Sukses

Michael Phelps, Sang Raja Emas Olimpiade

Michael Phelps merupakan atlet tersukses dalam sejarah Olimpiade. Dia mendapat 23 medali emas.

Liputan6.com, Jakarta- Olimpiade 2020 sebentar lagi akan dimulai setelah ditunda selama satu tahun. Berbicara Olimpiade, tentu nama perenang Amerika Serikat Michael Phelps akan selalu dibicarakan. Phelps merupakan atlet tersukses dalam sejarah Olimpiade.

Phelps merupakan manusia pengoleksi medali terbanyak dalam sejarah Olimpiade. Total ada 28 medali yang didapatnya dari cabang renang. Yang lebih dahsyat, 23 diantaranya merupakan medali emas.

Pria yang kini berusia 36 tahun itu total mengikuti empat medali emas dari Athena 2004 hingga Rio 2016. Selain 23 emas, Phelps pernah meraih tiga medali perak dan dua perunggu.

Selama mengikuti Olimpiade, Phelps memenangi 13 medali di nomor individu. 10 lainnya didapat dinomor estafet. Phelps kini sudah pensiun. Dia tidak akan ikut bertanding di Olimpiade 2020.

Sebelum Phelps begitu berjaya, ada nama pesenam wanita Larisa Latynina. Wanita Uni Soviet itu total meraih sembilan medali emas Olimpiade.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kato

Latynina pada usia 21 tahun sudah merebut empat medali emas di Melbourne 1956. Empat tahun kemudian di Roma, Latynina membawa pulang tiga emas. Latynina menutup kiprahnya di Olimpiade dengan dua emas di Tokyo 1964.

Untuk atlet Asia tersukses di Olimpiade ada Sawao Kato. Persenam Jepang itu total sudah mendapatkan delapan emas Olimpiade dari 1986 hingga 1976.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.