Sukses

Pria Skotlandia Tewas dalam Pendakian Rute Baru Gunung K2 demi Galang Donasi

Liputan6.com, Jakarta - Pendaki Skotlandia bernama Rick Allen tewas dalam longsoran salju di Gunung K2. Tragedi ini terjadi ketika ia mencoba mengambil rute baru menuju puncak gunung tersebut.

Dilansir dari The Guardian, Senin (26/7/2021), Rick punya misi mulia di balik upaya pendakian gunung tertinggi kedua di dunia tersebut. Pendaki berusia 68 tahun ini tengah menggalang dana untuk badan amal Partners Relief & Development.

Rick terperangkap dalam longsoran salju di sisi tenggara gunung. Dua rekan pendakiannya, yakni Jordi Tosas dari Spanyol dan Stephan Keck dari Austria, dilaporkan diselamatkan tanpa cedera serius.

"Dengan sangat sedih mengumumkan bahwa Rick Allen, anggota dewan Partners Relief & Development UK dan juga seorang teman baik, telah meninggal saat mencoba rute baru di K2, gunung tertinggi kedua di dunia," bunyi keterangan di Facebook badan amal itu.

Disebutkan pula, Rick meninggal dunia melakukan apa yang paling ia cintai. Pendaki asal Aberdeen ini juga menjalani hidupnya dengan keberanian dari keyakinannya.

"Semua anggota dewan berbelasungkawa kepada keluarga Rick. Pernyataan yang lebih lengkap akan dirilis setelah kami memiliki lebih banyak berita dan ketika kami memiliki waktu untuk mempertimbangkan bagaimana kami dapat berterima kasih atas kontribusi Rick untuk pekerjaan kami dan warisannya," lanjut keterangan itu soal kepergian pendaki Rick Allen.

 
2 dari 5 halaman

Misi Mulia

Pada halaman penggalangan dana yang dibagikan oleh badan amal bantuan internasional, disertakan keterangan dua pendaki gunung paling berpengalaman di Inggris, Rick Allen dan Jerry Gore, tengah mencoba pendakian K2. Ini adalah puncak tertinggi kedua di dunia dan yang paling menantang.

"Rick adalah wali dari Partners UK, yang saat ini berfokus pada pemenuhan kebutuhan kesehatan dan pendidikan untuk anak-anak pengungsi yang keluar dari rumah mereka di Myanmar akibat pergolakan politik baru-baru ini," lanjut keterangan itu.

Sedangkan, Jerry, yang hidup dengan diabetes tipe 1, melalui Action4Diabetes, memfasilitasi distribusi insulin kepada anak-anak dengan diabetes di seluruh Asia Tenggara. "Jika pasangan ini berhasil, Jerry akan menjadi pendaki gunung Inggris pertama dan Prancis pertama dengan diabetes tipe 1 yang mencapai puncak K2," jelas pesan itu.

3 dari 5 halaman

Sempat Diduga Tewas di 2018

Penggalangan dana itu baru menerima 170 Pound sterling dari target 10 ribu Pound sterling pada saat kematian dilaporkan. Lalu pada Minggu malam, 25 Juli 2021, jumlah donasi bertambah lebih dari 1.200 Pound sterling atau setara Rp23,8 juta.

Allen sebelumnya diduga tewas pada 2018. Dugaan ini mencuat setelah ia jatuh dari tebing es selama pendakian solo ke puncak Broad Peak Pakistan.

Gunung tersebut memiliki ketinggian 8.047 mdpl, yang merupakan gunung tertinggi ke-12 di dunia. Namun, ranselnya ditemukan oleh seorang juru masak di base camp gunung sebelum sebuah pesawat tak berawak mengidentifikasi keberadaannya dan memandu penyelamat ke lokasi itu.

4 dari 5 halaman

Status Gunung Berapi

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: