Sukses

3 Ide Maksimalkan Fungsi Ruang Terbatas tapi Tetap Estetis, dari Teras sampai Kamar Kos

Punya ruang terbatas bisa mengundang masalah bila tak bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan warga akan lahan makin tinggi. Di sisi lain, harganya melambung tinggi. Sebagai jalan tengah, konsumen properti pun berburu rumah-rumah berukuran luas terbatas.

Situasi itu mendatangkan masalah baru, yakni bagaimana menyiasati keterbatasan luas ruangan tetapi semua fungsi yang diperlukan terakomodasi. Untuk itu, IKEA berbagi inspirasi melalui room set yang dihadirkan di toko terbarunya di Kota Baru Parahyangan.

Communication & Interior Design Manager IKEA Kota Baru Parahyangan, Denis Nugraha, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis, 15 April 2021, menerangkan penataan ruang itu menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Bandung. Apa saja insipirasi penataan yang ditawarkan? Simak penjelasan berikut ini, ya.

1. Penataan Ruang Terbuka

Warga Bandung memiliki kebiasaan menghabiskan waktu luangnya dengan berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk sekadar menikmati kopi, teh dan camilan. Namun, luas ruang tamu yang tersedia  terbatas bisa menimbulkan problem.

Udara dingin kota Bandung mendukung untuk menggunakan ruang terbuka yang terpisah dari ruang tamu sebagai tempat berkumpul tanpa mengganggu anggota keluarga lainnya. Teras misalnya.

Anda bisa meletakkan kursi dan bangku taman bermaterial kayu di sana. Tambahkan pula tanaman hias favorit dan pot-pot unik untuk memperindah teras. Cara ini juga bisa diterapkan di rumah mungil di kota lain.

 

2. Konsep Open Space di Ruang Keluarga

Berdasarkan hasil riset IKEA, ternyata banyak warga Bandung tinggal bersama keluarga besar yang multigenerasi. Keadaan ini menyebabkan warga harus memiliki dekorasi dan perabot rumah multifungsi yang dapat memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga.

Anda bisa menyiasatinya dengan membuat open space pada ruang keluarga. Pilih desain yang modern dengan tampilan clean dan minimalis agar memberikan ilusi ruangan tanpa luas. Tempatkan pula perabot yang bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan. Dengan konsep tanpa sekat antara ruang keluarga dan ruangan lain, ruangan terbatas bisa disiasati.

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Solusi Penghuni Kos

Masalah keterbatasan ruang juga kerap menimpa anak-anak kos atau yang menempati apartemen. Untuk masalah ini, lagi-lagi Anda disarankan memilih perabot yang multiguna tetapi ukurannya tidak terlalu besar.

Salah satu yang jadi andalan adalah sofa bed. Saat siang hari, sofa bisa dilipat untuk dijadikan sofa sebagai tempat duduk mengerjakan berbagai tugas. Sementara pada malam hari, sofa bisa dijadikan tempat tidur. Tambahkan meja lipat untuk menghemat tempat sekaligus jadi alas laptop, atu pakai bantal laptop yang bisa dipangku. Tapi, lebih baik lagi memiliki meja yang ergonomis agar tak membuat punggung cedera. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 3 halaman

6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.