Sukses

Tak Hanya Kebakaran, Petugas Damkar Juga Bisa Lepaskan Cincin yang Tersangkut

Petugas Damkar bisa layani sampai dua orang yang ingin melepas cincin dalam sehari.

Liputan6.com, Jakarta - Punya cincin yang melingkar di jari manis, tak selamanya menyenangkan. Salah satunya dirasakan Dahlia, perempuan berusia 36 tahun.

Akibat cincin tersebut susah dikeluarkan dari jarinya, ia terpaksa mendatangi Pemadam Kebakaran (Damkar) Sektor 7, Kramat Jati, Jakarta Timur, 8 Juli 2021. Setibanya di lokasi tujuan, petugas damkar segera melepaskan cincin perak yang melingkar di jari manisnya.

"Saat itu Danrunya (komandan regu) Pak Sularno. Proses pelepasannyaa berlangsung dari pukul 13.00--13.05 WIB," jelas Kepala SubComment Damkar Sektor 7 Kramat Jati, Jakarta Timur, saat dihubungi Liputan6.com, Minggu, 11 Juli 2021.

Caranya, kata Maulidin, cincin yang tersendat di jari manis dilepas dengan menggunakan gerinda listrik. "Alat itu ditempelkan ke cincinnya. Agar tidak panas karena percikan api, tangan orang itu diberi air," jelas dia.

Menurut Maulidin, peristiwa pelepasan cincin dari jari seseorang bukan kali pertama dilakukan pihak Damkar Sektor 7 Kramat Jati. Ia menyebut sudah banyak orang yang meminta bantuan melepas cincin di tempatnya.

"Umumnya datang dari kawasan Jakarta Timur. Ada juga yang datang dari Bekasi," ujar Maulidin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Hanya Kebakaran

Maulidin mengungkapkan petugas damkar, buka semata-mata menanggulangi masalah kebakaran. Ada banyak hal yang bisa dibantu, termasuk melepas cincin.

"Ini yang jarang orang ketahui, tugas damkar itu bukan hanya masalah kebakaran, tapi juga penyelamatan. Ya, penyelamatan apa saja," kata Maulidin.

Ia menyebutkan, selain masalah kebakaran, Damkar juga membantu pengusiran sarang tawon, ular, satwa liar, cincin. Khusus untuk pelepasan cincin, kata Maulidin, kadang bisa sehari dua kali.

 

3 dari 4 halaman

Kasus Lain Pelepasan Cincin

Merujuk akun Instagram Damkarsektor7kramatjati, sebelum Dahlia, juga ada seorang lelaki yang juga melakukan pelepasan cincin. Pria berusia 21 tahun itu berasal dari Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Peristiwa tersebut terjadi pada 13 Juni 2021. Ia melepaskan cincin dari jari telunjuknya. "Jadi, pelepasan cincin itu bisa di mana aja, selama ada pos pemadam kebakaran," tegas dia.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.