Sukses

Heboh Pisang Jawa Biru, Fakta atau Hoaks?

Tidak seperti pisang kebanyakan, baru-baru ini beredar foto pisang biru bernama Blue Java Banana atau Pisang Jawa Biru.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa tidak tahu pisang? Buah dengan segudang manfaat itu telah begitu akrab dengan kebiasaan makan di berbagai negara di dunia. Tapi, bagaimana jadinya bila pisang tidak selalu berwarna kuning?

Ya, melalui unggahan di media sosial, baru-baru ini, kemunculan Blue Java Banana alias Pisang Jawa Biru membuat heboh. Sesuai namanya, pisang itu tidak berwarna kuning, melainkan biru.

Potret yang kemudian beredar luas ini lantas menimbulkan pertanyaan, apakah penampakannya fakta atau hoaks? Kabar baiknya, ternyata memang ada jenis pisang berwarna biru.

Melansir laman Says, Minggu, 25 April 2021, sebelum matang, kulit Pisang Jawa Biru berwarna biru keperakan atau biru kehijauan yang tidak biasa karena lapisan lilin alaminya. Namun, semburat biru ini memudar perlahan saat matang, dan jadi kuning pucat.

Sementara, dagingnya berubah warna jadi putih krem. Lebih lanjut dijelaskan bahwa Pisang Jawa Biru adalah hibrida langka dari Musa acuminata dan Musa balbisiana, yang diketahui dapat bertahan hidup di iklim dingin hingga minus 7 derajat celcius.

Jenis pisang ini terutama dibudidayakan di Hawaii, beberapa bagian Asia Tenggara, dan Amerika Tengah sejak tahun 1920-an. Spesies pisang ini menggunakan nama Hawaiian banana di Fiji, Krie di Filipina, dan Cenizo di beberapa bagian Amerika Tengah.

Fakta menarik selanjutnya, menurut laporan Huffpost, rasa pisang ini mirip dengan es krim vanila. Pisang Jawa Biru dijelaskan memiliki senyawa alami pada dagingnya yang lembut, dan itu memberi sedikit rasa vanila. Maka itu, mereka disebut "pisang es krim" di Hawaii, dan merupakan salah satu varietas pisang terlezat di dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisinya

Kendati demikian, tidak semua orang setuju bahwa Pisang Jawa Biru bercita rasanya seperti es krim vanila. Di salah satu video ulasan di YouTube, si pemilik kanal menyebut "internet terlalu membesar-besarkan klaim tentang buah biru yang tidak biasa ini."

Ia mengatakan bahwa rasa spesies pisang itu tidak berbeda jauh dari pisang pada umumnya. Terlepas dari perdebatan rasanya, India Express mencatat, pisang ini, seperti varietas lain, juga kaya serat, mangan, vitamin C, dan B6.

Selain itu, mereka juga mengandung sejumlah zat besi, fosfor, tiamin, dan selenium. Ini pun bukan kali pertama Pisang Jawa Biru muncul sebagai topik hangat perbincangan publik. Pada 2019, penampakannya sudah lebih dulu menghebohkan penghuni jagat maya.

3 dari 3 halaman

Infografis Tampilan Kekinian Camilan Tradisional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.