Sukses

Efek BTS Meal, ARMY Indonesia Serahkan Donasi untuk 35 Ribu Driver Gojek

Liputan6.com, Jakarta - Perilisan menu kombo kolaborasi McDonald's X BTS, BTS Meal, pada 9 Juni 2021 telah mendapat antusias luar biasa. Tidak hanya dari ARMY Indonesia, sebutan penggemar BTS di dalam negeri, namun juga publik secara luas.

Berdasarkan aturan pembatasan, mengingat pandemi masih berlangsung, pelanggan hanya bisa memesan menu terbatas itu melalui layanan online, termasuk lewat GoFood. Alhasil, di hari tersebut, antrean mitra driver terlihat mengular di banyak gerai rantai makanan cepat saji itu.

Salah satu driver Gojek, Agus Saiful, mengatakan bahwa saat itu ia harus mengantre kurang lebih selama dua jam untuk mendapatkan BTS Meal pesanan pelanggannya. Bahkan, Januar Ibrahim, mitra driver lain, menyebut waktu antrenya mencapai 3,5 jam.

"Hype-nya luar biasa saat itu, jadi pas ngantre, walau panas, seru aja. Dapat dukungan juga dari pelanggan," katanya dalam jumpa pers virtual, Kamis (24/6/2021). Berkaca pada fenomena itu, ARMY Indonesia bermaksud memberi apresiasi para driver Gojek.

Itu dilakukan dengan menggalang dana melalui laman kitabisa.com. Perwakilan BTS ARMY Indonesia, Adzhani Adhari, mengatakan, awalnya mereka menargetkan donasi senilai Rp10 juta. Tapi, dalam waktu 24 jam sudah berhasil mengumpulkan Rp85 juta.

"Sampai akhir donasi (13 Juni 2021), sudah terkumpul Rp262 juta," ucapnya. BTS ARMY Festa, Vionica Alesandra, menyambung bahwa mereka tidak menyangka inisiasi tersebut akan disambut sangat hangat.

"Enggak cuma ARMY Indonesia, pihak lain juga berpartisipasi. Banyak sekali orang di luar sana yang ternyata mau mengapresiasi mitra driver Gojek," ucapnya.

2 dari 5 halaman

Penyerahan Donasi

ARMY Indonesia kemudian menyerahkan donasi total Rp159.737.847 pada driver Gojek secara simbolis, Kamis (24/6/2021). Head of Indonesia Regions Gojek, Gede Manggala, mengatakan, pihaknya sangat mangapresiasi inisiasi komunitas penggemar grup nomine Grammy Awards tersebut.

Soal penyaluran donasi, Gede menjelaskan bahwa pihaknya akan memeriksa secara sistem untuk tahu siapa saja mitra driver yang menerima pesanan BTS Meal. "Semua sudah tercatat secara sistem," ucapnya.

Donasi ini akan diberikan pada kurang lebih 35 ribu driver. Hani menyambung bahwa tip apresiasi tersebut akan disalurkan secara bertahap pada semua driver yang merupakan "pahlawan bagi ARMY Indonesia untuk mendapatkan BTS Meal."

3 dari 5 halaman

Tidak Hanya Salurkan Donasi

Selain menggalang dana sebagai bentuk apresiasi, Vio mengatakan bahwa ARMY Indonesia juga menjalankan berbagai program untuk mengucapkan terima kasih pada driver ojek online. Bentuknya termasuk paket makanan dan sembako.

"Kami juga sudah memberikan layanan tes antigen gratis bagi driver ojek online," ucapnya. Lebih lanjut Hani mengatakan, berbagai program terkait inisiasi ini nantinya akan diperbaharui di laman kitabisa.com pihaknya.

"Yang pasti tidak mudah mendapatkan BTS Meal, luar biasa banget. Semoga semuanya sehat, tetap jaga kesehatan. Sukses terus, semangat, kalian luar biasa," tuturnya, menambahkan ucapan terima kasih untuk ARMY Indonesia dan berbagai pihak yang sudah mau berdonasi.

4 dari 5 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: