Sukses

6 Destinasi Wisata di Malang Raya yang Tutup Selama PPKM Darurat

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah memutuskan untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat pada 3 Juli hingga 20 Juli 2021 di Jawa dan Bali. Pembatasan juga diberlakukan di Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang.

Berbagai destinasi wisata pun ditutup untuk mendukung kebijakan PPKM Darurat tersebut. Dari berbagai tempat wisata, berikut enam destinasi wisata di Malang Raya yang ditutup sementara saat PPKM Darurat, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jatim Park Group

Jatim Park Group yang menaungi berbagai tempat wisata di Malang Raya tutup sementara. Kebijakan ini diberlakukan di tempat wisatanya di Malang Raya, meliputi Jawa Timur Park 1; 2; dan 3, BNS (Batu Night Spectacular), Eco Green Park, Museum Angkut, Museum Tubuh, dan Predator Fun Park.

Hal itu disampaikan lewat Instagram resmi mereka pada 3 Juli 2021. Berbagai akun media sosial masing-masing tempat wisata juga mengunggah kabar yang serupa.

"Berdasarkan SK Presiden, dengan adanya PPKM Darurat Jatim Park Group tutup mulai 3 - 20 Juli 2021. Untuk update info terbaru, silahkan mengunjungi media sosial kami @jawatimurpark," demikian bunyi keterangan unggahan mereka.

2. Batu Flower Garden

Gabungan wisata alam dan wisata foto ada di Batu Flower Garden. Destinasi  wisata ini menawarkan berbagai spot foto menarik. Salah satunya ada wahana hammock yang disusun bertingkat, cocok untuk foto bersama keluarga dan sahabat. Selain itu, banyak bunga-bunga indah yang tumbuh di sana, membuat foto semakin Instagramable.  

Saat ini, destinasi wisata tersebut tutup sementara karena PPKM Darurat. Kabar ini diumumkan melalui akun Instagram resmi pada 3 Juli 2021. "Selama PPKM DARURAT JAWA - BALI Batu Flower Garden tutup sementara dari tanggal 3 - 20 Juli 2021," bunyi keterangan unggahan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

3. Cafe Sawah Pujon Kidul

Di Cafe Sawah Pujon Kidul, pengunjung dapat berwisata alam sambil berkuliner. Anda dapat menyantap makanan dari kafe sambil menikmati pemandangan hamparan sawah yang menenangkan ditambah udara segar.

Di tempat ini juga disedikan berbagai spot foto yang menarik. Namun, Cafe Sawah Pujon Kidul tutup sementara selama PPKM Darurat.

"PENGUMUMAN UNTUK TANGGAL 03 - 20 JULI CAFE SAWAH TUTUP SELAMA PPKM," tulis mereka dalam unggahan di akun Instagram pada 2 Juli 2021.

4. Coban Rondo

Coban Rondo adalah salah satu destinasi alam populer di Malang Raya. Air terjunnya yang indah sangat diminati para wisatawan. Selain itu, ada pula beberapa wahana lainnya seperti outbond, flying fox, arena labirin, dan area perkemahan. Pada 3 Juli 2021, melalui unggahan Instagram akun mereka mengumumkan tutup sementara.

"Karena adanya peraturan Pemerintah PPKM Jawa - Bali sementara Wisata Coban Rondo mulai tanggal 3-20 Juli Tutup," tulis mereka.

3 dari 4 halaman

5. Gunung Bromo

Gunung Bromo termasuk destinasi paling terkenal di Malang Raya. Menyaksikan matahari terbit, jadi kegiatan paling diburu oleh wisatawan di Bromo. Lewat unggahan di Instagram pada 3 Juli 2021, mereka mengumumkan tutup sementara.

"Sejak tanggal 3 – 20 Juli 2021 seluruh kawasan wisata di TNBTS ditutup sementara sesuai dengan kebijakan yang telah diambil oleh Presiden Joko Widodo, yang menetapkan PPKM Darurat di Jawa-Bali dengan target penurunan kasus Covid-19," bunyi keterangan unggahannya.

6. Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah salah satu gunung yang jadi favorit para pendaki. Salah satu lokasi yang populer adalah Danau Ranu Kumbolo yang pernah dijadikan lokasi syuting film 5cm. Pada 3 Juli 2021, melalui Instagram mereka juga mengumumkan pendakiannya tutup sementara.

"Sejak tanggal 3--20 Juli 2021 seluruh kawasan wisata di TNBTS ditutup sementara sesuai dengan kebijakan yang telah diambil oleh Presiden Joko Widodo, yang menetapkan PPKM Darurat di Jawa-Bali dengan target penurunan kasus Covid-19," kata pengelola. (Jihan Karina Lasena)

4 dari 4 halaman

4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan