Sukses

Caeleb Dressel, Perenang Andalan AS di Olimpiade Tokyo 2020 yang Baru Menikah dan Masih Sering Gugup

Liputan6.com, Jakarta - Tim renang Amerika Serikat (AS) baru saja meraih emas untuk renang estafet 4 x 100 meter gaya bebas putra di Olimpiade Tokyo 2020, Senin (26/7/2021). Di antara bintangnya, muncul nama Caeleb Dressel.

Dressel unggul jauh dari lawan-lawannya sebelum kompetisi dilanjutkan Zach Apple, Bowen Becker, dan Blake Pieroni. Dilansir dari CBS Sports, Senin (16/7/2021), tim AS akhirnya finis di posis pertama, disusul tim renang Italia dan Australia yang masing-masing merah medali perak dan perunggu Olimpiade tahun ini.

Dressel memang sudah disebut-sebut bakal jadi salah satu bintang di Olimpiade Tokyo. Ia menargetkan tujuh medali emas di cabang olahraga (cabor) renang.

Pria berusia 24 tahun itu baru dua kali tampil di Olimpiade. Sebelumnya, ia tampil di Olimpiade Rio 2016 dengan meraih dua medali emas. Saat itu, ia hanya meraih emas di nomor estafet, sedangkan di nomor individu, Dressel gagal meraih medali.

Salah satu perenang di tim AS saat itu adalah Michael Phelps. Dilansir dari teamusa.org, Phelps adalah atlet tersukses dalam sejarah Olimpiade. Ia merupakan atlet pengoleksi medali terbanyak dalam sejarah acara olahraga empat tahunan tersebut.

Total ada 28 medali yang didapatnya dari cabang renang, dan 23 diantaranya merupakan medali emas. Pria berusia 36 tahun itu meraih empat medali emas dari Olimpiade Athena 2004, Beijing 2008, London 2012, dan Rio 2016. Phelps sukses besar di Olimpiade Beijing 2008 dengan meraih delapan medali emas.

Selain 23 emas, Phelps pernah meraih tiga medali perak dan dua perunggu. Selama mengikuti Olimpiade, Phelps memenangi 13 medali di nomor individu. 10 lainnya didapat di nomor estafet. Michael Phelps kini sudah pensiun dan Caeleb Dressel diyakini akan jadi penerusnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

2 dari 4 halaman

Mempersiapkan Pernikahan

Meski kalah pamor dari Phelps di Olimpiade Rio 2016, Dressel mampu tampil dan berprestasi di berbagai kejuaraan. Pria kelahiran Florida, AS ini berhasil meraih tujuh medali emas di Kejuaraan Dunia 2017 di Budapest, Hungaria. Jumlah medali emas ini sama dengan yang diraih Michael Phelps pada Kejuaraan Dunia FINA 2007 di Melbourne, Australia.

Setelah itu, Dressel berhasil memboyong enam medali emas di Kejuaraan Dunia Atletik 2019 di Gwangju, Korea Selatan. Saat itu, ia juga berhasil memecahkan rekor dunia 100 meter gaya kupu-kupu milik Michael Phelps yang sudah bertahan selama 10 tahun.

Deretan prestasi gemilang itu membuat pemilik nama lengkap Caeleb Remel Dressel ini makin diyakini akan meneruskan prestasi gemilang Phelps di ajang Olimpiade. Meski Olimpiade Tokyo sempat tertunda, semangat pria setinggi 191 meter itu tak pernah kendur. Ia bahkan sempat tinggal dengan pelatihnya agar dapat berlatih secara teratur, sekaligus menjaga kondisi tubuhnya tetap fit selama pandemi, termasuk melakukan hiking hampir setiap hari.

Tak hanya mempersiapkan dirinya menghadapi Olimpiade Tokyo, Dressel juga fokus mengurus pernikahannya dengan Meghan Haila yang juga seorang perenang. Meghan merupakan teman sekolah Dressel dan mereka sudah berpacaran sejak 2013. hingga akhirnya bertunangan pada akhir 2019.

Dressel dan Meghan menikah pada 13 Februari 2021 di Jacksonville, Florida. Dalam unggahan di akun Instagram Dressel, acara pernikahan keduanya terlihat diadakan di luar ruangan dengan jumlah tamu tidak terlalu banyak karena masih dalam masa pandemi.

3 dari 4 halaman

Tak Ingin Dibandingkan

Meski sudah meraih banyak prestasi dan diprediksi akan meraih banyak medali emas, Dressel mengaku terkadang merasa gugup sebelum berlomba, terutama di ajang besar seperti kejuaraan dunia dan Olimpiade. Untuk mengatasinya, ia berendam lebih dulu, sehingga bisa sedikit mengurangi rasa gugupnya. 

Meski kerap dibandingkan dengan Phelps, Dressel mengaku tidak terlalu peduli dengan pendapat tersebut. "Saya tidak peduli orang-orang mengharapkan apa dari saya atau membandingkan saya dengan orang lain. Saya hanya ingin berenang dengan cepat," ucapnya pada Sport Illustrated.

Usai Olimpiade, berapa pun medali yang diraihnya nanti, Dressel akan kembali ke rumahnya. Ia akan berkumpul lagi dengan istri, keluarganya, dan anjing hitam kesayangannya yang diberi nama Jane.

4 dari 4 halaman

Infografis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020