Sukses

Taman Nasional Gunung Rinjani dan Alas Purwo Tutup Sementara, Kapan Buka Kembali?

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah taman nasional mengumumkan tutup sementara. Dua taman nasional yang mengumumkan tutup adalah Taman Nasional Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat dan Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur.

"Seluruh destinasi wisata alam Taman Nasional Gunung Rinjani di wilayah Kabupaten Lombok Timur TUTUP selama empat hari terhitung tanggal 20 s.d. 23 Mei 2021," seperti tertulis dalam surat Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani yang diunggah Selasa, 18 Mei 2021.

Dalam surat bernomor PG.03/T.39/TU/KSA/5/2021 disebutkan bahwa penutupan tersebut menindaklanjuti Surat Bupati Lombok Timur perihal penutupan destinasi wisata di Kabupaten Lombok Timur tahun 2021. Selain itu, Surat Bupati Lombok Utara perihal Pembatasan Kegiatan Wisata di objek wisata dalam masa pandemi Covid-19, Kodim 1620 Lombok Tengah, dan Kepala Kepolisian Resor Lombok Tengah.

Unggahan tersebut membuat beberapa orang mempertanyakan tentang tiket yang sudah dipesan. "gimana dengan tiket yang sudah diboking," tanya warganet.

Kekecewaan juga disampaikan warganet lain yang sudah dua kali pesan tiket pesawat yang harganya meningkat untuk ke Gunung Rinjani. Ia kembali dikejutkan dengan penutupan pendakian Rinjani pada 20--24 Mei 2021. "YaAllah siaol bgt. 2 tahun gagal rinjani," keluhnya.

 

2 dari 4 halaman

Alas Purwo

Penutupan lebih dulu juga dilakukan Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur. Pengumuman tersebut disampaikan lewat akun Instagramnya.

"PENGUMUMAN !! PENUTUPAN SEMENTARA TN ALAS PURWOTANGGAL 17-19 MEI 2021," tulis akun tersebut.

Penutupan tersebut dilakukan untuk pembersihan kawasan dan pemulihan ekosistem. "Kawasan yang ditutup wilayah SPTN I Tegaldlimo (Pintu masuk utama Rowobendo) Kawasan yang ditutup termasuk: Rowobendo, Sadengan, Triangulasi, Pancu, Plengkung, Ngagelan, Bedul," tulisnya.

3 dari 4 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: