Sukses

Bali Masuk Daftar 20 Destinasi Wisata dengan Sunset Terindah di Dunia

Bali berhasil masuk ke dalam daftar sunset terindah di dunia. Di peringkat berapa?

Liputan6.com, Jakarta - Pemandangan matahari terbenam atau sunset menjadi salah satu atraksi wisata tersendiri bagi wisatawan terutama saat mengunjungi pantai. Tak sulit untuk melihat sunset. Kita bisa menemukannya dengan mudah di beberapa destinasi wisata di dunia, termasuk di Indonesia.

Lalu, di manakah destinasi wisata dengan sunset terindah di dunia? Belum lama ini Use Bounce, sebuah agen perjalanan yang berbasis di Amerika Serikar (AS) mengungkap daftar destinasi wisata dengan pemandangan sunset terindah di dunia tahun 2021.

Dalam menyusun daftar tersebut, tim mereka melakukan beberapa metodologi dan menentukan penilaian berdasarkan sunset score. Untuk menentukan sunset score, pihaknya mengumpulkan sejumlah artikel yang merekomendasikan destinasi wisata tersebut, jumlah unggahan destinasi wisata dengan tagar "sunset" atau "sunrise" per 16 Juni 2021 di Instagram.

Mereka juga mengukur keindahan sunset dari tingkat kecerahannya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga Light Pollution Map. Hasilnya, urutan pertama sunset terbaik dunia tahun 2021 diraih Santorini di Yunani.

Dalam penilaian, Santorini memiliki 12 artikel dan 108.109 postingan tentang sunset. Skor yang diperoleh adalah 8,29 dari 10. Keindahan Santorini memang sudah banyak diakui.

Bangunan putih dengan atap biru di perbukitan yang khas membuat paduan indah dengan latar pemandangan yang memukau.Yang menarik dan membanggakan, Bali berhasil masuk ke dalam daftar sunset terindah di dunia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Lengkap

Bali berada di peringkat kedua dengan 5 artikel dan 174.966 postingan tentang sunset. Skor yang diperoleh adalah 7,13 dari 10. Di Bali, Anda dapat menyaksikan matahari terbenam dengan minuman atau makan di salah satu bar pinggir laut dan restoran saat matahari terbenam di balik laut.

Anda yang pernah atau bahkan sering ke Bali tentu tahu kalau Pulau Dewata tersebut punya banyak spot menarik untuk menikmati sunset, salah satunya di Tanah Lot. Bali berhasil mengalahkan sejumlah destinasi wisata populer dunia lainnya, seperti Hawaii yang berada di peringkat ketiga, dan Maldives yang menempati peringkat kedelapan.

Berikut daftar 20 destinasi dengan pemandangan sunset terbaik dunia versi Use Bounce:

1. Santorini-Yunani

2. Bali-Indonesia

3. Hawaii-Amerika Serikat

4. Rio de Janeiro-Brasil

5. Grand Canyon National Park-Amerika Serikat (AS)

6. Angkor Wat-Kolombia

7. Key West-Florida, AS

8. Maldives-Maldives

9. Haleakala-AS

10. Uluru-Australia

11. Serengiti-Tanzania

12. Ibiza-Spanyol

l13. Isle of Skye-Inggris

14. Boracay-Filipina

15. Taj Mahal-India

16. Sydney-Australia

17. Bagan-Myanmar

18. Bora-Bora-Polinesia Prancis

19. Martaha's Vineyard-AS

20. Venesia-Italia.

3 dari 4 halaman

Tempat yang Dirindukan

Tak hanya pemandangan sunset terindah, Bali juga beberapa kali masuk daftar destinasi wisata favorit dunia. Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang rindu terhadap tempat-tempat wisata yang pernah dan bahkan ingin mereka kunjungi.

Lewat Instagram, mereka kemudian mengunggah potret tempat yang dirindukan (worlds missed places) yang mereka ingin kunjungi segera. Beberapa periset menunjukkan dengan tepat situs, objek wisata, dan landmark yang paling orang rindukan dengan mengekstraksi data lokasi dari 208.362 unggahan di Instagram dengan tagar #TakeMeBack dan menyusunnya berdasarkan lokasi, seperti dilansir dari Daily Mail, pada Juni 2020.

Destinasi wisata yang paling dirindukan oleh para pelancong adalah Kompleks Piramida Giza di Mesir, Bali di Indonesia, Santorini di Yunani. Sementara, kota-kota yang paling dirindukan adalah New York, kemudian Paris dan London.

Tower Bridge di Inggris menjadi spot yang paling dirindukan, dilanjutkan dengan London Eye dan Buckingham Palace menempati posisi kedua dan ketiga. Di Amerika ada nama Brooklyn Bridge, diikuti Times Square dan Central Park.

4 dari 4 halaman

Aturan Pembatasan PPKM Darurat Jawa Bali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.